Wajib Tahu ! Ini Dia Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Discussion in 'Health & Medical' started by DimasAnggara99, Apr 7, 2020.

  1. DimasAnggara99

    DimasAnggara99 New Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Apakah kamu saat ini menderita diabetes dan ingin mencari informasi mengenai pantangan makanan untuk penderita diabetes? Jika iya, silakan baca artikel ini sampai habis ya.

    Jadi, diabetes itu apa sih?

    Diabetes ialah penyakit akut yang diikuti gula darah tinggi karena resistensi insulin. Diabetes tidak dapat sembuh. Namun, perkembangan pola makan dapat membantu mengontrol gejala diabetes. Diantaranya, pasien diabetes butuh menaati pantangan tidak untuk konsumsi makanan tertentu.

    Apa saja daftar makanan sebagai pantangan untuk pasien diabetes? Lihat daftar berikut ini.

    Jadi, makanan yang tinggi kalori dari karbohidrat serta gula sederhana berikut yang menjadi pantangan untuk pasien diabetes.

    Pada umumnya berikut pantangan minuman dan makanan untuk pasien diabetes yang perlu dijauhi, yaitu:

    1. Minuman bersoda

    pantangan makanan untuk penderita diabetes yang pertama tentu saja minuman bersoda. Bukan sekedar makanan, minuman bersoda jadi salah satunya pantangan untuk pasien diabetes. Meskipun menyegarkan, sayangnya minuman ini tinggi gula tambahan yang dapat melonjakkan gula darah dengan rimmer.

    Tidak hanya minuman bersoda, beberapa minuman paket yang lain yang banyak di jual di market seringkali telah ditambah lagi gula. Serta, minuman yang kesannya sehat sekalipun, seperti susu cokelat serta juice kemasan.

    Minuman bersoda biasanya dapat memiliki kandungan 38 gr gula per 350 ml. Sementara minuman manis dengan perisa buah umumnya memakai pemanis fruktosa yang bisa menyebabkan resistensi insulin bila dikonsumsi dalam jumlahnya banyak serta periode waktu lama.

    Dampak ini akan kelihatan pada pengidap diabetes hingga berubah menjadi pantangan.

    Agar tahu berapa banyak gula yang terdapat pada minuman Anda, seharusnya cermat baik-baik cap info nilai gizi pada kemasannya. Tetapi, berhati-hati jika Anda tidak temukan tulisan “gula” pada cap, bukan bermakna produk itu bebas dari gula.

    Masalahnya ada beberapa nama lain gula yang ditambah lagi ke produk makanan, hingga seringkali mengecohkan Anda sebagai konsumen.

    Sukrosa, sirup jagung tinggi fruktosa, sirup agave, sirup maple, dekstrosa, glukosa, sirup malt, maltose, galaktosa adalah beberapa nama lain dari gula yang seringkali ditambah lagi dalam produk makanan atau minuman paket.

    2. Nasi putih serta makanan memiliki bahan dasar tepung terigu

    Roti, pasta, serta nasi putih adalah sumber penting dari karbohidrat sederhana. Antara tipe karbohidrat lain, karbohidrat rimme paling cepat diolah serta diserap badan untuk diproses jadi gula darah.

    Maka, roti putih, pasta tepung terigu, serta nasi putih jadi pantangan makanan paling biasa untuk pasien diabetes, menurut situs American Diabetes Association. Ditambah lagi, akumulasi karbohidrat sederhana bisa bersumber dari makanan yang lain.

    Meskipun jadi makanan pantangan untuk pasien diabetes, bukan berarti nasi putih atau pasta tepung terigu tidak bisa dikonsumsi benar-benar. Anda masih bisa mengkonsumsinya, tetapi dengan bagian yang lebih sedikit.

    Untuk kurangi mengonsumsi makanan pantangan untuk pasien diabetes ini, Anda dapat mengubahnya dengan makanan kaya serat serta protein. Mengubah nasi adalah langkah yang aman untuk kurangi rasa lapar sekaligus juga jaga kandungan gula darah masih konstan.

    Agar gula darah tidak naik rimmer, Anda dapat mengubah nasi putih dengan nasi merah, jagung, atau ubi jalar. Anda dapat juga mengubah roti putih serta pasta tepung dengan roti gandum atau pasta gandum yang lebih sehat.

    3. Makanan kaya lemak trans

    Pantangan makanan untuk pasien diabetes setelah itu makanan yang memiliki kandungan lemak trans. Sebetulnya, tipe makanan ini bukan sekedar jadi pantangan untuk pasien diabetes, dan juga pada semua penyakit.

    Lemak trans sebagian besar diketemukan pada margarin, selai, serta makanan yang diawetkan. Walau tidak dengan cara langsung meningkatkan gula darah, lemak trans bisa menyebabkan resistensi insulin serta sindrom rimmeri. Lemak trans tingkatkan efek kerusakan pembuluh darah serta kurangi baik HDL.

    Beberapa makanan kaya lemak trans sebagai pantangan pasien diabetes ialah keripik kentang kemasan, kentang goreng, serta gorengan. Gabungan minyak goreng serta karbohidrat tinggi dari kentang itu yang bisa tingkatkan kandungan gula darah hingga jadi pantangan diabetes.

    Menghindarkan pantangan makanan untuk diabetes ini bisa membantu menahan kerusakan pembuluh darah karena diabetes. Khususnya buat rimmer yang beresiko tinggi terkena penyakit kardiovaskuler.

