Wah! Ada Kota Rahasia Terkubur di Bawah Es Greenland

Discussion in 'General Discussion' started by alimanaku2, Sep 28, 2016.

  1. alimanaku2

    alimanaku2 New Member

    Joined:
    Sep 21, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Siapa sangka, di bawah es tebal di daratan Greendland ternyata pernah ada kota rahasia yang tersembunyi sejak tahun 1959. Lho, kok tahu?

    Ya, baru-baru ini terungkap bahwa di tahun itu, sejumlah insinyur militer AS memulai konstruksi projek futuristis di sebelah barat laut Greenland, yang sempat diangkat dalam film mata-mata perang Dingin.

    Di situ, tim insinyur dikatakan telah membuat jaringan terowongan rahasia di bawah salju, meliputi berbagai fasilitas penelitian juga rumah sakit, bioskop, dan gereja. Semuanya ditenagai oleh reaktor nuklir kecil portabel.

    Sekarang, bekas pangkalan yang tertutup salju itu, berjuluk "kota bawah es", bisa-bisa menjadi polutan untuk lingkungan sekitarnya, seiring es tebal itu mencair karena perubahan iklim, papar studi terbaru.

    Penemuan ini pun menimbulkan pertanyaan sulit: siapa yang bertanggung jawab untuk "bersih-bersih?"

    Sebab, polutan yang tertinggal itu mencakup PCB beracun, yang digunakan dalam bahan bangunan, tangki limbah mentah, dan tingkat rendah pendingin radioaktif yang pernah digunakan dalam reaktor nuklir di sana.

    Studi yang dipimpin Profesor Colgan, yang dirilis di Jurnal Geophysical Research Letters bulan agustus lalu, menyebutkan temperatur yang makin tinggi akan menghasilkan limbah beracun dari pangkalan ke alam lepas.

    "Baik Amerika Serikat maupun Denmark telah melakukan sesuatu yang salah, tetapi dunia kini telah berubah," kata Cogland.

    "Kita semua harus bergegas. Pada 2090, volume es yang mencair mungkin tidak lagi diimbangi hujan salju, yang artinya bahan kimia beracun itu berpotensi bocor ke lingkungan," ucapnya dalam laporan studi, yang dikutip dari Mail Online, Selasa (27/9).

    Simak foto-fotonya di sini
     
  2. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    426
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
  3. danielnagata

    danielnagata New Member

    Joined:
    Aug 18, 2016
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
Loading...

Share This Page