Waspada, Ciri-ciri Penipuan Modus Pinjaman Online

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by harsonoegi, Jul 16, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    139
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    1. Penawaran Cenderung Memaksa

    Langkah pertama untuk mengajukan pinjaman uang cepat secara online adalah menghubungi pihak pemberi pinjaman atau kreditur untuk bertanya-tanya mengenai produk yang mereka miliki.

    Pada saat Anda bertanya, Anda harus memperhatikan tingkah laku kreditur, jika mereka penipu, mereka tidak akan menjelaskan secara detail perihal produk pinjaman yang mereka miliki, tetapi pada saat follow up, mereka akan bersikap berlebihan dengan memaksa Anda untuk menjadi debitur atau peminjam.


    2. Memakai Email Tidak Resmi

    Ketika sudah mencapai tahap follow up, kreditur resmi akan menghubungi Anda melalui telepon dan mengirimkan email perusahaan resmi, tidak seperti kreditur penipu. Cara membedakannya adalah dengan melihat alamat domain email tersebut. Sebagai contoh jika email pinjaman online KSP penipu misalkan adalah [email protected] bisa dilihat alamat email tersebut adalah alamat email pribadi bukan alamat email resmi sebuah perusahaan.


    3. Syarat Terlalu Mudah

    Biasanya baik Bank maupun lembaga non-bank akan memberikan satu syarat khusus bagi calon debitur seperti riwayat utang yang bersih dan baik. Ada banyak calon peminjam yang ditolak pengajuan pinjamannya karena tidak memenuhi persyaratan tersebut.

    Pihak kreditur resmi atau Bank akan mengecek riwayat hutang dengan mengakses Sistem Informasi Debitur atau melakukan BI checking.

    Namun hal tersebut berbeda dengan yang dilakukan oleh pinjaman online penipu, mereka justru memberikan iming-iming dan mengabaikan riwayat hutang milik Anda. Inilah yang membuat banyak orang terjerat penipuan pinjaman online.


    4. Meminta Uang Muka

    Perlu Anda ketahui pada saat melakukan pinjaman online, memang ada biaya administrasi, tapi itu hanya sebatas uang materai dan lain sebagainya yang jumlahnya tidak seberapa. Namun kreditur penipu akan meminta sejumlah uang sebagai syarat utama jika ingin meminjam dana cepat cair dengan alasan untuk bisa memudahkan proses administrasi. Jadi, jika mereka meminta dana hingga Rp 1 juta lebih, sudah pasti mereka berniat untuk melakukan penipuan pada Anda.


    5. Meminta PIN dan Password

    Umumnya pada tahapan awal, data yang diminta hanyalah nama, nomor telepon, alamat email. Pin atau password perbankan adalah hal yang sifatnya pribadi dan tidak boleh diberitahukan kepada orang lain.

    Anda patut mencurigai dan waspada terhadap kreditur yang meminta pin atau password perbankan yang Anda miliki dengan alasan untuk kelengkapan dana debitur.

    Tetap waspada dan berhati-hatilah dalam memilih kreditur, jangan mudah tergiur dengan jumlah pinjaman yang besar dan syarat-syarat mudah namun tak masuk akal. Di era yang serba canggih ini bukan tidak mungkin bagi oknum-oknum tertentu melakukan tindak kejahatan dengan berbagai cara yang pastinya bisa merugikan Anda.


    Sebagai alternatif, selain Anda bisa mengajukan pinjaman pada Bank resmi, Anda juga bisa meminjam sejumlah dana pada koperasi dengan lebih dulu menjadi member koperasi. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan bergabung menjadi anggota koperasi.
     
  2. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    99
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Selain gmail, bisa memakai layanan email gratis lainnya...
     
Loading...

Share This Page