Waspada Inilah Pemicu Penyakit Kista Ovarium

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Jul 6, 2019.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    644
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Kista ovarium adalah salah satu penyakit yang sering menyerang wanita yang terjadi karena pertumbuhan sel yang tidak normal berupa kantung berisi cairan pada indung telur (ovarium). Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya tanpa terapi. Jenis kista ovarium yaitu kista fungsional (normal, tidak berhubungan dengan penyakit), kisat kulit, kista endometrium, kistadenoma, atau bagian dari penyakit yang disebut polycystic ovary syndrome (PCOS). Penyakit ini sering terjadi pada wanita di semua usia. Meski begitu, penyakit ini jarang mengenai wanita yang sudah menopause.

    Berikut ini ada beberapa Pemicu Penyakit Kista Ovarium diantaranya :
    • Gangguan Hormon
    Hormon yang terganggu juga dapat menyebabkan penyakit kista ovarium yang akan menyerang pada tubuh Anda. Pola hidup yang sehat juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon pada tubuh tersebut.
    • Siklus Haid Yang Tidak Lancar
    Apabila pada saat menstruasi yang tidak lancar itu akan berakibat buruk bagi tubuh, salah satunya dapat menyebabkan kista ovarium pada indung telur. Penyebabnya yaitu akibat dari penumpukan darah kotor yang ada didalam tubuh yang seharusnya dikeluarkan.
    • Stres
    Tidak hanya dapat menyerang pada pikiran saja, stres yang berlebihan juga dapat menghasilkan hormon tertentu yang akan memicu penyakit. Apabila ketidkamampuan untuk mengelola stres itu bisa juga menjadi pemicu penyakit kista ovarium. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus mneghindari stres dengan gaya hidup yang sehat dna berolahraga, supaya dapat terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk dengan penyakit kista ovarium.
    • Haid Pada Usia Dini
    Terlalu dini pada saat menstruasi juga ternyata dapat meningkatkan resiko terserang penyatakit kista. Untuk itu, jika Anda memiliki adik atau anak perempuan yang akan mendapatkan menstruasi maka harus ajari mereka untuk menajga pola makan yang sehat. Sebab, makanan yang sehat juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit kista ovarium.
     
Loading...

Share This Page