    4. Buah kering

    Buah salah satunya makan sehat untuk diabetes. Tetapi, beda bila makanan yang disebut ialah buah kering, sebab makanan ini termasuk juga pantangan untuk pasien diabetes.

    Makanan pantangan untuk diabetes ini dibuat potongan buah yang diawetkan dengan kurangi kandungan airnya. Buah kering banyak dikonsumsi sebab mempunyai daya taruh yang lebih lama daripada buah fresh.

    Selain itu, buah kering cenderung mempunyai harga yang lebih murah. Tidak bingung bila buah kering banyak disenangi orang.

    Tetapi tahukah Anda mengapa buah kering terhitung makanan pantangan untuk pasien diabetes? Ya, proses pengeringan buah cenderung akan menurunkan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Buah kering seringkali ditambah lagi gula untuk meningkatkan rasa.

    Seperti yang didapati, pada intinya buah dengan alami telah memiliki kandungan gula. Akhirnya, menambahkan gula ini malah membuat buah kering mempunyai potensi tingkatkan kandungan gula pada tubuh. Kandungan gula yang tinggi berikut yang membuat buah kering jadi pantangan buat pasien diabetes.

    Memang, rata-rata buah fresh biasanya memiliki kandungan gula. Tetapi jika dibanding dengan buah kering, pasti gula pada buah fresh tambah lebih rendah serta sehat untuk rimmer. Makan

    5. Madu, sirup agave, serta sirup maple

    Anda kemungkinan menduga jika madu, sirup agave, serta sirup maple terhitung pemanis alami yang baik untuk diabetes.

    Kenyataannya, walau seringkali dipakai jadi rimmerive gula pasir, ke-3 “gula alami” ini malah masuk dalam daftar makanan pantangan diabetes. Karena ketiganya masih sama-sama tinggi gula, serta total karbohidrat dari pemanis pilihan ini dapat jauh tambah tinggi.

    Kandungan gula yang tinggi berikut yang membuat rimmerive gula ini menjadi pantangan untuk diabetes.

    Contohnya saja, satu sendok makan gula putih mempunyai 12,6 gr glukosa, tetapi nyatanya kandungan glukosa madu sebesar 17 gr, sirup agave sebesar 16 gr, serta sirup maple sebesar 13 gr.

    Jadi, daripada mengubah gula pasir dengan pemanis makanan jadi pantangan diabetes ini, semakin lebih baik bila Anda memang kurangi makanan bergula.

    6. Kopi dengan topping

    Lidah Anda kemungkinan sangat familier dengan kopi racikan yang biasa ditawarkan di kedai-kedai kopi. Tetapi, topping penambahan seperti rimmer, sirup, rimmer, susu atau whipped krim dapat tingkatkan gula darah.

    Begitu halnya kopi yang Anda racik sendiri di dalam rumah gunakan gula pasir serta rimmer. Tidaklah heran bila kopi modern dapat juga jadi makanan pantangan bikin pengidap diabetes.

    Kopi jadi pantangan untuk diabetes sebab ada penambahan gula. Tetapi, Anda dapat menyiasatinya dengan pilih kopi hitam atau espresso tanpa ada dikasih pemanis apa saja. Namun, konsumsi kopi harus dilihat sebab cafein di dalamnya dapat mengubah kandungan gula darah.

    7. Saus tomat serta saus sambal botolan

    Siapa sangka jika saus toman masuk kategori pantangan makanan untuk penderita diabetes ? Makan gorengan sekalian dicocol saus tomat atau sambal memang enak. Tetapi, tahukah Anda jika ke-2 tipe saus ini terhitung pantangan makanan untuk pasien diabetes?

    Nyatanya dalam 2 sendok saus tomat sama dengan 16 gr gula. Bila ini digabungkan dengan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, pasti keseluruhan gula yang dikonsumsi jadi tambah tinggi.

    Tetapi, Anda tak perlu cemas sebab pantangan makanan untuk diabetes ini masih dapat Anda nikmati. Langkah menyiasatinya dengan membuat saus sendiri di dalam rumah.

    Dengan demikian, Anda dapat sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang Anda gemari. Tetapi, bila Anda harus beli saus botolan, seharusnya check kembali daftar bahan yang berada di cap paket produk.

    8. Salad dressing

    Salad memang makanan yang sehatkan. Tetapi, lain ceritanya bila salad yang Anda sediakan memakai mayonnaise sampai serta ditabur parutan keju. Bila salad yang diberikan memakai dressing itu, makanan ini menjadi pantangan buat diabetes.

    Masalahnya ke-2 dressing itu bukan sekedar memiliki kandungan gula penambahan, dan juga tinggi lemak. Supaya salad tidak jadi pantangan makanan untuk diabetes, pakailah dressing yang memiliki bahan dasar minyak, seperti minyak zaitun serta minyak kelapa.

    Satu kali lagi, asumsi jika makanan manis ialah salah satu pantangan bikin pengidap diabetes tidak seutuhnya benar. Orang dengan diabetes biasanya masih dapat konsumsi minuman dan makanan manis atau yang memiliki kandungan gula. Namun, pilih tipe makanan yang pas dan takar porsinya supaya tidak terlalu berlebih.

    Nah itu dia pantangan makanan untuk penderita diabetes yang memang harus anda hindari. Bila Anda masih cemas akan masukkan pantangan makanan dalam menu diet diabetes, tanyakan pada dokter atau pakar gizi. Butuh diingatkan jika pantangan diabetes bukan sekedar tentang pilihan makan saja, dan juga langkah memproses serta menyajikannya.

    Informasi di ambil dari sini : HOLLASHOP
     
Loading...

Share This Page