10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Yang Sangat Fenomenal

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by Arif muhammad, Apr 8, 2016.

  1. Arif muhammad

    Arif muhammad Member

    Joined:
    Feb 2, 2016
    Messages:
    74
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    Tahukah kamu bahwa di dunia ini terdapat lukisan-lukisan fenomenal yang dapat menginspirasi kamu untuk menjadi pelukis profesional generasi penerus bangsa. Selain hasil karya lukisan yang indah dari nenek moyang kita, kamu pun dapat mempelajari objek-objek pada lukisan-lukisan terkenal ini yang dilengkapi dengan sedikit sejarah dikemas untuk menarik minat seni kamu. Apa saja lukisan terkenal didunia yang masih diperbincangkan hingga sekarang?

    10 Lukisan Paling Terkenal Didunia :

    1. From the Lake
    [​IMG]

    From the lake adalah salah satu lukisan yang dibuat oleh Georgia O’Keeffe pada tahun 1924. Georgia menghabiskan waktunya di Danau Geroge untuk melukis beberapa karyanya salah satu hasilnya adalah From the Lake. Pada lukisan ini terlihat sebuah ombak dengan warna yang dikombinasikan sedemikian rupa sehingga mirip sebuah lukisan abstrak. Susunan warnanya sangat dinamis, terpampang dalam segi abstrak yang diambil dari keadaan alam yang sebenarnya. Objek yang dilihat George diaplikasikan pada sebuah kuas oleh George dengan gaya melukisnya, sehingga terbentuklah lukisan from the Lake.

    2. The Persistence of Memory
    [​IMG]

    Lukisan ini dibuat pada tahun 1931 oleh Salvador Dali seniman asal Spanyol, seorang pelukis Surealisme yang sangat terkenal. Dalam lukisan ini Dali menggambarkan beberapa arloji saku lebur. Lukisan ini beraliran surealisme, dimana objek diambil dari mimpi atau imajinasi lalu diaplikasikan pada sebuah gambar, terlihat bentuk jam dinding yang dilenturkan, dengan sebuah bangkai. Setiap membuat lukisan, Salvador menulis “saya adalah orang pertama yang sering terkejut dengan lukisan yang saya buat di atas kanvas saya, saya menggambar bukan karena pilihan, tapi keinginan alam bawah sadar saya yaitu impian saya”. Seorang pelukis Surealisme, biasanya berimajinasi tinggi, mereka tidak menggambarkan suatu objek dari dunia nyata, itulah keunikan lukisan Dali.

    3. The Dream
    [​IMG]

    The Dream dibuat oleh Pablo Picasso, seorang seniman dari Spanyol yang lahir pada tahun 1881 di kota Malaga. Picasso telah membuat sekitar 20.000 karya sepanjang hidupnya, dengan salah satu karya legendaris yaitu The Dream. Lukisan yang dibuat dengan aliran Kubisme, dimana suatu objek yang digambarnya berbentuk seperti kumpulan segiempat, kubus, segitika, kerucut, dan lingkaran. Picasso adalah salah satu pelopor pertama aliran kubisme, bersama dengan seniman lain bernama Braque. Pada lukisannya The Dream, Picasso membuat objek seorang wanita berumur 24 tahun yang sedang tertidur pulas disofa. Lukisan ini dibuat pada tahun 1932, lukisan ini sempat dibeli pada tahun 1941 oleh Victor dan Sally Ganz dengan harga $ 7000, dan ketika mereka meninggal, lukisan Picasso dijual kembali pada tahun 1997 dengan harga fantastik, yaitu $ 48.400.000 atau senilai 605.000.000.000 rupiah.

    4. Corner of The Garden at Montgeron
    [​IMG]

    Lukisan ini dibuat oleh Claude Monet pada tahun 1877. Pelukis ini dikenal seorang impresionis klasik. Lukisan yang dibuat diambil dari alam, taman, pohon dan air yang mengalir tampak begitu hidup. Inilah yang tujuan seorang pelukis impresionis, memberikan sudut gambar yang sama dengan kenyataan alam. Agar penikmat lukisan ini mengira bahwa lukisan itu hidup. Perpaduan warna dalam lukisan Cornor of the garden ini sangat pas, warna merah untuk bunganya sangat cocok sekali, daun kering diwarnai dengan warna hijau kekuning-kuningan, efek cahaya pada air pun diaplikasikan dengan warna putih dan biru, sehingga berkesan nyata, setiap objek terkecil dilukis sedemikian rupa oleh Claude Monet. Tidak aneh, lukisan ini terlihat begitu nyata. Mau menjadi seniman beraliran impresionis?

    5. Cafe Terrace at Night
    [​IMG]

    Lukisan ini dibuat pada tahun 1888 oleh pelukis terkenal bernama Vincent Van Gogh, seniman yang berasal dari Belanda. Lukisan ini, diambil dari sebuah Kafe, dimana ada beberapa orang didalamnya yang sedang duduk meminum secangkir kopi, diterangi dengan lampu, disertai langit malam yang biru disertai bintang-bintang. Ini adalah lukisan pertama Van Gogh, yang digambar dengan warna-warna kontras, dimana warna pada teras kafe tersebut bertentangan dengan warna langit yang gelap, warna lantai yang smoot tidak cocok dengan warna mejanya. Namun disinilah keunikan lukisan tersebut. Lewat lukisan ini Van Gogh mengirim surat untuk adiknya yang berisikan ” disinilah kamu akan melihat malam yang tidak terlihat gelap, kamu akan lihat awan berwarna biru yang sangat indah”.

