Faktor Penyebab Asam Urat

Discussion in 'Health & Medical' started by Achmad Try, Feb 17, 2017.

Tags:
  1. Achmad Try

    Achmad Try Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    850
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    28
    Menghindari faktor penyebab asam urat memang tujuannya bukan untuk mengobati penyakit tersebut, tapi hal tersebut dapat membantu mengendalikan serangan penyakit asam urat.

    Secara umum ada beberapa faktor penyebab penyakit asam urat. Apabila barat badan berlebih atau obesitas, maka dengan mengurangi berat badan berlebih adalah langkah utama dalam menangani penyakit asam urat. Selain itu, apabila anda memang berpotensi bisa terkena penyakit asam urat, maka sebaiknya anda mulai membatasi diri dari konsumsi hal-hal berikut ini :

    Minuman Keras

    Ada banyak jenis minuman keras, misalnya bir atau minuman yang mengandung alkohol dan semua minuman keras tersebut dapat memicu tingginya kadar asam urat. Salah satu minuman yang mengandung alkohol tapi tidak sebabkan kadar asam urat naik adalah wine. Coba cek saja di google, karena bisa saja saya salah info.

    Selain itu, minuman keras bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga kemampuan ginjal untuk membuang limbah asam urat menjadi berkurang. Maka apabila anda kurang minum air, hal tersebut bisa tingkatkan risiko serangan penyakit asam urat.

    Makanan Dengan Kadar Purin Tinggi

    Makanan yang banyak mengandung kadar purin tinggi bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Purin sendiri merupakan bahan alami dalam makanan dan saat diproses oleh tubuh akan menjadi asam urat.

    Makanan yang banyak mengandung zat atau kadar purin tinggi adalah makanan yang mengandung banyak protein tinggi seperti daging merah, hidangan laut dan sayuran hijau seperti sayur bayam. Sebaiknya anda batasi konsumsi makanan tersebut.

    Minuman Tinggi Gula

    Minuman yang banyak mengandung gula seperti minuman ringan dalam kemasan memiliki kadar gula fruktosa yang tinggi. Kadar gula sendiri merupakan karbohidrat yang bisa memicu naiknya berat badan, hal ini sama seperti roti putih atau mi instan yang terbuat dari tepung dan memiliki karbohidrat tinggi yang bisa sebabkan berat badan naik. Kelebihan berat badan sendiri bisa sebabkan seseorang terkena asam urat, maka sebaiknya anda konsumsi karbohidrat kompleks yang sehat dan disertai dengan makanan yang mengandung serat tinggi.

    Obat Tertentu

    Beberapa obat tertentu seperti obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau gagal jantung memiliki efek samping yang bisa memicu naiknya kadar asam urat. Obat yang bisa memicu kadar asam urat naik adalah beta-blockers, diuretik, aspirin dan siklosporina. Maka untuk penderita asam urat sebaiknya anda jangan sembarangan membeli obat asam urat di apotik tanpa resep dari dokter, sebaiknya anda konsultasi kan dulu untuk mendapatkan resep obat dari dokter.

    Prosedur Medis atau Penyakit

    Memang jarang terjadi, tapi suatu penyakit atau prosedur medis seperti operasi bisa membuat kadar asam urat seseorang naik. Hal ini terjadi karena pasien yang terkena penyakit atau sedang menjalani prosedur medis seperti operasi sedang stres.

    Faktor penyebab serangan asam urat bisa berbeda pada setiap orangnya. Ada beberapa orang yang bisa menurunkan kadar asam urat dengan mengurangi satu jenis makanan, tapi ada juga yang harus melakukan lebih banyak hal. Setidaknya dengan mengetahui beberapa faktor penyebab asam urat yang telah saya sampaikan di atas bisa membuat anda lebih hati-hati dalam menjalani hidup agar menjadi lebih sehat dan nyaman.
     
  2. Salmander24

    Salmander24 Member

    Joined:
    Nov 11, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page