Berbicara SEO di tahun 2013

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by malohong, Jun 23, 2013.

  1. malohong

    malohong New Member

    Joined:
    Jun 23, 2013
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kepada yang terhormat admin bersosial.com, saya minta ijin share mengenai pengalaman saya dengan SEO. Mungkin ini akan berguna bagi teman-teman yang sedang dilanda kecemasan akan algoritma Google. Kita tahu, belum sampai sebulan ini. Google telah menghabisi akun yang dinilai sebagai SPAM. Akun Google milik saya adalah salah satunya.

    Pengalaman di kontes seo Margahayuland
    Saya punya puluhan blog. Satu saya pakai untuk blog utama, sisanya sebagai blog dummy. Blog utama saya yaitu (infoneosia.blogspot.com). Saya membuat blog tersebut pada awal pebruari 2013. Template asli bawaan blogger, tapi saya oprek lagi sesuka hati saya sekitar tiga harian baru selesai. Karena banyak kegiatan, Pertengahan pebruari baru saya posting artikel dengan nice cerita lucu. Saya update tiap hari sampai dua minggu lamanya. Tentunya juga cari backlink tiap hari.

    Awal Mei, ketemu kontes margahayuland yang hadiahnya sangat besar dibandingkan dengan kontes lainnya. Saya jadi berpikir panjang. Mau ikut nggak ya? kalau ikut, blog saya terbilang baru dan takut kalah bersaing di SERP. kalau nggak ikut, eman-eman. Siapa tahu bisa juara. Setelah saya berpikir selama seminggu, saya putuskan untuk berpartisipasi. Saya start minggu kedua pada bulan mei 2013.

    Ada dua URL yang saya optimasi mulai saat itu. URL yang pertama adalah URL untuk kontes SEO Margahayuland. Dan URL yang kedua adalah URL cerita lucu. Alhamdulillah, URL cerita lucu masuk duluan di page one mesin pencari google dengan keyword: 1) kumpulan cerita lucu terbaru, 2) Kumpulan cerita lucu, 3) Cerita lucu terbaru. Traffik sudah diatas 5000-an lebih perhari dengan banyak variasi keyword yang masuk.

    Pada tanggal 23 Mei, tepat pada update penguin 2.0 kalau gak salah, URL blog saya untuk kontes margahayuland berada pada halaman 1 google search dan diurutan nomer 2. Saya senang bisa unggul diantara peserta lainnya. Tapi, saya cemas takut SERP-nya turun. Sejak itu saya melakukan kegiatan SEO lebih giat lagi. Semangat dan terus semangat.

    Dua hal yang saya lakukan di hari-hari yang mencemaskan itu. Mencari backlink dan menjaga traffik. Selain saya mencari baclink kemana-mana, saya juga banyak promosi URL di sosial media dan media chatting. karena saya berpikir bahwa berada di top 1 itu harus perfect dimata google. Seluruh elemen yang dianggap SEO, wajib saya lakukan. traffik dan backlink menjadi tolok ukur.

    Ternyata jerih payah yang saya lakukan telah membuahkan hasil yang sepadan. Pada waktu penentuan, tepatnya pukul 12.00 WIB tanggal 17 Juni 2013, Posisi URL blog yang saya ikutkan kontes tetap bertahan diurutan ke-dua. urutan pertamanya sih situsnya si penyelenggara. Berarti punya saya dong yang unggul diantara peserta lainnya.

    Lega rasanya. Sorenya saya pergi ke Jember untuk mengantarkan adik saya yang mau ikut ujian tes SNMPTN. Malamnya saya nginap di jember. Pagi tanggal 18 juni saya pulang. Sampai diperjalanan, ada nomor baru yang nelpon. Saya angkat. Ternyata pihak panitia penyelenggara kontes seo margahayuland. Beliau bilang kalau saya adalah salah satu juara. tapi, blog saya dihapus katanya. Saya kaget dan langsung mencari warnet terdekat karena belum nyampek rumah. Setelah saya cek URL-nya, ternyata benar. Posisinya pun terpental.

    Dengan rasa gundah, saya melanjutkan perjalanan pulang. Sampai dirumah langsung OL. Saya log in ke akun google, ternyata juga gak bisa. katanya akunnya dihapus. Wah.. kacau deh. akun yang selama ini menemani saya sudah tinggal kenangan. kalau gmail dan google plusnya sih gak masalah dihapus. tapi 3 blog yang tertaut disana sangat disayangkan. backlink yang saya tanam selama 2 bulan tidak ada gunanya lagi. tapi saya senang masalah URL terhapus sudah clear. pihak margahayuland memberikan solusi.

