[Wajib Tahu] Cara Mudah Mendapatkan Backlink Berkualitas

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by mugianto, Mar 15, 2016.

?

Bermanfaat Kah Artikel Ini?

  1. Bermanfaat

    3 vote(s)
    75.0%
  2. Tidak Bermanfaat

    1 vote(s)
    25.0%
Multiple votes are allowed.
  1. mugianto

    mugianto Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    418
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    [​IMG]
    Howdy 'Sohib-M' semoga dalam keadaan baik-baik semuanya.

    Sengaja saya menuliskan artikel ini terlebih dahulu, karena dari pantauan Google Analytic Blog yang saya punya, rata-rata pengunjung Blog ini sangat tertarik dalam sesuatu yang berbau Backlink ^_^, jadi untuk memanjakan pengunjung setia Blog ini saya akan menuliskan beberapa cara mudah mendapatkan Backlink yang berkualitas tinggi yang Blogger wajib tahu.

    Saya harap 'Sohib-M' sudah sedikit mengerti apa itu Backlink dan kegunaannya, jika belum mengerti sama sekali, wajib tahu dan baca artikel yang satu ini (Ada sedikit penjelasannya di situ)

    Karena sudah tahu bahwa Backlink sangat baik sekali untuk Pondasi dan memperkuat SEO pada Blog/Website kalian sehingga akan membuat Blog kita lebih cepat tampil di mesin pencarian, pasti kalian ingin tahu kan cara mudah seperti apa untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi?

    Eit tunggu dulu, kalian wajib tahu dulu bahwa Backlink tidak serta bagus untuk Blog kita, loh kok?

    Kebanyakan Blogger menganggap bahwa 'banyak backlink banyak rezeky' (kek pepatah mana ya?) tanpa memikirkan satu hal penting di dalamnya, apa itu yang penting?


    Kualitas dan ke-Naturalan Backlink tersebut !!!

    Sebenarnya prinsip banyak Backlink banyak rezeky seperti yang di atas ada benarnya, jika memang Backlink tersebut punya kualitas yang baik di mata mesin pencarian. Pada masanya, Backlink yang dihasilkan dari spambahkan masih bisa diterima oleh mesin pencarian.


    Namun tidak untuk masa sekarang, karena perkembangan zaman, otomatis mesin-mesin pencarian seperti Google, Bing, dll ikut juga berkembang. Dan alhasil, backlink-backlink yang berkualitas rendah kini disisihkan dalam kamus mesin pencarian, memangnya mau Blog/Website kalian gak tampil di Google?


    Apa saja sih yang membuat backlink tidak berkualitas tinggi?

    Backlink yang dihasilkan dengan cara yang tidak dianjurkan para Pakar SEO yang sangat tidak baik untuk mesin pencarian, atau bisa kita menyebutnya teknik Black Hat. Jika ingin mendalami tentang tekhink Black Hat, kalian bisa melakukan search di mbah Google.


    Apa dampak dari Backlink yang berkualitas tidak tinggi?

    Masa gak tau? Ya sudah pasti adalah trafik pengunjung Blog kita yang akan mengalami penurunan yang sangat drastis, karena apa? Ya karena mesin pencarian Google sudah enggan memasukan Blog kita ke dalam hasil pencarian mereka karena Backlink yang buruk, kaya ini nih Y_Y.

    [​IMG]
    Tolong jgn dihina ya itu trafik blog saya Y_Y​

    Lalu apa saja teknik Black Hati yang wajib kita hindari?

    Berikut beberapa teknik mendapatkan Backlink yang wajib kita hindari:

    • Spam Komentar dengan menyisipkan anchor link halaman Blog/Website.
    • Spam di forum (saya pernah melakukan ini hikz, hasilnya sangat buruk).
    • Melakukan submit directori ke sebuah artikel press release.
    • Melakukan teknik 301 redirect.
    • Private Blog Network.
    • Membuat link dengan web 2.0 dengan sedikit konten.
    • Membeli jasa penanaman backlink.

