10 Tips membeli Sofa yang baik dan benar

Discussion in 'Arsitektur' started by Arneld Jansen Sofli, Apr 25, 2016.

  1. Arneld Jansen Sofli

    Arneld Jansen Sofli New Member

    Joined:
    Apr 21, 2016
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    upload_2016-4-25_14-56-55.png
    Membeli furniture dengan harga terjangkau dengan kualitas yang baik itulah yang dicari banyak orang. Tetapi terkadang menjadi sebuah masalah karena banyaknya berbagai pilihan jenis dan fungsi dari barang-barang tersebut. Misalkan sofa, kebanyakan orang terkadang mengalami kekeliruan dalam membeli sofa. Terkadang mereka membeli dengan ukuran, model, dan bentuk yang tidak sesuai dengan ruang di rumahnya. Malah terkadang mereka harus merogoh kantong lebih dalam hanya untuk mendapatkan sesuatu yang belum tentu akan sangat berguna untuk mereka. Dalam hal itu, dibawah ini adalah cara membeli sofa yang baik dan tepat untuk kebutuhan rumah Anda.


    1.Frame atau rangka dari sebuah sofa
    upload_2016-4-25_14-57-18.png
    Kerangka sofa merupakan fondasi yang menunjukan seberapa kuat sofa itu. Jika saat digunakan atau digoyangkan terasa sangat goyah dan berbunyi, itu membuktikan bahwa sofa tersebut kurang kuat dan tidak akan tahan lama. Sedangkan jika sofa itu tidak goyah dan berbunyi, maka sofa tersebut terbukti kuat dan akan tahan lama.

    Dan pastikan juga jika menggunakan kerangka besi ataupun kayu, pastikan bahwa sudut / edge dari rangka-rangka itu bersudut tumpul.


    2. Penyambungan kerangka kayu
    upload_2016-4-25_14-57-26.png
    Kerangka sebuah sofa haruslah tersambung dengan pola yang saling menjepit kuat. Jika hanya saling direkatkan satu sama lain dengan menggunakan lem dan perekat sejenis, maka dapat dipastikan sambungan seperti itu tidak akan tahan lama dan mudah lepas.


    3. Keempukan sofa

    Sofa yang nyaman bukan hanya berarti sofa yang empuk. Penggunaan spring pada sofa membuatnya lebih nyaman untuk diduduki. Tapi bukan berarti sofa tanpa spring tidak. Tentu dengan atau tanpa spring terlihat sangat berbeda, terutama dari segi harga. Sofa yang menggunakan spring rata-rata memiliki harga ynag lebih mahal dibandingkan dengan yang tidak. Tetapi kalau dari segi kebutuhan untuk ruangan, sofa yang sangat empuk dan soft lebih cocok untuk diletakan di ruang keluarga, sedangkan sofa yang nyaman tetapi tidak terlalu empuk dapat diletakan pada ruang tamu.


    4. Ukuran
    upload_2016-4-25_15-1-30.png

    Anda harus memerhatikan ukuran sofa yang akan Anda beli dengan kebutuhan dan space yang tersedia di rumah Anda. Jika Anda membeli sofa 3-seater untuk sebuah apartement minimalis, itu hanya akan membuat Anda kehilangan banyak space.

    Perhatikan juga ketinggian punggung sofa, jangan biarkan pandangan Anda terganggu oleh sofa yang memiliki ketinggian pungung di atas rata-rata. Carilah sofa dengan ukuran standart dan berkonsep.

    Tinggi tempat duduk sofa juga harus pas. Pada saat duduk, kaki tidak boleh sampai menggantung. Dan juga kedalaman sofa juga harus cukup untuk menampung seluruh badan saat duduk.


