Yang Suka Pedas, Wajib Coba Makanan Korea Ini

Discussion in 'Cooking' started by Gonkuro Indonesia, Jun 26, 2019.

  1. Gonkuro Indonesia

    Gonkuro Indonesia New Member

    Joined:
    Jun 22, 2019
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Jika berbicara makanan pedas, tentunya masyarakat nusantara menyukai cita rasa pedas. Dari yang pedas sumer-sumer hingga pedas dahsyat. Kali ini saya akan membahas makanan pedas dari negeri gingseng. Daripada disebut makanan, sebenarnya lebih tepat jika disebut sebagai bahan makanan, yaitu gochujang.

    Gochujang adalah bumbu cabai yang kental seperti pasta dengan warna merah menyala serta aroma pedas yang tajam. Bumbu ini dibuat dari koji beras ketan dan cabai merah yang dijadikan bubuk lalu di fermentasikan. Di korea sendiri, pembuatan bumbu ini masih menggunakan cara tradisional. Dengan menggunakan tempayan tembikar, ditempatkan di atas susunan batu yang disebut jangdokdae.

    Rasa Pedas Yang Memiliki Kemiripan
    [​IMG]
    Meski berasal dari korea dan memiliki rasa dan ciri khas tersendiri, rasa pedas yang dihasilkan dari bumbu ini memiliki kemiripan dengan bumbu-bumbu pedas karya nusantara Indonesia. Rasa pedas dengan sedikit manis dan warnanya yang merah menyala memiliki kemiripan dengan beberapa bumbu pedas khas Indonesia. Ada juga yang menyebutkan mirip seperti bumbu pedas dari seblak bandung.

    Makanan Favorit Yang Menggunakan Gochujang

    Disebut sebagai bumbu makanan korea, tentu gochujang tidak dikonsumsi tanpa hal lainnya. Tteokbokki dan rabokki sering dijadikan makanan korea yang menggunakan gochujang. Tteokbokki adalah makanan yang berasal dari tepung beras, sedangkan rabokki adalah mie atau ramen yang ditambahi dengan tteokbokki.

    Identik Dengan Makanan Khas Bandung
    [​IMG]
    Jika anda gemar dengan makanan khas bandung yaitu seblak, tentu citarasa dari tteokbokki atau rabokki beserta gochujang-nya akan terasa familiar. Banyak masyarakat yang menilai hidangan korea ini memiliki kemiripan dengan seblak bandung karena rasa pedas manis dan tekstur kenyal dari kerupuk basah seblak.
    "Seblak versi Korea" begitulah kata orang-orang yang sudah mencoba hidangan ini.

    Bahan Dan Pembuatannya Mudah

    Untuk anda yang penasaran dengan gochujang beserta tteokbokki atau rabokki, tidak perlu khawatir. Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di daerah terdekat. Bahan gochujang yaitu :

    1. Cabe bubuk, bisa cabe bubuk biasa atau korea, bisa juga boncabe
    2. Tepung ketan
    3. Kecap asin
    4. Bawang merah parut
    5. Gula pasir
    6. Cuka
    7. Minyak wijen

    Atau, anda juga bisa membeli gochujang di toko online beserta tteokbokki dan rabokki-nya. Makanan korea ini sangatlah populer, sehingga anda akan sangat mudah menemukan penjual bumbu dan makanan korea ini.

    Sebagai tambahan, gochujang diproses dengan cara di fermentasi dan ada juga yang menggunakan bahan berkadar alkohol. Jadi anda harus berhati-hati jika menghindari bahan-bahan tersebut.
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    509
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    baru tau ane seblak itu asal nya dari makanan korea hahaha
     
  3. Gonkuro Indonesia

    Gonkuro Indonesia New Member

    Joined:
    Jun 22, 2019
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    nah itu dia gan, malah ada yang bilang seblak itu niru tteokbokki korea :(
    padahal seblak pake kerupuk basah, kalo tteokbokki pake tepung beras
     
Loading...

Share This Page