Cara Optimasi Seo Onpage Mudah

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by Otongdotcom, Jan 15, 2014.

  1. Otongdotcom

    Otongdotcom Member

    Joined:
    Jul 1, 2013
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Cara Optimasi SEO Onpage

    berikut ini adalah atribut optimasi onpage yang umumnya digunakan:
    • Title tag
    • Meta Description
    • URL
    • Judul Halaman
    • Judul Artikel
    • Sub Judul Dalam Artikel
    • Cetak tebal/miring atau
    • Jika ada gambar, maka harus ada atribut alt

    Sekarang pahami ini. Jika suatu kata tidak mengenakan satupun atribut di atas, maka kata itu tidak penting. Jika suatu kata mengenakan 1-3 atribut di atas, maka kata itu pastilah penting. Jika suatu kata muncul dalam semua atribut di atas, maka sudah pasti kata itulah yang paling penting di halaman itu.... Ibaratnya di lapangan upacara orang ini adalah jenderal besar dengan begitu banyak pangkat melekat di bajunya...

    Jadi saya akan coba membahas masalah onpage ini untuk kedua bagian di atas. Sebelum kita mulai silahkan buka halaman web yang akan saudara nilai onpagenya.... Kalau sudah terbuka, tekan CTRL+U untuk membuka kode sumber dari halaman web tersebut....

    Berikut Penjelasan Cara Optimasi Seo On Page

    1. Pengoptimalan Gambar
    Gambar memang sangat penting dalam sebuah artikel, hal ini bisa dibuktikan bahwa 60% gambar pada artikel berfungsi untuk Mencerminkan Judul Berita tersebut dan 40% hanya Kalimat / Paragraf yang membantu melengkapi Gambar tersebut.
    Maka itu, kita harus mengoptimalkan Sebuah Gambar dengan menambahkan Meta Alt dan Title pada Gambar.

    2. Pengoptimalan Related Post
    Related Post atau dikenal dengan nama Artikel Terkait ini sangat penting sekali karena selain untuk mengurangi Bounce Rate pada blog kita juga bisa menambah Pageviews kita ( Kedua itu saling Berhubungan )
    Jadi buatlah Judul Artikel yang menarik, kalau bisa buat menarik dan rasa penasaran pembaca keluar.

    3. Penambahan Random Article
    Selain Related Post, kita bisa menambahkan Random Article pada Sidebar blog karena juga bisa Mengurangi Bounce Rate dan Menambah Pageviews ( Kedua itu saling Berhubungan )

    4. Pasang Meta Tag
    Pengaruh Meta Tag sangat berpengaruh kepada Blog kita, karena Bot, Spider, Crawler dari Search Engine memasuki Blog anda mulai dari Deteksi Meta Tag tersebut.
    Jadi tak ada salahnya untuk Mencoba Mengoptimalkan Meta Tag kalian hingga Super Seo Friendly.

    5. Anchor Text
    Penggunaan Anchor Text untuk Keyword yang ditembak atau diincar memang sangat penting sekali. Terutama dengan pemberian TitleText. Cara ini sampai sekarang masih dianggap sebagai teknik dasar On Page.

    6. Menggunakan Breadcrumbs
    Menu Navigasi Breadcrumbs ini memudahkan kita untuk membantu Pengelompokan Label terhadap Artikel - Artikel yang ditentukan.

    7. Loading Blog
    Cepat atau Lambat Loading suatu User mengakses ke Halaman Blog kalian juga sangat mempengaruhi juga, karena jika Loading Cepat, nyaman siapa pengunjung yang tidak ingin berlama - lama melihat keindahan Blog anda yang akibat dari Efek Loading Blog Cepat.

    Masih Kurang Jelas?? Baca Ini Juga

    Optimasi SEO Onpage

    POIN SEO ONPAGE TERTINGGI
    Code:
    <head>
    
    ADA DI TITLE TAG
    Code:
    </strong>
    
    Ini hanya ada di bagian
    Code:
    <head>
    
    , dan kodenya adalah....

    Code:
    <title>Isi dari title tag</title>
    

    Yang terpenting adalah apa saja yang bisa saudara isikan pada title tag ini. Harap hati-hati dalam mengisi title tag, karena banyak praktisi SEO yang menganggap bahwa title tag adalah atribut onpage yang terpenting. Ibaratnya atribut kerajaan, maka ini adalah mahkotanya....

