Sejarah Hari Valentine

Discussion in 'General Lifestyle' started by ghame, Feb 1, 2014.

  1. ghame

    ghame New Member

    Joined:
    Jan 28, 2014
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Pasti banyak sudah tau tentang yang satu ini...
    Sekilas flashback dan asal usulnya tentang Valentine...

    #Checkthisout


    Apa itu Hari Valentine? atau Valentine's Day?

    Menurut wiki dan beberapa sumber Valentine's Day adalah Sebuah hari dimana sepasang kekasih ataupun mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya, disebut juga sebagai Hari Kasih Sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari.

    Kencan pada hari Valentine dianggap sebagai kencan yang lebih serius dan special dibanding hari-hari biasa dan bisa jadi kencan pada hari Valentine merujuk ke sesuatu ikatan yang lebih serius misalnya "Jadian Pacaran" ataupun "Menikah".

    [​IMG]

    Pada abad ke-20 di Amerika Serikat dan beberapa wilayah dunia bagian barat lainnya Hari Valentine ini menjadi hari raya terbesar kedua setelah Natal dikarenakan banyaknya kartu-kartu ucapan yang dikirimkan dan diperkirakan hampir 85% pembeli dan pengirimnya adalah wanita.

    Hari Valentine merupakan hari Percintaan atau hari Kasih Sayang yang ditujukan bukan hanya kepada pacar ataupun kekasih (suami atau istri bagi yang sudah menikah), tetapi juga hari untuk semua sahabat, kerabat, dan semua orang. Di negara-negara bagian barat Hari Valentine ini diasosiasikan dengan ucapan umum cinta platonik "Happy Valentine's", yang bisa diucapkan oleh siapa saja kepada siapa saja contohnya pria kepada teman wanita ataupun teman pria kepada teman prianya, dan teman wanita kepada teman wanitanya atau teman prianya.


    Sejarah Hari Valentine

    Menurut "Catholic Encyclopaedia" Hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari ini adalah hari peringatan bagi "Santo Valentinus". Hari ini ditetapkan oleh Paus Gelasius I, seorang Paus Gereja Katolik Roma sejak tahun 492 hingga 19 November 496. Dalam sejarah Katolik, ia dikenal sebagai paus yang berasal dari Afrika (tepatnya Kabilia). Sebelum menjabat sebagai Paus, Gelasius bekerja di bawah pendahulunya, Paus Felix III, khususnya dalam membuat konsep dokumen-dokumen ke-Pausan.

    Sedangkan "Santo Valentinus" sendiri adalah seorang Pastur dan Uskup yang termasuk salah satu dari tiga orang suci pada masa Romawi Kuno. Pada tahun 280 Santo Valentinus di penggal kepalanya oleh "Kaisar Claudius" karena menolak untuk menangkal keberadaan Yesus Kristus lalu mayatnya dikubur di Santo Hyppolytus dia Via Tibertinus dekat kota Roma.

    Catatan pertama yang menghubungkan Hari Valentine dengan Hari Peringatan Santo Valentinus adalah pada abad ke-14 di Inggris dan Perancis, di mana dipercayai bahwa 14 Februari adalah hari ketika burung mencari pasangan untuk kawin. Kepercayaan ini ditulis pada karya sang sastrawan Inggris pertengahan ternama "Geoffrey Chaucer" pada abad ke-14. Ia menulis di cerita Parlement of Foules (Percakapan Burung-Burung) bahwa


    Pada zaman itu bagi para pencinta sudah lazim untuk bertukaran catatan pada hari valentine dan memanggil pasangan mereka dengan sebutan "Valentine mereka". Sebuah kartu Valentine yang berasal dari abad ke-14 konon merupakan bagian dari koleksi pernaskahan Perpustakaan Britania di London (Salah satu perpustakaan terbesar di dunia dalam jumlah barang koleksi). Kemungkinan besar banyak legenda-legenda mengenai Santo Valentinus diciptakan pada zaman ini. Beberapa di antaranya bercerita bahwa:


    Pada kebanyakan versi legenda-legenda ini, 14 Februari dihubungkan dengan keguguran Santo Valentinus sebagai orang suci dalam ajaran Katolik (Martir).


    Valentine Saat ini

    Di Amerika dan beberapa negara bagian barat Hari Valentine juga dikaitkan dengan "The St. Valentine's Day Massacre" atau Pembantaian dihari Valentine, yaitu sebuah peristiwa penembakan tujuh anggota gangster Mafia yang dikenal dengan nama Bugs Moran secara kejam. Peristiwa itu terjadi di salah satu kota bagian terbesar Amerika, Chicago pada 14 Februari 1929.


    [​IMG]

    Di Asia khususnya Jepang, Hari Valentine muncul sebagai hari di mana para wanita memberi permen cokelat kepada Pria yang mereka senangi. Namun hal ini tidaklah dilakukan secara sukarela melainkan menjadi sebuah kewajiban, terutama bagi mereka yang bekerja di kantor-kantor. Mereka memberi cokelat kepada para teman kerja pria mereka, kadangkala dengan biaya yang cukup besar. Cokelat ini disebut sebagai "Giri-choko", dari kata giri (kewajiban) dan choco (cokelat). Lalu berkat usaha para marketing disana, muncul lagi sebuah hari balasan, disebut “Hari Putih”(White Day) pada tanggal 14 Maret, pria yang sudah mendapat cokelat pada hari Valentine diharapkan memberi sesuatu kembali di hari ini.

    [​IMG]

    Di Indonesia, budaya bertukaran surat dan ucapan antar pasangan kekasih juga mulai muncul. Budaya ini menjadi budaya populer di kalangan remaja sampai orang dewasa. Bentuk perayaannya bermacam-macam, mulai dari saling berbagi kasih sayang dengan pasangan, orang tua, orang-orang yang kurang beruntung secara materi, ataupun mengunjungi panti asuhan sebagai salah satu tempat yang sangat membutuhkan kasih sayang dari sesama manusia. Pertokoan dan media (stasiun TV, radio, dan majalah remaja) terutama di kota-kota besar di Indonesia juga semakin marak mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan valentine.

    Info ini ane usahain untuk diupdate dan diperbaiki jika ada kesalahan :D
    Maaf klo Repost
    - Newbie -

    Sumber 1
    Sumber 2
     
  2. iskandar22

    iskandar22 Member

    Joined:
    Sep 26, 2013
    Messages:
    802
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    sebnarnya sudah banyak yang

    sebnarnya sudah banyak yang membahas masalah ini, namun sepertinya budaya valentine sudah sangat melekat pada kaum muda, perlu perhatian serius dari orang tua bahkan pemerintah untuk menangani masalah ini. menurut saya *keren1*
     
  3. ghame

    ghame New Member

    Joined:
    Jan 28, 2014
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    iskandar22 wrote:

    setuju Gan ...
    jaman sekarang moment valenting sering dipake untuk hal negatif ... salah satunya klo jaman ane dulu (moment setor keper**anan /tepokjitad)
     
  4. Raka

    Raka Member

    Joined:
    Jan 20, 2014
    Messages:
    105
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Buat hari valentine, siap

    Buat hari valentine, siap-siap buat para jones *jail*
     
Loading...

Share This Page