    Masih banyak sebenarnya teknik-teknik Black Hat yang wajib kita hindari wahai para Blogger, namun list yang ada di atas adalah teknik yang sering digunakan hingga saat ini.


    Lalu apa saja yang membuat Backlink berkualitas tinggi?

    Ya tentu saja kebalikan dari yang di atas, menerapkan teknik yang sangat dianjurkan pakar SEO dan baik untuk mesin pencarian, atau bisa kita bilang teknik ini adalah teknik White Hat. Lakukan pencarian di mesin pencarian jika ingin kenal lebih dekat dengan teknik White Hat.


    Teknik ini memang tidak mudah ya 'Sohib-M' tapi punya dampak besar jika kita berhasil mendapatkan Backlink berkualitas tinggi. Misalkan saya punya 1 Buah backlink berkualitas tinggi, sedangkan kalian punya 10 Backlink berkualitas rendah. Yang dipilih Google sudah pasti punya saya untuk ditampilkan, jadi pilih mana?.


    Apa manfaat Blog mendapatkan Backlink berkualitas tinggi?

    Wah masa masih nanya, ya tentu saja kita akan jadi anak emas pada mesin pencarian seperti Google, ada kemungkinan bahwa halaman artikel ataupun Blog kita akan muncul di mesin pencarian mereka, otomatis trafik pengunjung Blog kita tambah besar dong, kaya ini nih:

    [​IMG]
    Keywordnya Kebanyakan ya​

    Kalau masih tidak percaya coba dengan kata kunci '5 situs luar', tapi buat apa coba nyari situs luar tanpa tujuan ^_^.

    Teknik White Hat apa saja yang wajib kita lakukan untuk mendapatkan Backlink berkualitas tinggi?

    Berikut adalah teknik White Hat yang bisa kita gunakan untuk medapatkan Backlink berkualitas tinggi.

    • Mencontoh dari para Blog yang berkualitas baik dengan menggunakan bantuan Tools.
    • Memanfaatkan sosial media sebaik-baiknya untuk menanam Backlink.
    • Mencari Backlink dari forum-forum yang punya nama baik, tanpa melakukan Spam link.
    • Backlink Broken Link dari Blog/Website tetangga yang sama niche/temanya.
    • Mencari Backlink dari Guest Blogging.
    • Pancing pengunjung Blog untuk melakukan sharing ke media sosial mereka.
    • Ngemis Backlink ^_^.
    • Cari Backlink dari website directory yang punya kualitas tinggi.
    • Komentar di blog berkualitas baik dengan menggunakan OpenID ataupun ID/Url.
    • Dan masih banyak yang lainnya.
    Nah kembali ke topik, apa saja cara mudah mendapatkan backlink berkualitas?

    Berikut adalah beberapa diantaranya:


    1. Berkomentar di website kepunyaan pemerintah yang menyediakan penanaman url link pada id komentar.

    Yang berkualitas baik yang kaya bagaimana? Kita langsung saja praktekan ya 'Sohib-M'.

    Kita lakukan pencarian (Search) menggunakan mbah Google, namun kita tentukan terlebih dahulu domain yang berkualitas baiknya, seperti kepunyaan pemerintah, baik itu luar negeri seperti Gov. Edu. Maupun kepunyaan dalam negeri yaitu Go.id ataupun Ac.id.

    Yuk kita cari yang dari dalam negeri saja yuk berarti Ac.id, saya akan memasukan kata kunci 'site:ac.id inurl:keyword"masukkan 6 kode diatas"' ganti tulisan merah dengan keyword sesuai niche/tema Blog kalian biar terarah, hilangkan tanda kutip, dalam hal ini keyword 'blogger' yang saya pilih jadi masukan seperti ini:

    [​IMG]

    Yang bertanda merah adalah patokan bagi saya untuk menilai Blog tersebut sudah mempunyai kualitas bagus, index Google yang lumayan (inet ku bermasalah), index Bing lumayan, rank Alexa pun lumayan. Dalam hal ini saya menggunakan extention Seo Quake, untuk melihat seperti gambar atas.

