Zakat Fitrah Online, Ibadah Mudah Saat Pandemi

Discussion in 'General Discussion' started by khairpedia, Apr 28, 2020.

  1. khairpedia

    khairpedia New Member

    Joined:
    Apr 4, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Diterangkan dalam Al-Qur'an golongan orang (Mustahik) yang berhak menerima zakat, :
    “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, amil zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang terlilit utang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”
    (QS. At Taubah :60)

    Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh orang Islam (Muzaki) dalam jumlah tertentu dan disalurkan untuk orang yang berhak menerima (Mustahik). Mengeluarkan zakat fitrah ditengah wabah salah satunya dengan menggunakan fasilitas zakat fitrah online.

    [​IMG]
    sumber foto : https://khairpedia.blogspot.com/

    Supaya penyaluran zakat dapat diterima oleh golongan yang berhak menerima zakat, antara lain :
    1. Fakir. Golongan tidak mempunyai sesuatu apapun, tidak berpeghasilan, dan tidak mampu dan tidak sanggup untuk mencukupi kebutuhan harian.
    2. Miskin. Golongan yang memiliki harta, pekerjaan - penghasilan tetapi dari penghasilannya masih kurang dalam mencukupi kebutuhan harian.
    3. Mu’allaf. Golongan baru memeluk Islam tetapi mengalami kesulitan dan kesusahan dalam ekonomi. Membutuhkan bantuan dan pertolongan dalam beradaptasi, membutuhkan bantuan dan pertolongan dalam hal syariah dan ketauhidan.
    4. Riqab. Golongan perbudakan (hamba sahaya) yang ingin memerdekakan diri. Hamba sahaya pada zaman modern jarang terjadi, mungkin saja terjadi dan bisa dibantu dengan dana zakat.
    5. Gharim. Golongan mempunyai tanggungan utang. Utangnya tersebut bermaksud mencukupi kebutuhan hidup harian dan mempertahankan kelangsungan hidupnya.
    6. Ibnu Sabil (Musafir). Golongan bepergian dalam rangka melaksanakan perjalan jauh untuk tujuan ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
    7. Fisabilillah. Golongan berjuang dan berjihad dijalan Allah berdakwah, memaksimalkan semua waktu dan tenaga untuk agama Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
    8. Amil Zakat. Golongan yang secara penuh dan maksimal menggunakan waktu dan tenaga untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat.
    Bulan Ramadhan 1441 Hijriyah, tahun 2020 datang disaat merebaknya wabah covid19. Tahun sebelumnya dalam kondisi normal, pelaksanaan ibadah zakat fitrah dilakukan dengan menyerahkan zakat fitrah mendatangi Amil zakat. Untuk kondisi wabah seperti saat ini, pelaksanaan ibadah zakat fitrah sangat jauh berbeda. Apalagi untuk daerah yang sudah masuk dalam zona merah.

    Kemenag Republik Indonesia, memberikan alternatif dengan mengeluarkan panduan pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah. Tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor XI Tahun 2020 Tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H Di Tengah Pandemi Wabah Covid-19. Intinya berkaitan dengan panduan pengumpulan dan penyaluran zakat saat kondisi wabah.

    Dompet Dhuafa adalah Lembaga Pengelola Zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Indonesia. Sudah berkecimpung dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan social development. Ibadah zakat dengan cara zakat fitrah online sangat mudah diakses dari laman https://donasi.dompetdhuafa.org/.

    Zakat Fitrah Online dari Dompet Dhuafa merupakan bentuk tanggung jawab lembaga zakat untuk menghadapi hambatan dalam menghimpun dan menyalurkan zakat saat terjadinya wabah. Fasilitas Zakat Fitrah Online yang dirilis oleh Dompet Dhuafa mencakup inovasi teknologi QR code, yaitu teknologi tepat guna untuk menghitung zakat dan payment gateway dengan teknik barcode yang dapat diakses melalui smartphone dan gadget.

    Muzaki atau orang yang akan menumaikan ibadah zakat fitrah dapat mengakses Zakat Fitrah Online melalui fasilitas yang terdapat di https://donasi.dompetdhuafa.org/zakatfitrah/. Pogram dari Dompet Dhuafa ini bertemakan Tebar Zakat Fitrah ke Penjuru Negeri. Program ini mencakup pembelian beras terbaik dari petani lokal yang kemudian digunakan untuk zakat fitrah 1441 Hijriyah tahun 2020. Kualitas beras premium dan terbaik.

    Penggunaan form online untuk pembayaran zakat fitrah online di Donasi Dompet Dhuafa sangatlah mudah. Fasilitas dan fitur tampilan menu formulir pengisian sudah diatur dan ditata dengan mobile friendly dan user friendly. Formulir pengisian online berupa menu Pilihan Donasi yang meliputi kolom jenis donasi, kolom pengkhususan donasi, kolom keterangan donasi dan kolom jumlah zakat yang dibayarkan. Metode pembayaran zakat fitrah onlie juga sangat mudah, dengan pilihan transfer mobile banking dan payment platform transaksi pembayaran digital.

    Cara dan Panduan Zakat Fitrah Online ada 6 langkah mudah sebagai berikut :
    https://khairpedia.blogspot.com/2020/04/zakat-fitrah-online-kebaikan-berbagi-di.html
     
Loading...

Share This Page