Viral Ustadzah Metro TV Nulis Ayat Al-Quran Kacau Balau dan Banyak yang Salah

Discussion in 'Education' started by bakoel, Dec 5, 2017.

  1. bakoel

    bakoel Member

    Joined:
    Oct 29, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Assalamualaikum sahabat bersosial
    Saya mau berbagi tentang ustadzah yang lagi ramai diperbincangkan netizen nih. Program Syiar Kemuliaan yang diasuh Ustadzah Nani Handayani di Metro TV.
    Tulisan arabnya kacau dan banyak yang salah. Apalagi ini yang ditulis adalah Al-Quran. Kitab suci umat islam. Apa bukan begini ini yang dinamakan menistakan Al-Quran ya? Astaghfirulloh

    Tulisan di layar seharusnya tertulis
    ان الصلاة تنهى عن الفحشاء والمنكر

    Bukan
    ان الصلة تنح عن الفحش والمنكر

    الصلاة Artinya doa, atau gerakan tertentu yang diawali takbir dan diakhiri salam. Yaitu praktek solat yang kita kenal.
    Sedangkan الصلة artinya relasi. Ini sangat fatal. Bagi mereka yang faham bahasa Arab tidak ada toleransi untuk kesalahan semacam ini.
    Apalagi posisinya sebagai dai, penceramah memahamkan agama ini kepada jutaan pemirsa TV, yang mayoritas juga sama-sama tidak paham. Ini konyol.

    Saya tidak bisa membayangkan orang yang tidak faham bahasa Arab, awam sekali koar-koar di televisi.
    Mungkin benar, semakin tidak tahu semakin berani karena tidak tahu ada kompleksitas dan hierarki keilmuan dalam Islam.
    Dan semakin paham semakin, semakin alim, makin mawas diri karena sadar apa yang diketahuinya sangat terbatas dan selalu ada orang yang lebih mumpuni darinya.
    Saya makin yakin apa yang dikatakan Habib Ismail Fajrie Alatas beberapa tahun silam, beliau mengutip Prof Naquib Alatas, kurang lebih "sekarang bukan zamannya tawadhu. Kalian tidak mau bicara karena alasan tawadhu, maka orang-orang bodoh yang akan maju".

    Ini bisa jadi pelajaran buat kita bahwa untuk belajar agama memang harus dari ulama yang kredibilitas dan dan sanad keilmuannya sudah diakui. Bukan dari ustadz-ustadzah instan di televisi.

    Bukan bermaksud menggurui. Cuma untuk bahan instropeksi dan mawas diri kita semua aja.

    Wassalam
     

    Attached Files:

    edi sugianto likes this.
  2. edi sugianto

    edi sugianto Member

    Joined:
    Aug 18, 2016
    Messages:
    49
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Makasih udah mengingatkan saya dan semuanya semoga kita bisa bijak menyikapi itu
     
    Nabila likes this.
  3. bakoel

    bakoel Member

    Joined:
    Oct 29, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Sama-sama, Mas. Semoga bermanfaat
     
  4. dewisaridah

    dewisaridah New Member

    Joined:
    Dec 4, 2017
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  5. bakoel

    bakoel Member

    Joined:
    Oct 29, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Panggil Bu Susi dulu kalau mau nenggelamkan, Mbak :D
     
  6. Voiture kun

    Voiture kun Member

    Joined:
    Wednesday
    Messages:
    39
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    saya juga yang pernah belajar nahwu sorof melihat tulisan itu jadi risih, ya Alloh kok bisa bisanya menulis di depan public kayak gitu,,, dan saya mendapatkan pencerahan baru yaitu
    Habib Ismail Fajrie Alatas beberapa tahun silam, beliau mengutip Prof Naquib Alatas, kurang lebih "sekarang bukan zamannya tawadhu. Kalian tidak mau bicara karena alasan tawadhu, maka orang-orang bodoh yang akan maju".
     
    edi sugianto and Nabila like this.
  7. bakoel

    bakoel Member

    Joined:
    Oct 29, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    iya, mas. Bikin risih emang. Tulisannya lebih bagus tulisan keponakan saya yang masih SD. Mbok sadar diri kalau memang belum mumpuni. Makin mewabah ustadz-ustadzah instan gini ini.

    Lebih aman emang mending ngaji dan mondok dulu di pesantren yang jelas kredibiltas dan sanad keilmuan kyainya. Lha ini kita nggak tau mondoknya di mana, gurunya siapa, tiba-tiba aja ceramah.

    Semoga bisa jadi bahan instropeksi dan mawas diri kita bersama. Semoga bermanfaat
     
  8. Sugeng Ginanjar

    Sugeng Ginanjar Member

    Joined:
    Nov 18, 2016
    Messages:
    118
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
  9. bakoel

    bakoel Member

    Joined:
    Oct 29, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    iya betul, Mas. Terima kasih sarannya
     
  10. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,331
    Likes Received:
    143
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    KPI mana KPI? Atau pihak TV nya yg mo cari sensasi? Siapa produsernya? Ada agenda terselubungkah?
     
  11. bakoel

    bakoel Member

    Joined:
    Oct 29, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    undang sini gan biar rame. Hehehe
     
    edi sugianto likes this.
  12. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Active Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    445
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    dia juga manusia biasa .,. byak salah nya.,., jangan kita sudutkan.,., mari kita ingatkan
     
    edi sugianto likes this.
  13. bakoel

    bakoel Member

    Joined:
    Oct 29, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    iya, Mas. Terima kasih banyak atas sarannya
     
Loading...

Share This Page