    Kita coba klik yang berada diurutan pertama, baca artikelnya dengan seksama jangan diskip-skip ya 'Sohib-M' supaya kita bisa berkomentar berdasarkan isi artikel tersebut. Lalu beri komentar di kolom komentar, isi website dengan url yang ingin kita tanamkan Backlink, seperti ini:

    [​IMG]

    Pada tanda panah warna merah di atas, saya anjurkan untuk mengisinya sebaik-baik mungkin, karena keputusan untuk dapat komentar beserta id yang berisi url Blog kita akan muncul ada di tangan sang admin, jadi sebaik mungkin lakukan komentar sesuai dengan artikel yang di tulis, dan lakukan sedikit pujuan atas tulisannya tersebut.

    Cara di atas biasanya memunculkan hasil pencarian yang tidak terlalu banyak, nah untuk mendapatkan hasil pencarian yang lumayan banyak, hapus saja keywordnya, nanti kata kunci yang akan kita masukan akan seperti ini 'site:ac.id masukkan 6 kode diatas'.

    Lalu lakukan langkah-langkah seperti di atas, dan berharap bahwa tiap-tiap komentar yang kita berikan ke website-website tersebut akan mendapat persetujuan dari sang admin, dan alhasil kita akan mendapatkan Backlink yang sangat berkualitas dari mereka.

    2. Berkomentar di Blog berkualitas baik yang menyediakan url link pada id komentar.

    Langsung saja prakteknya, buka Google lalu cari kata kunci yang sesuai dengan tema yang kalian mau, dalam kasus ini saya menggunakan kata kunci 'Cara mendapatkan Backlink' lalu cari di antara Blog/Website hasil pencarian tersebut yang menyediakan url link pada Id komentator.

    Dalam hasil pencarian saya mendapatkan yang kita tuju di Blog kepunyaan Master Indonesia Bang Max yaitu www[dot]maxmanroe[dot]com, baca artikelnya yang pastinya sangat bermanfaat buat kita para Blogger baru (pemula).

    Setelah selesai baca artikelnya kita akan komentari artikel tersebut, sesuai dengan apa yang ingin kita utarakan, atau lebih baik lagi apa yang ingin kita tanyakan kepada empunya artikel tersebut, dan jangan lupa menanamkan url link ke dalam ID komentarnya ya sob.

    3. Membuat postingan di forum-forum yang sudah mempunyai nama besar.

    Forum-forum apa saja sih yang di maksud, berikut adalah beberapa diantara forum-forum tersebut.
    • Bersosial com.
    • Forum Kompas.
    • Forum Detik.
    • Kaskus
    • Dan masih banyak yang lainnya.
    Tapi perlu diingat, membuat postingan di forum-forum tersebut juga ada tata kramanya ya 'Sohib-M' jangan sampai kita melakukan Spam hanya untuk sesuap Backlink dari mereka, hal itu akan berdampak sangat buruk dengan Blog kita, maupun kepercayaan di mata publik tentang Blog kita nantinya.

    Saya rasa ketiga cara mudah di atas sudah bisa mewakili apa yang menjadi materi dari artikel yang saya buat kali ini. Namun ada satu cara lagi untuk mendapatkan backlink yang berkualitas sangat tinggi yaitu domain Gov maupun ID, untuk kita bisa usahakan bisa kita dapatkan Backlinknya.

    Berikut cara yang saya gunakan untuk mencari Backlink dari kedua domain, yang dikabarkan menjadi backlink paling bagus untuk Blog/Website saat itu, ini caranya: Klik Disini.

    Semoga 'Sohib-M' dapat sedikit terbantu dengan terbuatnya artikel ini. Isi dari artikel ini dapat dipertanggung jawabkan menurut tanggal artikel ini diciptakan, jika ada perubahan dan kendala dalam mempraktekannya saya mohon maaf sebesar-besarnya.