    Apa penyebab dari Banned Google?
    Jika kita melihat dari pengalaman saya, ada dua hal yang menjadi pokok permasalahan. yang pertama yaitu blog baru dengan backlink banyak. Saya bilang begini karena mempunyai perbandingan. Blog infoneosia.blogspot.com yang berumur kurang lebih tiga bulan memiliki backlink 70%. Dan blog salah satu peserta lainnya (maaf tidak bisa menyebutkan) memiliki backlink 90%. Anehnya, blog yang memiliki backlink lebih banyak dari baklink blog saya tidak ikut kena banned. Dan spekulasi yang kedua, mungkin saya terlalu banyak promosi di sosial media. Kemarin, sekarang, besok, dan selanjutnya selama waktu itu saya melakukan promosi URL yang sama di facebook, twitter, google plus, line, camfrog, dan media lainnya. Saya melakukannya tidak lain karena ingin menjaga stabilitas traffik.

    Jangan terlalu cemas dulu ya, ini hanya pengalaman saya. Mungkin salah mungkin benar. Seandainya teman-teman lainnya yang juga terkena banned ikutan share disini, insyaallah akan ada pencerahan yang mendekati sebab-musababnya.

    lalu, SEO yang bagaimana yang harus dilakukan ke depannya?
    Kalau berbicara SEO. banyak elemen yang harus kita penuhi. Diantaranya yang paling penting adalah mencari backlink. Satu link saja pada suatu situs yang tidak memiliki pagerank pun tetap akan diteruskan asalkan tidak nofollow. Dan satu link pada situs nofollow juga akan tetap dipantau oleh google. Jadi, dalam hal mencari backlink mendingan kita cari yang meneruskan serta yang berpagerank tinggi. Kalau menurut saya, minimal berpagerank 4. karena kalau pagerank 3 dan 2 itu sangat banyak sekali di jangat internet ini. apalagi pagerank 1, malah lebih banyak. perhatikan juga persaman kontennya. meskipun tanpa pagerank, tapi kontennya sama, itu malah lebih bagus. Jangan lupa backlink internalnya juga ya.

    Yang kedua adalah repost. Selain update setidaknya 2 minggu sekali. Repost juga menaikkan SERP. Dua URL yang saya sebutkan diatas bisa berada dipuncak juga karena repost. tapi jangan asal repost ya. edit paragraf pertama dan paragraf terakhir. baru repost. yang penting ada tambahan kata deh.

    Yang ketiga, buatlah pengunjung berlama-lama di blog kita. caranya gimana? Perbanyak posting. Setiap posting harus bermanfaat bagi mereka. Mungkin blog yang dengan nice tertentu lebih mantap dari pada blog yang banyak nice. yah, menurut saya 10 posting itu sudah cukup asalkan per postingnya memiliki konten yang benar-benar diinginkan oleh pengunjung.

    Yang keempat, hindari komentar spam. Mungkin hal ini yang bisa merusak nice yang kita kuasai. Pada URL margahayuland di blog saya terdapat 50 lebih komentar dengan beragam url blognya orang lain. siapa tahu salah satu url blog orang lain yang tertanam di blog kita sudah diincar sejak lama oleh google. Kita nggak tahu kan. takutnya ikutan dijaring. berabe kan.

    yang kelima yaitu duplikat konten. Mau cari backlink berpagerank 9 tapi kontennya terduplikasi, yang ada bukan serpnya mantap. tapi malah K.O. Ingat, jangan sampai dicopas ya. dan jangan ngopas. selain menurunkan SERP, juga bikin hancur pertemanan sesama blogger indonesia.

    konklusinya, lakukanlah secara manusiawi. santai dalam hal SEO. cari backlink gak harus banyak. sehari satu buah saja juga tetap optimis. update pun juga sama. menurut saya update seminggu 1 itu bagus. karena kalau banyak-banyak takutnya bisa-bisa sepengalaman dengan akun google saya. tetap jaga ya keorisinilan dan kualisnya.

    Sampai disini dulu deh penjelasan tentang "Berbicara SEO di tahun 2013" yang pendek ini. Mohon maaf ya, redaksionalnya amburadul. Soalnya saya ngantuk banget sih, dari tadi belajar wordpress self-host. takut ada kontes seo yang besar lagi di tahun berikutnya. soalnya kalo pake blogspot takut terulang lagi pengalaman ini. jadi, mau tidak mau saya harus belajar wordpress deh. salam hangat dari saya ya untuk teman-teman semua. SEO dan Algoritma google itu dinamis - jadi perlu kita pantau setiap waktu.
     