    Cara terbaik mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Perlu saudara ketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi.... Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah:
    • JUDUL ARTIKEL saja, atau
    • JUDUL ARTIKEL - NAMA BLOG....
    Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL.... Kecuali blog saudara sudah punya reputasi selangit, mau bagaimana saja terserah.

    META DESCRIPTION
    Ini adalah satu-satunya meta yang menjadi fokus saya (meta robots hanya pada kasus duplikat konten saja). Meta description ini harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:
    • Panjangnya maksimal 150 karakter.
    • Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali
    • Tentu saja mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal....
    Kalau saudara bingung masalah title tag dan meta description, dalam penerapannya di blogspot, bisa baca artikel cara memasang title tag dan meta description. Sekali lagi, ini memegang poin tertinggi di jadi jangan lewatkan optimasi onpage yang satu ini.

    URL
    URL yang baik itu seharusnya berisikan domain/kategori/sub_kategori/judul_artikel. Sebagai contohnya adalah seperti di bawah ini:
    http://www.Contoh.com/buku/komik/onepiece-episode-56.html

    Jadi setiap bagian dengan jelas berisikan kata kunci yang jelas. Sayangnya masih banyak orang yang menyia-nyiakan URL dan membuat URL yang tidak jelas seperti di bawah ini....
    http://www.contohsaja.com/t95673465/name.php?id=3232789q28a988

    URL seperti di atas tidak mengandung keywords, dan benar-benar menyia-nyiakan satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage.
    POIN TINGGI OPTIMASI ONPAGE PADA ADA DI JUDUL HALAMAN
    Judul halaman sudah barang tentu diupayakan mengandung kata kunci yang saudara targetkan, karena bagaimana pun haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik Dynamic Heading, di mana para pembuat blog berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman.

    Poin dari sangat besar di dalam teknik onpage halaman web, jadi bagi saudara yang tidak tahu cara untuk membuat dynamic heading ini silahkan baca artikel cara membuat dynamic heading di blogspot.
    JUDUL ARTIKEL
    Judul artikel kita beri tag h2. Pernah ada yang bertanya apakah nilai onpage tidak berlebih jika judul artikel sama dengan judul halaman? Tentu tidak, karena judul halaman itu h1, dan judul artikel itu h2. Jadi walaupun isinya sama, tapi untuk setiap heading pemunculannya hanya sekali, lagipula selama ini dalam aplikasinya sama sekali tidak ada masalah.

    SUB JUDUL DALAM ARTIKEL
    Ini bisa dikatakan sebagai pelengkap, tapi dalam banyak kasus tambahan ini sangat baik dalam memperkuat onpage. Jadi tidak ada salahnya membuat sub-sub judul dalam pembahasan untuk menegaskan relevansi dari pembahasan saudara.

    CETAK TEBAL/MIRING
    Cetak tebal atau miring juga sangat penting dalam optimasi onpage. Tapi tidak perlu semuanya, cukup pemunculan yang pertama saja yang dicetak tebal atau miring. Kalau terlalu berlebihan juga bisa menggangu pembaca dari halaman tersebut.

    ALT TAG
    Berhubung Google dkk belum bisa mengenali gambar, maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik onpage, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar....
    -------------------------------------
    Kalau saudara sudah menerapkan semua poin di atas, maka itulah yang sering kita katakan sebagai sebuah blog SEO friendly, padahal seharusnya istilah yang kita pakai itu SEARCH ENGINE FRIENDLY, tapi karena pencariannya banyak jadi kita ikuti saja hukum keyword ya

    Sumber http://trikmudahseo.blogspot.com/2013/07/cara-melakukan-optimasi-seo-onpage-pada.html dan http://vipergoy.blogspot.com/2013/09/cara-optimasi-seo-on-page.html
    Saya tulis ulang.. Cara Optimasi Seo Onpage Mudah

    Terima Kasih Semoga Artikel Tentang Cara Optimasi Seo Onpage ini bermanfaat..
     
