Waktu Terbaik Mengerjakan Shalat Tahajud Menurut Hadits

Discussion in 'Education' started by Bella10, Oct 20, 2017.

  1. Bella10

    Bella10 New Member

    Joined:
    Mar 21, 2017
    Messages:
    8
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Shalat Sunnah Tahajud adalah salah satu Shalat Sunnah Malam yang dapat dikerjakan dan dilakukan oleh setiap Muslim - Muslimah karena Shalat Sunnah Tahajud selain telah dianjurkan untuk dikerjakan sebagai ibadah tambahan bagi setiap Muslim, ternyata Shalat Sunnah Tahajud ini mempunyai banyak keistimewaan dan keutamaannya sehingga sangat baik sekali jika Shalat Sunnah Malam Tahajud dikerjakan oleh setiap Muslim - Muslimah.

    Adapun anjuran dan perintah mengerjakan shalat sunnah tahajud bisa kalian lihat didalam Al Qur'an Surat Al Isra Ayat 79 bahwa Allah SWT Berfirman yang berbunyi : '' Dan pada sebagian malam hari, Sholat Tahajudlah km sebagai suatu ibadah tambahan bagi km, mudah - mudahan Tuhan mu mengangkat km ke tempat yg terpuji (QS. Al-Isra, Ayat 79) ''. Selain itu terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : '' Sebarkanlah salam, berikanlah makanan kepada orang2 yg membutuhkan, sambunglah tali silaturhmi dan shalatlah pd malam hari ketika orang lain sd tidur, niscaya kalian akan masuk kedalam Surga dg selamat (Hadits Riwayat Tirmidzi) ''.

    Kemudian perlu kalian ketahui bahwa terdapat Syarat dan Ketentuan Mengerjakan Shalat Sunnah Tahajud yang mesti kalian lakukan, Ketentuan Shalat Tahajud ini adalah harus tidur terlebih dahulu sehingga jika kalian ingin mengerjakan Shalat Sunnah Tahajud maka diharuskan tidur terlebih dahulu, walaupun tidurnya hanya sebentar saja. Selain itu didalam Waktu Mengerjakan Shalat Tahajud ini dapat dilakukan kapan saja di Malam Hari karena Awal Waktu Shalat Tahajud adalah setelah masuk waktu shalat wajib isya dan akhir waktu shalat tahajud adalah sebelum masuk waktu shalat wajib subuh (Saat Waktu Imsak).

    [​IMG]

    Namun terlepas dari itu semua, terdapat Waktu Terbaik Shalat Tahajud yang mesti kalian ketahui, oleh karena itu dikesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan Waktu Shalat Tahajud Terbaik yang bisa kalian ambil ketika akan mengerjakan shalat sunnah malam tahajud.

    Waktu Sepertiga Malam Pertama

    Untuk Waktu Yang Baik Shalat Tahajud Pertama adalah ketika masuk masuk waktu sepertiga malam yang pertama, maksudnya dimalam hari selepas masuk waktu shalat wajib isya sampai sekitar jam 11.00 malam dan di waktu tersebut tentunya kalian belum terlalu mengantuk sehingga kalian bisa mengerjakan shalat sunnah tahajud dengan memperbanyak dzikir mendekatkan diri kepada Allah SWT, hanya saja perlu diingatkan sekali lagi bahwa Anda harus tidur terlebih dahulu sebelum mengerjakan shalat sunnah tahajud, walaupun tidurnya hanya sebentar saja.

    Waktu Sepertiga Malam Kedua

    Lalu Waktu Shalat Tahajud Yang Baik Kedua adalah di waktu malam hari ketika memasuki Jam (Pukul) 11.00 malam sampai 01.00 Pagi Hari (Dini Hari), karena diwaktu tersebut kondisi malam sudah mulai sunyi sehingga kalian bisa mengerjakan shalat sunnah tahajud dan berdzikir mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan lebih khusyu dan tenang. Selain itu di waktu ini kebanyakan Manusia sudah terlelap tidur sehingga sangat baik sekali jika kalian lebih memilih untuk mengerjakan Shalat dan Bersujud kepada Allah SWT daripada tidur di malam hari.

    Waktu Sepertiga Malam Terakhir

    Kemudian Waktu Terbaik Mengerjakan Shalat Tahajud adalah malam hari di sepertiga malam ketika (terakhir) yakni ketika memasuki Jam (Pukul) 01.00 Dini Hari sampai sebelum masuk waktu shalat wajib subuh (Waktu Imsak). Hal tersebut dikarenakan di Kondisi seperti ini malam sudah semakin sunyi sehingga kalian bisa lebih konsen dan khusyu saat mengerjakan shalat sunnah malam tahajud. Selain itu terdapat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi :

    '' Disetiap Malam Allah SWT akan turun ke Langit Dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Allah pun berkata, ' adakah hamba ku yg meminta pasti akan Aku berikan apa yg dia minta ?, adakah hambaku yg berdoa hingga pasti aku akan kabulkan doanya ?, adakah hamba ku yg memohon ampun sehingga aku ampuni dosanya ?, (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ''.

    Seperti itulah pembahasan tentang Waktu Shalat Tahajud Paling Baik yang bisa kalian pilih saat akan mengerjakan Shalat Sunnah Tahajud, namun pada dasarnya kalian bisa mengerakan shalat sunnah malam ini kapan saja yang terpenting dilakukan di malam hari setelah kalian mengerjakan shalat wajib isya sampai sebelum masuk waktu shalat wajib subuh, dan yang terpenting lagi kalian harus tidur terlebih dahulu karena salah satu syarat mengerjakan shalat sunnah tahajud adalah harus tidur terlebih dahulu. Demikian ulasan ini telah saya tulis untuk Para Pembaca di Forum Bersosial dan semoga ulasan ini bermanfaaat, sebagai tambahan sekali lagi bahwa kalian bisa mengunjungi ulasan tentang Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud karena disitu telah dibahas secara lengkap tentang Shalat Sunnah Malam Tahajud ini.
     
  2. w1s2t3

    w1s2t3 Member

    Joined:
    Jan 18, 2016
    Messages:
    109
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    siiiip, sholat tahajud godaanya berat banget, syusah
     
  3. Lidyawati

    Lidyawati Member

    Joined:
    Oct 19, 2017
    Messages:
    59
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Owh bagusnya jam 11 sampe jam 1 ya, pernah sih tapi seringnya jam 2 lewat, karena udah lumayan kenyang tidurnya hihi
     
  4. Rimanur

    Rimanur Active Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    227
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    tapi susah banget buat bangun, soalnya godaan ngantuknya luar biasa hehe
     
  5. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    410
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Itulah mengapa pahala nya luar Biasa, Sangat Besar, manfaatnya buat kita juga ko, bisa lebih tenang dan dekat dengan sang pencipta
     
Loading...

Share This Page