Yuk Cari Tahu Macam-macam Jenis Kaos yang Ada di Dunia!

Discussion in 'Education' started by Bikin Kaos Online, Jul 13, 2016.

  1. Pernahkah Anda memperhatikan bentuk atau model kaos atau t-shirt yang Anda pakai? Ternyata meski terlihat serupa dan terbuat dari bahan yang sama, kaos memiliki model atau jenis yang berbeda-beda. Bahkan jika Anda mau memperhatikannya dengan seksama dan mendetil, Anda akan menemukan beragam jenis dan model kaos dengan bentuknya masing-masing.

    Secara definitif, T-Shirt berarti kaos biasa berbentuk ‘T’ dengan leher menggunakan rib tanpa kerah dan kancing, serta dilengkapi lengan untuk menutupi bisep dan trisep. Terkadang kaos polos juga ada yang tersedia dalam bentuk lengan panjang.

    Kaos atau T-Shirt memiliki beberapa jenis model yang diklasifikasikan menurut bentuk kerah dan potongannya. Beberapa macam model dari t-shirt antara lain: O-Neck, V-Neck, U-Neck, Y-Neck, Turtle-Neck dan Raglan. Berikut kami jabarkan masing-masing jenis dan modelnya.

    [​IMG]

    Kaos Kerah O-Neck

    Kaos O-neck adalah kaos yang paling lazim dan paling sering digunakan untuk keperluan sehari-hari. Sesuai dengan awalan namanya, kaos bentuk O-Neck memiliki kerah dengan bentuk O atau perfect round. Kaos model O-Neck kian digemari karena bentuknya yang paling pas dengan anatomi tubuh manusia.

    Kaos model O-Neck terbukti paling sempurna menutup bentuk tubuh tanpa menimbulkan efek gerah. Makanya model kaos O-Neck inilah yang paling sering dipakai untuk jasa sablon kaos atau pembuatan kaos dengan gambar.


    Kaos Kerah V-Neck

    Berbeda dengan kaos O-Neck, kaos v-neck memiliki kerah yang menyerupai bentuk huruf V. Sebenarnya kaos V-Neck sendiripun masih terdiri dari beberapa jenis lagi, tergantung lebar dan kedalaman bentuk kerahnya.

    Meskipun identik dengan karakter maskulin, kaos model V-Neck sempat menuai beberapa kontroversi bagi pemakainya. Sebut saja di Malaysia. Konon pemerintah setempat melarang pemakaian kaos model V-Neck karena dianggap menyerupai atau mencirikan seorang gay.


    Kaos Kerah U-Neck

    Merupakan bentuk kaos dengan bagian leher perpaduan antara Kaos O-Neck dengan kaos V-Neck. Biasanya model kaos U-Neck lebih sering digunakan wanita untuk model kaos olahraga. Kaos U-Neck juga lebih sering ditemukan pada model pakaian dalam pria (oblong kutang).

    Kaos model U-Neck jarang diproduksi secara retail karena potongannya terbilang lebih sulit dari model yang lain. Selain itu, model U-Neck juga jarang diminati pasar sehingga permintaan dan penawaran pun sangat sedikit.


    Kaos Kerah Y-Neck

    Berbeda dari plain t-shirt lainnya, kaos model Y-Neck terbilang ‘murtad’ dan paling beda. Hal ini karena kaos model Y-Neck memiliki kerah berbentuk Y dan ditambahi kancing di ujung bawah kerahnya. Jumlah kancingnya bisa disesuaikan dengan selera yang diinginkan.

    Model kaos ini sempat populer di Indonesia pada tahun 2008-2010 dengan sebutan ‘kaos Olga’, diambil dari nama artis almarhum Olga Syahputra. Pada saat itu memang Olga menjadi influencer mempopulerkan kaos Y-Neck hingga menjadi trend di Indonesia.


    Kaos Long Neck atau Turtle-Neck

    Terlihat seperti kura-kura, sesuai dengan namanya. Kaos model turtle-neck atau Long Neck memiliki kerah dengan rib berbentuk bulat ditambah kain panjang menutupi leher. Bentuk rib yang panjang bisa diatur ketinggiannya. Kaos model turtle-neck ini sempat populer di era 80 sampai 90an.


    Kaos Raglan

    Kaos Raglan memiliki pola yang berbeda dengan plain t-shirt lainnya. Hal yang paling membedakannya dengan yang lain adalah model potongan lengannya yang melintang antara ketiak dan kerah.

    Kaos model raglan biasanya menggunakan dua warna bahan. Kebanyakan kaos raglan dibuat dengan lengan tiga per empat. Kaos dengan model raglan merupakan model terfavorit kedua yang biasa digunakan untuk jasa sablon kaos atau produksi kaos bergambar.
     
  2. Unmetered

    Unmetered Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Kok hanya model kerah nya yang di ulas. Model-model lainnya dimana ??
     
  3. retado

    retado Member

    Joined:
    May 26, 2015
    Messages:
    53
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Selain model, yang menentukan suatu pakaian itu berkualitas atau tidak dari bahannya. Kalau menurut saya, Produk pakaian seperti jaket dari bahan Non woven Indonesia itu bagus, nyaman dipakai dan nggak kalah modisnya. Itu kalau untuk jaket, kalau t-shirt bisa disesuaikan dengan kulit masing2 :)
     
  4. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    633
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    what banyak juga ya ane gak tau gan makasi infonya
     
  5. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    756
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    favorit nya V Neck lebih cucok
     
  6. kevin34

    kevin34 Member

    Joined:
    Mar 24, 2015
    Messages:
    38
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Jadi kepengen buka usaha butik sama distro nih. Soalnya sebulan lalu saya nemenin temen buat belanja peralatan dan perlengkapan kasir untuk distro yang baru dia buka. Saya belajar banyak sama dia, khususnya dalam mengenalkan jenis2 bahan pakaian
     
  7. Kang Jaka

    Kang Jaka Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Kaos Oblong termasuk jenis mana yah *belajar*
     
Loading...

Share This Page