7 Ide-Ide Permainan Anak SD Di Dalam Kelas

Discussion in 'Education' started by IndriMaya12, Jul 18, 2018.

  1. IndriMaya12

    IndriMaya12 Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    111
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18

    Bermain
    adalah salah satu cara guru untuk mendidik anak-anak di kelasnya. Banyak sekali permainan anak sd di dalam kelas yang bisa diberikan kepada anak-anak. Nah bunda juga mengintip beberapa permainan ini untuk dimainkan pada saat acara keluarga agar anak dan juga keponakan-keponakan bisa semakin akrab satu sama lain. Simak yuk.

    1. Simon Berkata

    Di dalam permainan pilihlah satu orang atau bunda sendiri untuk menjadi “Simon”. Selanjutnya, si kecil harus melakukan apa saja yang dikatakan Simon. Dan dia selalu harus memulai perintahnya dengan kalimat “Simon berkata”, misalkan pegang telinga. Bila anak-anak lainnya tidak memegang telinga, maka di keluar dari permainan. Bunda juga bisa membuatnya lebih seru dengan memberikan perintah tanpa ada kalimat “Simon berkata”. Permainan anak yang mendidik ini akan membuat si kecil menjadi fokus dan teliti.

    2. Pencarian Harta Karun

    Pencarian harta karun ini sangat mudah dilakukan. Bunda perlu menyiapkan daftar dan benda-benda untuk disembunyikan di suatu area tertentu. Bunda bisa menuliskan daftarnya dan berkata barang yang mereka temukan bisa menjadi milik mereka. Untuk anak-anak yang usianya lebih besar, bunda bisa meninggalkan jejak-jejak agar si kecil bisa mencari tahu di mana harta karun mereka berada.

    3. Kentang Panas

    Ok, permainan yang satu ini pastinya seru bagi anak-anak. Bunda bisa mengambil bola lembut atau kaos kaki yang telah digulung dan melemparkan ke si kecil. Minta mereka untuk meleparkan bola itu secepat mungkin ke temannya secepat mungkin dan percayalah, mereka pasti tidak mau berhenti memainkannya.

    4. Petak Umpet

    Game tertua ini sudah tahu donk cara bermainnya. Biarpun tua, permainan anak yang mendidik satu ini memang mengundang keinginan eksploratif.Bila si kecil masih muda, bunda bisa menentukan area bermainnya dan biarkan temannya mencari teman-teman yang hilang. Untuk anak yang lebih gede, bunda bisa meminta anak-anak bersembunyi ke dalam sebuah area yang gelap dan setelah itu ajak anak yang mencari di ruangan tersebut dalam keadaan gelap. Bunda bisa menyetel lagu yang agak horor untuk membuat suasana semakin menakutkan. Oh ya, pastikan tidak ada anak-anak yang phobia kegelapan yak.

    5. Para Bebek dan Angsa

    Permainan yang satu ini membutuhkan minimal 6 anak untuk bermain. Pilihlah satu anak untuk menjadi angsa. Anak-anak yang lain perlu duduk melingkar. Si angsa akan berjalan ke lingkaran tersebut dan menyentuh kepala salah satu anak dan berkata “bebek”. Hal ini dilakukan berkali-kali sampai dia perlu menyentuh kepala salah seorang anak dan berkata “angsa.” Selanjutnya angsa yang pertama kudu berlari melingkar para anak-anak lain agar terhindar dari tepukan angsa kedua lalu berhasil menempati kursi angsa kedua yang tadi. Ada dua kemungkinan yang bakal terjadi: Angsa pertama mendapat tempat duduk dan akhirnya menjadi bebek. Atau angsa yang pertama berhasil ditepuk angsa kedua sebelum menempati tempat duduk dan angsa kedua kembali menjadi bebek.

    6. Karakter Binatang

    Permainan anak yang mendidik ini cukup seru. Sebelum bermain, bunda bisa print berbagai karakter binatang lalu memotongnya. Lipat lalu menaruh gambar karakter itu di dalam keranjang. Permainan dimulai dengan salah seorang anak mengambil kertas tersebut. Si kecil lalu harus memperagakan binatang tersebut tanpa bersuara dan anak-anak lainnya harus menebak. Setelah berhasil tertebak, anak yang lain harus mengambil kertas tersebut dan memperagakannya terus menerus. Jadi semakin mengenal binatang bukan?

    7. Bola Basket

    Bunda perlu membuat beberapa bola dari kaos kaki dan ambil ember-ember kecil. Setelah itu si kecil bisa secara bergilir untuk melemparkan bola ke dalam ember untuk mendapatkan nilai. Untuk mengajarkan berani ambil resiko, bunda bisa menyusun ember itu dengan jarak yang berbeda dari tempat anak melampar. Semakin jauh dia melempar, semakin dia mendapatkan poin.

    Permainan Anak SD Di Dalam Kelas sudah bisa bunda pratekkan dan bagikan ke bunda-bunda lain yang butuh ide bagus untuk acara pesta anak. Selamat mencoba!
     
  2. wini hamidah

    wini hamidah Member

    Joined:
    Jul 22, 2018
    Messages:
    48
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    wah ide bagus ya jangan sampai deh challenge yang aneh2 dimainin anak2
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Apakah zaman sekarang masih dimainkan ya? seru ngebayanginnya, kalau lihat anak sekarang, Ga ditempat main, ga dirumah, pada sibuk main hp aja
     
  4. wini hamidah

    wini hamidah Member

    Joined:
    Jul 22, 2018
    Messages:
    48
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    iya memang benar anak2 sekarang malas keluar rumah dan malah main hp saja
     
Loading...

Share This Page