Yuk Ketahui Dulu Kelebihan Evaporated Milk Sebagai Susu Pertumbuhan Anak

Discussion in 'Education' started by Cindy Purnama, May 25, 2018.

  1. Cindy Purnama

    Cindy Purnama New Member

    Joined:
    Apr 20, 2018
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Banyak orang tua yang memilih susu pertumbuhan anak berbentuk bubuk. Alasannya sangat sederhana. Ini jenis susu yang sudah terkenal. Hampir semua orang tua memilih jenis susu yang satu ini.

    Akan tetapi, apakah bunda tahu ada juga jenis susu yang disebut dengan evaporated milk atau susu evaporasi? Ini bisa bunda jadikan alternatif selain memberikan susu balita yang selama ini dikonsumsi oleh si kecil.

    Sekilas Tentang Susu Evaporasi

    Sebelumnya, bunda harus tahu apa itu susu evaporasi. Sebenarnya, ini sama dengan jenis susu lainnya. Hanya saja, cara pembuatannya yang berbeda.

    Susu evaporasi ini susu yang melalui proses pemanasan yang cukup lama. Hal ini membuat kandungan airnya sangat rendah. Proses pemanasan tersebut menggunakan pompa vakum sehingga kadar air di dalam susu yang hilang mencapai 60%. Inilah yang membuat susu evaporasi ini sangat kental.

    Akan tetapi, susu evaporasi berbeda dengan susu kental manis. Memang teksturnya hampir sama. Hanya saja, ada perbedaannnya. Susu kental manis mendapatkan tambahan gula. Inilah yang menjadi alasan namanya adalah susu kental manis. Sementara itu, susu evaporasi itu tidak terlalu manis.

    Karena rasanya yang tidak manis itulah banyak anak yang lebih memilih susu pertumbuhan yang lain. Banyak anak yang menolak jika diminta untuk mengkonsumsi susu evaporasi.

    Agar Anak Suka Susu Evaporasi

    Karena kandungan gulanya yang tidak begitu banyak, susu evaporasi ini sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. Sayangnya, banyak orang yang tidak mau minum susu ini.

    Bunda harus mencoba berbagai trik agar anak mau. Salah satunya dengan menambahkan susu ini di minuman yang lain. Contohnya saja, bunda bisa membuat es buah. Biasanya, es buah diberi susu, kan? Gunakan saja susu evaporasi ini.

    Atau, bunda bisa membuatkan makanan seperti roti lapis di mana ditambahkan susu evaporasi ini. Hal ini akan membuat susu terasa enak lantaran dicampur dengan makanan atau minuman yang lainnya.

    Cara-cara tersebut harus bunda coba khususnya jika si kecil mengalami masalah dengan obesitas atau kegemukan. Jangan berikan susu sembarangan, terutama susu kental manis. Kandungan gula di dalam susu kental manis justru bisa membuat berat badan anak semakin naik.

    Jadi, salah satu kelebihan dari susu evaporasi adalah kandungan gulanya yang rendah. Dengan demikian, anak tidak akan mengalami kegemukan ketika mengkonsumsi susu yang satu ini.

    Tidak itu saja yang menjadi kelebihan dari susu evaporasi ini.

    1. Kandungan Vitamin D Tinggi

    Vitamin D itu tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Vitamin D didapatkan dari luar. Yang paling banyak adalah dari sinar matahari pagi. Yang kedua adalah dari susu evaporasi.


    2. Tahan Lama

    Karena kandungan airnya rendah, susu ini tahan sangat lama. Bahkan, bunda tidak perlu menyimpan susu ini ke dalam lemari es


    3. Kandungan Gizi Tinggi

    Menurut penelitian, kandungan gizi susu evaporasi ini setara dengan susu segar.

    Meskipun kandungan gulanya tidak tinggi layaknya susu kental manis, bukan berarti ini bukan susu anak 1 tahun yang bikin gemuk. Namun, justru jika bunda ingin memiliki anak yang gemuk tapi sehat, ini susu tepat yang harus bunda berikan.

    Hanya saja, bunda harus berusaha keras untuk membuat anak suka. Ini sulit apalagi jika bunda sudah pernah memberikan jenis susu yang lain. Jadi, bunda bisa jadikan susu ini sebagai alternatif saja. Setiap hari, bunda bisa berikan susu pertumbuhan anak yang biasa. Namun, sesekali bunda berikan susu evaporasi ini dengan cara menambahkannya ke dalam minuman atau makanan tertentu.
     
  2. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page