Wewangian Yang Menyengat Bisa Mengganggu Kesehatan

Discussion in 'General Lifestyle' started by Fitria Nursalis, Mar 21, 2017.

  1. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Active Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    504
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Wewangian dan ragam produk beraroma yang menyengat bisa tercium di mana pun Anda berada. Efeknya pada sebagian orang mungkin hanya mengganggu kenyamanan. Namun, untuk sebagian yang lain, boleh jadi berefek sangat parah.

    Tak hanya wewangian seperti parfum, ragam produk pribadi semisal lotion, deodoran, juga barang-barang dengan komponen wangi lainnya, ternyata bisa memicu berbagai gejala serius mulai dari migrain, masalah pernapasan, hingga efek neurologis. Terutama bagi orang yang memiliki sensitivitas tertentu pada bau-bauan. Mungkin, itulah sebabnya ada orang yang tidak nyaman, bahkan benci ketika mencium produk wewangian.

    Studi baru berupa jajak pendapat tersebut dilakukan oleh Anne Steinemann, PhD, seorang profesor teknik sipil di Universitas Melbourne School of Engineering, Australia. Untuk penelitian, ia meminta hampir 1.100 partisipan menyelesaikan kuesioner mengenai kemungkinan pemicu munculnya gejala dan reaksi alergi tertentu akibat paparan produk beraroma seperti penyegar udara, larutan pembersih, hingga produk perawatan tubuh.

    Dr. Steinemann menemukan bahwa sepertiga dari peserta studi mengalami masalah kesehatan akibat paparan produk beraroma. Reaksi yang paling umum adalah gejala pernapasan seperti batuk, bersin, dan sesak napas, diikuti oleh gejala mukosa seperti hidung mampet dan mata berair, migrain, pusing atau pingsan, asma, masalah pencernaan, bahkan juga reaksi kulit seperti nruam, gatal-gatal, kesemutan dan dermatitis.

    Bagi Anda yang bereaksi terhadap wewangian, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri.

    Menurut Everyday Health, selain menggunakan obat-obatan, Anda perlu melakukan pencegahan. Yakni dengan menjauhkan wewangian dari diri sendiri dan lingkungan, menggunakan produk bebas aroma jika memungkinkan, serta meminta pada orang lain seperti teman, pasangan, atau rekan kerja untuk tidak menggunakan produk wewangian yang menyengat di sekitar Anda.

    Tak jauh berbeda, WebMD juga menyarankan untuk mengurangi paparan dengan menjauh sebisa mungkin dari produk wewangian. Jika sulit menghindar, bicara pada orang yang menggunakan wewangian untuk mengurangi pemakaian produknya merupakan cara efektif. Tentu saja, dengan cara sopan untuk hasil yang baik.

    Akhirnya, seperti kata Steinemann, jangan takut untuk membiarkan orang lain tahu bahwa aroma wangi bisa membuat Anda sakit. "Ini adalah bahaya kesehatan dan kecenderungan tempat kerja yang tidak membantu produktivitas,".
     
Loading...

Share This Page