Waspadai Gejala Penyakit Batu Ginjal

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Feb 12, 2019.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    406
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Penyakit batu ginjal merupakan kondisi dimana adanya endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada di air kencing, yang prosesnya biasa disebut dengan nephrolithiasis. Kencing batu atau batu ginjal ini biasanya memiliki ukuran sangat kecil atau bisa mencapai sekitar beberapa inci. Batu staghorn adalah ukuran batu yang lebih besar yang mengisi saluran yang membawa kencing dari ginjal ke kandung kemih.

    Pada umumnya, orang yang biasa terkena penyakit batu ginjal ini adalah orang yang berusia di atas 40 tahun. Menurut perkiraan, sekitar 10% wanita dan 15% pria pernah mengalami kondisi ini selama hidup mereka.

    Penyebab Batu Ginjal
    Terlalu banyaknya bahan kimia dalam air urine dapat menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit batu ginjal atau kencing batu ini. Kandungan bahan kimia tersebut seperti asam urat, sistin, kalsium, atau struvite (campuran fosfat, magnesium, dan juga ammonium).

    Jika anda kurang meminum air serta melakukan diet yang sangat tinggi terhadap protein, maka anda akan mendapatkan risiko timbulnya penyakit batu ginjal.

    Menurut fakta, sekitar 85% batu yang ada pada ginjal penyebab kencing batu terbuat dari zat kalsium. Penyakit satu ini juga lebih sering terjadi pada para penderita encok. Selain itu, batu struvite juga terbentuk lebih sering di dalam urine yang terinfeksi. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit batu ginjal, diantaranya :

    - Dehidrasi,

    - Mengalami obesitas,

    - Melakukan pola makan tertentu,

    - Riwayat kesehatan keluarga,

    - Mengkonsumsi obat-obatan seperti aspirin, antasid, antibiotik, diuretik, serta beberapa obat antiretroviral dan juga antiepilepsi,

    - Efek samping operasi terhadap organ pencernaan.

    Gejala Batu Ginjal
    Sekitar hampir sepertiga dari orang-orang di dunia mempunyai kondisi dengan adanya batu pada ginjal mereka, namun hanya setengahnya yang punya gejala penyakit batu ginjal. Walaupun tanpa adanya gejala, penyakit batu ginjal juga bisa menimbulkan masalah, seperti infeksi serta penyumbatan aliran kencing. Jika terdapat batu yang tersangkut di dalam kandung kemih, maka akan menyebabkan kencing batu dan memunculkan banyak gejala.

    Gejala yang timbul dari penyakit batu ginjal biasanya terjadi adalah adanya sakit yang luar biasa yang datang dan pergi. Serta biasanya bergerak dari bagian samping ke belakang atau bagian bawah perut. Berikut ini adalah beberapa gejala umum penyakit batu ginjal, diantaranya :

    - Merasa gelisah,

    - Mual dan juga muntah-muntah,

    - Buang air kecil di dalam jumlah yang sedikit,

    - Demam atau menggigil, apabila terjadi infeksi,

    - Meningkatnya frekuensi ingin buang air kecil,

    - Nyeri pada saat buang air kecil ( disuria ),

    - Urine berwarna merah muda, merah, atau pun cokelat,

    - Nyeri pada punggung pada bagian bawah dan terkadang terasa hingga ke pangkal paha.

    Apabila penyakit batu ginjal yang disebabkan oleh adanya batu kristal pada ginjal menimbulkan infeksi, anda harus segera melakukan pengobatan dan perawatan.
     
Loading...

Share This Page