Fakta & Statistik: Kontes Sosial Media Sebagai Suksesor Iklan Massal

Discussion in 'Online Business' started by Wishpond, Nov 2, 2013.

  1. Wishpond

    Wishpond New Member

    Joined:
    Oct 12, 2013
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wishpond.co.id - Banyak perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia telah memberikan eksposur yang maksimal melalui kontes. Jika Anda simak secara teliti di tahun 2013, jumlah kontes di jejaring sosial dan situs web ini bertebaran layaknya kacang goreng. Selain itu hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan, bahkan jumlah hadiahnya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

    Bagi Anda yang belum memasarkan produk lewat lomba sosial media maupun yang baru mulai terjun ke dunia bisnis online, pastinya anda bertanya-tanya sebenarnya apa saja manfaat menjalankan kontes?

    Apakah dampak positif dari kontes lebih banyak dibandingkan dengan sarana promosi lainnya? Apakah biaya kontes lebih murah jauh ketimbang biaya iklan? Apakah tujuan utama pihak pengada kontes?

    Berikut analisis singkat Wishpond:

    1. Internet dipandang sebagai revolusi media pemasaran.

    Jika dilihat dari segi jangkauan, Internet memang telah terbukti lebih efektif dibandingkan dengan media tradisional lain seperti radio dan media cetak. Mengapa begitu?

    Jumlah pengguna internet di dunia terus bertambah setiap tahunnya termasuk di Tanah Air. Sebuah survei yang diselenggarakan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2013 mencapai 82 juta orang atau 30 persen dari total populasi negara ini.

    Tahun depan angka itu diprediksi naik sekitar 31 persen menjadi 107 juta dan terus tumbuh menjadi 139 juta atau 50 persen total populasi pada 2015. Ini berarti tersedianya celah besar yang dapat dieksploitasi oleh para pebisnis online.

    2. Dominasi hasil organik di mesin pencari Google, Bing & Yahoo

    Sekarang semakin banyak orang yang mencari barang, jasa, ataupun informasi melalui Google maupun mesin pencari populer lainnya. Itulah sebabnya sebuah kontes SEO selalu mengacu kepada mesin pencari terbesar di dunia ini.

    Intinya sudah jelas yaitu promosi gede-gedean. Pada saat kontes berlangsung maka bisa dipastikan indeksasi artikel yang ada di halaman mesin pencari berisi artikel-artikel kontes oleh jutaan peserta.

    Setiap kali ada pemakai search engine memasukkan kata kunci yang sesuai dengan kriteria lomba, maka sudah pasti artikel kontes berisi produk / usaha Anda akan terpampang di hadapan pencari informasi. Jika artikel tersebut di baca berarti pesan bisnis dari produk pengada kontes akan sampai kepada pembaca umum.

    Jangkauan Promosi lewat platform kontes bahkan 1000% lebih ampuh dibandingkan dengan suatu iklan di Televisi yang pada umumnya TIDAK memiliki konteks maupun relevansi yang akurat dengan target audiens mereka

    3. Jumlah pengguna Sosial Media dan Hp yang terus meroket di Tanah Air

    Dilihat dari segi penetrasi sosial media, Indonesia merupakan negara kedua dengan perkembangan pengguna jejaring sosial terbesar di dunia dengan laju pertumbuhan sebesar 51.7%. Selain itu, menurut data dari Popsurvey, Indonesia juga menjadi runner-up dengan persentase mencapai 87,5% konsumsi sosial media dari total pengguna internet di seluruh dunia.

    Karena semakin banyak orang mengakses socmed dari Hp dan semakin mudahnya proses untuk mengikuti kontes jejaring sosial lewat ponsel, tidaklah mengherankan jika platform Hp membuat kontes online Anda cenderung lebih konsumtif dan sering dilihat oleh relasi mereka dan bahkan dibagikan ke teman-teman mereka.

    Hal ini menciptakan brand awareness dengan latar belakang yang solid dan kalau dipikir-pikir LEBIH AMPUH dibandingkan dengan iklan di Tv yang biayanya sangat mahal dan seringkali dicap sebagai sarana promosi yang menjengkelkan bagi sebagian audiens.

    Sebuah riset dari SocialMediaToday menunjukkan 81% orang mengatakan bahwa posting oleh teman-teman mereka di MEDIA SOSIAL mempengaruhi mereka untuk mengikuti kegiatan posting tersebut atau melakukan transaksi. Hal ini mengindikasikan bahwa suatu komunitas (lingkup teman-teman akrab mereka) telah terbentuk dan sahabat mereka kemungkinan besar akan melihat kontes / produk Anda, mengikuti lomba online tersebut dan menyebarkan link kontes ke anggota lainnya.

    Sumber

    Simak artikel menarik di halaman bersosial.com lainnya: 5 Strategi Menjalankan Kontes Facebook untuk Mencapai Tujuan Spesifik
     
  2. Wishpond

    Wishpond New Member

    Joined:
    Oct 12, 2013
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    gamification, reward & kontes lebih efektif

    Kalau ditinjau dari segi jangkauan, ergonomis dan efektifitas, jaman sekarang itu gamification, reward & kontes lebih efektif dibandingkan dengan sarana promosi lainnya.:)
     
  3. Nasucha

    Nasucha Member

    Joined:
    Sep 30, 2013
    Messages:
    28
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kontes susah

    kalo ikut kontes itu susah untuk menang.
    ga tau kenapa
    mungkin saya yang bodoh *mati*
     
  4. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Jangan Menyerah, ambil hikmah untuk kemajuan
     
  5. Devita

    Devita Active Member

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    1,196
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Semangat den kegagalan awal dari keberhasilan
     
  6. exabytes-id

    exabytes-id Member

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    866
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Sekarang banyak smartphone yang dijual murah dengan spek tinggi, ini juga berperan dalam banyaknya pengguna yang sekarang berada di dunia maya
     
  7. Evans

    Evans Member

    Joined:
    Jun 21, 2014
    Messages:
    524
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kontes seo salah satu teknik marketing online yang cepat meningkatkan kepopuleran produk
     
Loading...

Share This Page