  2. Mondebutter

    Mondebutter Member

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    345
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  3. Basri

    Basri New Member

    Joined:
    Jan 17, 2014
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Cara Optimasi SEO

    Banyak informasi yang bagus yang kita dapatkan di dunia maya, hanya kita butuh serius dan konsisten menerapkan tips tersebut untuk hasil yang maksimal.

    Info Sehat
    Tips dan Info Sehat
    Obat Tradisional
    penyakit diabetes
    Penyakit Kulit dan Kelamin
    All About Yoga
     
  4. Otongdotcom

    Otongdotcom Member

    Joined:
    Jul 1, 2013
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  5. egelz

    egelz Member

    Joined:
    Jan 5, 2014
    Messages:
    44
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    komentar tidak ada hubungan

    komentar yang sama sekali tidak ada hubungan dengan isi artikel, itu tidak baik. Sama juga dengan spam
     
  6. zaky7

    zaky7 Member

    Joined:
    Jan 19, 2014
    Messages:
    24
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Tips-tips dari agan sudah

    Tips-tips dari agan sudah hampir ane terapin semua di blog ane kecuali yang memasang Random Article, ane ganti dengan Recent Post.
     
  7. rahayu

    rahayu New Member

    Joined:
    Dec 6, 2013
    Messages:
    13
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Fobsic wrote:

    maksudnya kedalaman link itu gimana sih?
    bisa berikan contohnya?

    maklum masih newbie banget neh, pengin belajar juga.. thanks
     
  8. exabytes-id

    exabytes-id Member

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    866
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    replay

    dan jangan lupa sebaik apapun dalam mengoptimasi onpage tetapi tidak di imbangi dengan off page hasilnya akan setengah, baiknya di imbangi dengan optimasi secara off page juga berupa backlink dan lain2.
     
  9. Otongdotcom

    Otongdotcom Member

    Joined:
    Jul 1, 2013
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Bisa gan.

    Sebenernya bisa gan fokus di salah satu aja. on page atau off page.
    untuk onpage minimal harus punya 1000 postingan di blog atau websitenya.
     
  10. zouero

    zouero Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    363
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    lengkap banget

    nah kan kalo lengkap gini enak belajarnya.. Membantu banget buat newbie nih gan
     
  11. Blog_Ardy

    Blog_Ardy New Member

    Joined:
    Feb 2, 2014
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Gitu ya sob, saya cobba duluu

    Gitu ya sob, saya cobba duluu *dingin*
     
  12. xface2

    xface2 Member

    Joined:
    May 15, 2013
    Messages:
    529
    Likes Received:
    44
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    mantep

    infonya mantep tapi ane masih belum paham *mati*
     
  13. rahayu

    rahayu New Member

    Joined:
    Dec 6, 2013
    Messages:
    13
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    ikut nyimak sambil belajar..

    ikut nyimak sambil belajar..

    sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya..
    thanks
     
  14. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,655
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    blog baru butuh waktu

    bukan dari tag deskripsi, blog baru butuh waktu untuk bisa terindex dengan baik oleh mesin pencari, lebih baik dihindari dlu backlink dari luar apalagi dengan anchor text.
     
  15. Turdas

    Turdas New Member

    Joined:
    Mar 19, 2014
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Good Tips gan

    tips yg sgt detal sekali gan makasih. tp ada 1 pertanyaan gan apakah kata yg cetak miring ada link nya bermasalah g gan?
    solanya ane msh bingung dr pendapat org yg beda2 gan

    supliyer sepatu ssepatuonline17.com
     
  16. Otongdotcom

    Otongdotcom Member

    Joined:
    Jul 1, 2013
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  17. jualabon

    jualabon New Member

    Joined:
    Feb 19, 2014
    Messages:
    81
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Google+:
    Terimakasih Gan.

    Terimakasih Gan. Penjelasannya lengkap juga. Ane lagi semangat nih belajar seo-nya.
     
  18. Otongdotcom

    Otongdotcom Member

    Joined:
    Jul 1, 2013
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Yaps

    Yaps sama sama gan.. Belajar dan terus belajar..
     
  19. madguyz

    madguyz New Member

    Joined:
    Mar 10, 2014
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    SEO emang kadang banyak

    SEO emang kadang banyak keanehan (misteri) juga ya Om, kadang metanya berantakan tapi karna artikelnya unik dan bagus bisa nangkring berlama-lama paling atas di SERP
     
Loading...

Share This Page