    Kurang lebihnya kualitas artikel [Wajib Tahu] Cara Mudah Mendapatkan Backlink Berkualitas yang saya buat ini, saya harap 'Sohib-M' mau memakluminya. Tolong bantu saya, untuk share artikel ini jika bermanfaat, serta bantu like,share dan subscribe social media yang saya punya.

    Hal tersebut dapat mendongkrak semangat saya untuk terus membuat kelanjutan apa yang tengah saya bahas ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Salam
    Mugianto
     
    Last edited by a moderator: Mar 15, 2016
    lasealwin and arief munandar like this.
  2. Si Raja

    Si Raja Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    mantap Artikelnya..!!
    nambah ilmu Raja..
     
  3. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    602
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
  4. mugianto

    mugianto Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    418
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Sama2 baginda Raja hehehe ;)
     
  5. mugianto

    mugianto Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    418
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Ndak perlu Gan, nunggu aja dan berdoa, masalah index biarkan Google search console yang bekerja
     
  6. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    602
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
  7. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,925
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
  8. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    602
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
  9. Malik Abimanyu

    Malik Abimanyu Member

    Joined:
    Jun 23, 2014
    Messages:
    279
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
  10. asli3rut

    asli3rut Member

    Joined:
    Sep 6, 2014
    Messages:
    642
    Likes Received:
    44
    Trophy Points:
    28
    Apa yang disesalkan @KangAndre saya setuju.
    Ini ruginya:
    Kata Bang @nelson sitompul , yang pernah saya baca, saya lupa threatnya, sebaiknya jika ingin membangun backlink melalui postingan di forum online seperti bersosial, usahakan selain postingan relevan dengan backlink yang dituju, sebisa mungkin harus sangat dibedakan dengan artikel kita terutama judul dan isi artikel, kabarnya bisa jadi malah nambah saingan dihasil pencairan dengan artikel yang sedang kita promosikan..
     
    kaliwungu likes this.
  11. arief munandar

    arief munandar Active Member

    Joined:
    May 31, 2015
    Messages:
    710
    Likes Received:
    110
    Trophy Points:
    43
    @mugianto Pak itu anchornya kok Klik Di sini? apa itu contoh kualitas backlink yang bagus? :D
     
  12. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,326
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Backlink keuntungannya apa sih ? Kok pada gencar2 cari backlink :D
     
  13. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,925
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
    Justru dari blog sendiri yang bisa rugi. Dicopas sendiri :D
     
  14. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,925
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
    Memperkuat posisi SERP, itupun jika mau :D
     
  15. Mr Belze

    Mr Belze Member

    Joined:
    Mar 1, 2016
    Messages:
    190
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    mantappp tulisannya, sangat membantuu,, mksih mas
     
  16. budiw92

    budiw92 Member

    Joined:
    Feb 11, 2013
    Messages:
    720
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    saya pernah baca juga, backlink berkualitas itu bukan dibuat oleh diri sendiri, tetapi dibuat oleh orang lain dengan suka rela menaruk link kita di postingan mereka :D
    intinya sih harus nulis artikel yang benar-benar berkualitas, tapi itu sangat sulit dilakukan *nangis2*
     
  17. Jagoan Marketing

    Jagoan Marketing New Member

    Joined:
    Dec 21, 2015
    Messages:
    16
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    ya ntar jadinya duplicate konten rugi sendiri heheh saran saya kalau mau post di form modifikasi cara pembahasannya
     
  18. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,878
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Saya udah coba hampir semuanya dan terimakasih buat saranya yang luar biasa.
    Kesimpulan saya visitor TERGANTUNG PADA PEKET HOST yang kita gunakan dan IKLAN seberapa banyak di blog kita.
    Salam SEO
     
  19. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    763
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    28
    percaya atau tidak, sebagian besar cara-cara ini masih dipakai sama orang luar :)
     
  20. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,627
    Likes Received:
    753
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    daripada disitu :D lebih baik disini saja.
    kalau sudah kuat mau ngapain ?
    gpp sih kalau saingan sesama member bersosial, asal gak saling sikut ;)
     
    arief munandar likes this.

Share This Page