  2. samuel

    samuel Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    478
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    TS salah satu korban google

    TS salah satu korban google penguin ya ternyata, sebelumnya juga sudah banyak yang share penglamannya tentang Penguin 2.0 ini *merokok2*

    btw, selamat datang di Bersosial.com *halo*
     
  3. malohong

    malohong New Member

    Joined:
    Jun 23, 2013
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kalau waktu update penguin 2

    Kalau waktu update penguin 2.0 sih blog saya malah posisinya naik tuh, tapi bertahan hanya 25 hari. setelah itu bukan serpnya aja yang turun. malah akunnya dibanned. salam kenal ya @samuel
     
  4. tedfiz

    tedfiz Member

    Joined:
    Jun 18, 2013
    Messages:
    38
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    8
    waduhhh.... saya jadi rada2

    waduhhh.... saya jadi rada2 khawatir ini... masalahnya sekarang lagi gencar cari backlink, mungkin sebaiknya rhat dulu aja dech....
    *berkeringat*
     
  5. Fahmi

    Fahmi Newbie

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    1,719
    Likes Received:
    159
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wah ceritanya panjang lebar

    wah ceritanya panjang lebar dan lengkap.. salam kenal selamat bergabung dibersosial
     
  6. hijabcd

    hijabcd New Member

    Joined:
    Jun 23, 2013
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Hmm... Berlebihan backlink

    Hmm... Berlebihan backlink tidak boleh ya buat blog baru ? *bingung*
    cari yang sedang2 aja deh *jail*
    omong2 itu kena pinguin atau panda sih ? *bingung*
     
  7. cayun

    cayun Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    661
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    banyak yang ikutan kontes seo

    banyak yang ikutan kontes seo blognya kena hapus google,,, tapi memang banyak faktor yg menyebabkan blog tersebut dihapus *berkeringat*
     
  8. Dan

    Dan Forum Bot

    Joined:
    Dec 4, 2012
    Messages:
    1,316
    Likes Received:
    257
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Selamat datang di bersosial

    Selamat datang di bersosial.com. Mantap sharenya *bagus* ditunggu tips dan trik SEO-nya.
     
  9. Andre

    Andre Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    483
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    google penguin , emang

    google penguin , emang berbahaya *jail*
    Salamt datang juga diBersosial.com *ketawa3*
     
  10. viatekno

    viatekno New Member

    Joined:
    Jun 22, 2013
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    wah mantap nih sharenya di

    wah mantap nih sharenya di tunggu yah tips dan triknya *bagus*
     
  11. malohong

    malohong New Member

    Joined:
    Jun 23, 2013
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    hijabcd wrote:

    Insyaallah begitulah. sepertinya kenak panda dan juga penguin deh. kan tanggal 11 juni update tuh.
     
  12. malohong

    malohong New Member

    Joined:
    Jun 23, 2013
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Dan wrote:

    Makasih Bang admin. isnyaallah kedepannya akan saya share sesuai pengalaman. *malu2*
     
  13. budiw92

    budiw92 Member

    Joined:
    Feb 11, 2013
    Messages:
    725
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    setelah wiwidseo sekarang

    setelah wiwidseo sekarang tambah satu lagi master yang sering menang kontes SEO bergabung di bersosial *hore*
    salam kenal dan di tunggu sharing ilmunya *bagus*
     
  14. satriajogja

    satriajogja Member

    Joined:
    Feb 24, 2013
    Messages:
    348
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Mantab ni ada master SEO.

    Mantab ni ada master SEO. Ditunggu sharing2nya sob *bagus*
     
  15. cayun

    cayun Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    661
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    mantap banget, ditunggu ilmu

    mantap banget, ditunggu ilmu nya *ketawa3*
     
  16. nusaindah

    nusaindah New Member

    Joined:
    Mar 15, 2013
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sharingnya komplit

    Sharingnya komplit plus bumbu-bumbunya, ditunggu tip & triknya yang lain ya gan *bagus*
     
  17. malohong

    malohong New Member

    Joined:
    Jun 23, 2013
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    kanjengdoso wrote:

    kalo nyebarin link di forum tnya jawab milik google kayaknya gak pernah deh. tapi kalo di google plus sering. hehehe
    insyaallah kedepannya saya kasi deh trik seonya.
     
  18. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,369
    Likes Received:
    153
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    penguin emang galak..

    penguin emang galak..
     
  19. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,655
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    curhat yang bermanfaat om

    curhat yang bermanfaat om yadik, btw itu satu akun berapa blog ?
     
  20. malohong

    malohong New Member

    Joined:
    Jun 23, 2013
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    masaiya-chang wrote:

    3 blog
     
Loading...

Share This Page