Yasa Singgih Berbagi Kiat Bangkit Dari Kegagalan Sebuah Bisnis

Discussion in 'General Business' started by Ikhlas, Dec 6, 2016.

  1. Ikhlas

    Ikhlas Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    119
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Sepertinya semua pengusaha yang telah sukses hari ini pasti pernah mengalami kegagalan, bahkan mungkin ada banyak diantara mereka yang sampai depresi karena memikirkan kegagalannya itu. Pada fase inilah banyak orang yang memutuskan berhenti, kapok berbisnis dan kehilangan motivasi untuk bangkit lagi.

    Kegagalan dalam bisnis adalah fase yang kadang harus dilalui dalam perjalanan wirausaha, karena tiap usaha pasti ada masa sulit, terutama pada saat kita merintis usaha itu. Anda harus menemukan cara untuk melewati fase tersebut dan bangkit lagi.

    Mungkin cara unik dari Yasa Singgih, owner brand fashion Men’s Republic ini bisa ditiru. Bagaimana dirinya pernah gagal total dalam berwirausaha, tapi mampu bertahan dan keluar dari masalah besar tersebut.

    “Saya pernah gagal dalam usaha kedai kopi pas SMA kelas 3. Hanya jalan bertahan 10 bulan saja. Dan itu habis Rp 150 juta, itu bagi saya yang masih kelas 3 SMA itu besar sekali,” ucap Yasa, dikutip dari Wartawirausaha.com.

    Bagaimana cara bangkit dari kegagalan ala Yasa Singgih, memotivasi diri pada saat dirinya gagal, sedang dalam tekanan dan depresi?

    “Caranya kamu harus cari orang yang lebih sial dari kamu. Waktu saya try out ekonomi, guru saya umumkan nilai depan kelas, Yasa nilainya 35. Semua di kelas pada ketawa, saya malu kenapa begitu bodohnya, padahal sudah mau UAN,” kenang Yasa.

    “Beberapa menit kemudian, guru ekonominya sebut ternyata ada yang dapat 25. Jadi saya bangga sekali langsung berdiri, ternyata ada yang lebih bego dari saya, beban jadi nggak berasa,” tambahnya.

    Lalu, bagaimana cara menemukan ‘teman sependeritaan’ untuk berbagi cerita dan pengalaman tentang kegagalan tersebut?

    Yasa menyarankan orang yang mulai merintis bisnis untuk sering-sering menyempatkan waktu untuk mengikuti seminar atau training wirausaha. Di event-event tersebut, dirinya sering bertemu sesama orang yang juga gagal berbisnis, bahkan banyak sekali yang lebih parah darinya.

    “Saya sering ikut seminar-seminar bisnis dan wirausaha, di situ saya ketemu orang yang di tahun yang sama gagal bisnis dan kehilangam Rp 1,5 miliar. Gila ternyata ada yang lebih bodoh dan sial dari saya. Belum ada apa-apanya hilang Rp 150 juta,” tandasnya. (sumber)
     
  2. Rafa Asoka

    Rafa Asoka Member

    Joined:
    Sep 5, 2015
    Messages:
    633
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    28
    Salut sekaligus janggal juga ( janggal mungkin gak liat histori doi sebelum cerita ini )

    salutnya adalah mulai dari SMA udah usaha, keren sih menurut saya, karena kebanyakan anak SMA maunya cuma makan tidur, pacaran. hahaha

    janggalnya, anak SMA kok bisa punya 150 juta ? uang dari usaha sebelum kopi kah ? atau modal dari orang tua ?

    overall salut sih sama doi, btw umur doi berapa ya ?
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,492
    Likes Received:
    112
    Trophy Points:
    63
    Kalau saya membaca kisah sukses seseorang memang kebanyakan dari mereka pernah kena kegagalan, tapi karena masih ingin mencoba lagi dan belajar dari kegagalan itu banyak diantaranya menjadi sukses dan kadang orang hanya melihat hasil akhir tanpa melihat prosesnya
     
Loading...

Share This Page