    6. Girl with a Pearl Earring
    [​IMG]

    Lukisan ini dibuat oleh Johannes Vermeer pada tahun 1665. Lukisan ini ditanda tangani oleh IVmeer, namun tidak ada tanggal pembuatannya hingga sampai sekarang menjadi misteri, namun adapun anggapan bahwa lukisan ini bukan bertujuan untuk dijadikan sebuah potrait. Dipercayai bahwa gadis dalam lukisan ini adalah putri sulung dari Vermeer. Sesuai namanya, seorang gadis dengan mutiara anting dan sorban menutupi rambutnya. Lukisan ini sering dianggap Mona Lisanya Negara Belanda, karena ekspresi yang dihasilkan oleh mata dengan mulut sedikit terbuka menjadi sebuah misteri. Sebagian orang mengatakan bahwa anting yang digunakan oleh gadis itu bukan anting mutiara melainkan seperti timah.

    7. Luncheon of the Boating Party
    [​IMG]

    Lukisan ini dibuat oleh Pierre Auguste Renoir pada tahun 1875. Lukisan ini menggambarkan sekelompok masyarakat Prancis yang sedang berbahagia, terdapat jamuan minuman anggur, dan sekumpulan orang-orang Prancis, dimana terdapat oang dari berbagai kelas, mulai dari seniman, kritikus, penjahit, karyawan toko hingga pengusaha mengumpul di tempat itu. Tempat yang digambar adalah tempat bersantai di sebuah balkon yang menghadap ke Sungai Seine. Pada saat itu masyarat Prancis berbondong-bondong menyewa perahu kecil, membeli makanan dan menyewa tempat untuk menginap. Lukisan sempat dijual pada tahun 1923 dengan harga $ 125.000.

    8. The Kiss
    [​IMG]

    Lukisan ini dibuat pada tahun 1907 oleh Gustav Klimt seorang master Vienna. Objek yang terdapat pada lukisan adalah seorang pria yang mencium pipi seorang gadis yang dikelilingi selimut emas. Secara luas, lukisan ini termasuk karya lukis para periode awal, dimana didalamnya terdapat bentuk-bentuk organik. Uniknya sebelum menggambarkan lukisan ini Klimt menerima cemoohan dari berbagai pihak karena karyanya di anggap sebagai unsur pornografi. Namun hal itu tidak membuat Klimt putus asa, ia selalu berkarya dengan gayanya, suatu saat ia berfikir apa dia terlalu tua, terlalu bodoh atau terlalu gugup ketika membuat lukisan-lukisannya. Tak lama kemudian ia membuat beberapa karya yang paling terkenal dan legendaris salah satunya “The Kiss”.

    9. Starry Night
    [​IMG]

    Lukisan yang berisikan keindahan malam dengan beberapa bangunan didalamnya sangat menarik perhatian, lukisan ini terkesan klasik dengan warna yang indah pada langit-langitnya. Sedangkan, menara gelap yang membentang ke langit-langit adalah sebuah pohon cemara yang dapat dikaitkan pada sebuah kematian dan pemakaman. Van Gogh pun berkata ” melihat bintang-bintang yang jatuh membuat saya bermimpi, tidakkah seharusnya titik terang dilangit bisa di akses menjadi titik gelap? Seperti ketika kita naik kereta bagai menuju kematian untuk mencapai bintang-bintang”.

    10. Mona Lisa
    [​IMG]

    Siapa yang tidak kenal lukisan Mona Lisa? Salah satu lukisan paling fenomenal dengan sejuta misteri. Mona Lisa dibuat pada abad ke-16 tepatnya pada tahun 1503 oleh Leonardo Da Vinci, salah seorang seniman terkenal dan legendaris. Kata Mona Lisa diambil dari bahasa Itali yang artinya Nyonya Lisa. Dimana pada lukisan ini terdapat objek seorang wanita yang sedang menatap dengan senyuman penuh misteri, ekspresi senyuman yang ditebarkan oleh Mona Lisa hingga sekarang masih diperbincangkan. Ada yang mengatakan bahwa Mona Lisa itu adalah objek Leonardo Da Vinci sendiri, namun beberapa pakar penelitian mengatakan bahwa Mona Lisa adalah seorang putri bangsawan Milanese. Jika kita selidiki lebih dalam, senyuman dari mulut manis monalisa ternyata bukan sebuah senyuman, mulutnya yang tipis hanya mengkerutkan sedikit bibirnya sehingga terlihat seperti senyum. Bagaimanakah menurut anda?

    Sumber
     
    lasealwin likes this.
  2. flashlagu

    flashlagu New Member

    Joined:
    Mar 27, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Semua lukisannya bagus, terutama no 7 kalo ane ;)
     
  3. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,068
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
    cuman pendapat aja, bukan sok pinter ya....
    lukisan itu bagus, karena melampaui kemampuan pelukis di jamannya...
    Kalau di lihat pada jaman sekarang, malah terlihat aneh...
    karena teknologi melukis udah sangat berkembang....
     
  4. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Ijin copas beberapa yang bagusnya teman.
    Salam seniman Indonesia
     
  5. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    635
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Ane sih gak ngerti seni gan, kata ane lukisan nya kayak lukisan anak kecil.. ane gatau nilai bagus engganya dari mana yaa *bingung*
     
  6. Paradokskata

    Paradokskata New Member

    Joined:
    Apr 18, 2016
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Google+:
    Bagus-bagus ya gan lukisannya, mantap
     
  7. stefan one

    stefan one Member

    Joined:
    Oct 13, 2015
    Messages:
    156
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
  8. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Ane paling suka sama ini, bagus *cinta*
     
  9. Vivien Cheong

    Vivien Cheong Member

    Joined:
    Jun 13, 2016
    Messages:
    99
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page