Web developer handal idaman perusahaan, ini dia kategori skill dasarnya.

Discussion in 'Programming' started by Yandiahmadgandasaputra, Sep 14, 2020.

  1. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    113
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Perkembangan teknologi internet kini sudah tidak dapat dibendung lagi. Pergerakan yang luar biasa telah menjadikan internet multifungsi hingga dpat dikategorikan sebagai media penghasil uang (Digital Marketing). Tidak heran lagi jika profesi sebagai web developer kini banyak sekali diperlukan di berbagai perusahaan formal ataupun non formal. Maka dari itu jika anda tertarik untuk menjadi seorang web developer yang handal, ada beberapa skill dan teknologi yang perlu anda pelajari dan kuasai. Apakah itu ?

    Basic Skill
    Jika anda ingin menjadi seorang web developer handal pelajari basic skill berikut :
    1. HTML dan CSS
    HTML atau Hyper Text Markup Languange merupakan struktur bahasa yang digunakan untuk membentuk tampilan halaman sebuah website. Sementara CSS (Cascading Style Sheet merupakan design tampilan dari sebuah halaman website seperti font, warna huruf, background, dll.

    2. HTTP
    HTTP merupakan komponen mendasar dalam dunia website. HTTP ini merupakan kependekan dari Hyper Text Transfer Protocol. Dalam hal ini anda akan mempelajari interaksi atau proses yang terjadi dari 2 sisi yaitu server dan juga client ketika anda sedang membuka sebuah halaman website tertentu.


    3. Javascript
    Javascript ini merupakan sebuah bahasa pemrograman dimana fungsinya yaitu untuk membuat website kita menjadi lebih interaktif seperti membuat pop up windows, datepicker dan lain sebagainya.

    4. Database MysQL
    Website apapun itu mayoritasnya memerlukan yang namanya database. Fungsi database ini yaitu sebagai lokasi penyimpanan data yang dimuat di halaman website. Contohnya seperti menyimpan data konsumen, alamatnya, daftar harga produk, transaksi penjualan produk dan lain sebagainya. Jika anda pemula direkomendasikan untuk menggunakan database MySQL karena mudah dipelajari.

    5. Server side Programming
    Server Side Programming merupakan bagian yang terpenting utamanya untuk pemrograman website yang dinamis. Dalam hal ini jenisnya ada banyak sekali seperti Ruby, php, Python, NodeJS, perl dan lain sebagainya. Untuk saat ini yang lebih populer dan banyak dicari perusahaan adalah bahasa pemrograman php. Ini merupakan bahasa pemrograman yang udah dan banyak sekali referensi yang bisa anda dapatkan di internet mulai dari e-book, tutorial. Banyak sekali blogger ataupun content creator yang membahas seputar bahasa pemrograman php ini.

    Yuk pelajari dan kembangkan dengan segera.
    Terimakasih.
     
  2. Blackboo

    Blackboo New Member

    Joined:
    Dec 6, 2018
    Messages:
    67
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Informai yang menarik sekali ini. Terima kasih TS
     
Loading...

Share This Page