    5. Bahan yang digunakan
    upload_2016-4-25_15-1-55.png
    Penampilan sebuah sofa tidak hanya dilihat dari bentuknya, tetapi dalam hal detail, sofa harus memiliki kain atau bahan yang baik. Sofa yang menggunakan katun atau kain linen lebih mudah untuk dibersihkan dan juga memiliki harga yang relatif murah. Tetapi sofa yang terbuat dari bahan kulit akan lebih tahan lama dan tentunya dengan harga yang juga tinggi. Beberapa sofa juga ada yang menggunakan bahan polyster.

    6. Fungsi dari sofa

    Kebanyakan orang menggunakan sofa untuk menerima tamu yang berkunjung ke rumah, tetapi tidak sedikit pula yang menggunakan sofa hanya untuk bersantai sendiri ataupun dengan keluarga. Jadi saat Anda akan membeli sebuah sofa, akan dijadikan apa sofa yang akan Anda beli. Apakah hanya untuk pajangan di rumah? Atau memang untuk digunakan sepenuhnya?



    7. Sofa multifungsi

    upload_2016-4-25_14-58-21.png

    Zaman sekarang sudah banyak sofa yang yang dapat beralih fungsinya. Mulai dari sofa yang dapat menjadi tempat tidur, sampai sofa yang total package alias All-in-One. Tapi apakah Anda benar semua itu akan berfungsi untuk kehidupan Anda?

    Jika Anda memiliki ruangan yang kecil tetapi ingin memiliki banyk parabotan, tidak ada salahnya jika menggunakan sofa yang dapat mewakili segala fungsi dari parabot lain. Tetapi jika Anda memiliki rumah atau tempat yang cukup besar, cobalah menggunakan sofa yang dapat menjadi tempat bermain yang aman dan nyaman untuk buah hati Anda.




    8 Serasikan konsep ruangan dengan sofa yang akan Anda beli


    Jika bicara soal konsep, vintage, minimalis, industrialis, modern, futuristic, dan masih banyak lagi. Semua itu adalah sebagian kecil dari konsep yang dapat diaplikasikan. Sesuaikan warna sofa atau barang apapun dengan nuansa konsep yang Anda. Selain warna, motif dan modelnya juga harus disesuikan.



    9. Harga yang ditawarkan

    upload_2016-4-25_15-2-31.png
    Jenis yang sama, model yang sama, tetapi harganya jauh berbeda. Dalam kasus seperti ini, bukan berarti barang yang lebih murah tidak bagus. Bisa saja harga yang murah itu didapat karena bahan dan pembuatan produk dilakukan di tempat lokal. Dan bisa jadi barang yang lebih mahal ada dikarenakan pembuatannya diluar negeri, lalu di import ke berbagai negara. Itulah sebab dari tingginya harga jual.



    10. Pastikanlah sofa yang Anda beli bergaransi

    Setibanya sofa di rumah Anda, periksalah detail sofa tersebut dan cari taulah fungsi apa saja yang ditawarkan, jika sofa tersebut sofa multifungsi. Pastikan kerapihan, kekuatan, dan sistem sofa tersebut bekerja dengan baik. Apabila didapati sofa yang baru saja Anda beli memiliki kecacatan, entah karena guncangan saat dalam pengiriman ataupun kerena memang kecacatan saat produksi, sebaiknya Anda langsung mengklaim garansi yang Anda dapatkan dari tempat Anda membeli sofa.

    Biasanya untuk furniture memiliki masa garansi yang cukup variatif, ada yang 7 hari, 14 hari, bahkan ada yang sampai berbulan-bulan dalam memberikan garansi. Bayangkan saja jika sofa yang Anda beli tidak memiliki garansi, lalu saat sofa itu diletekan di rumah Anda dan terdapat kecacatan yang tidak Anda sadari sebelumnya, tentu ini akan memberikan kesan yang kurang nyaman untuk dilihat ataupun digunakan.


    Itulah tips-tips yang dapat membantu Anda dalam membeli sofa

    Source: Tips Membeli Sofa By Holigoli
     
  2. Giri Soeprijanto

    Giri Soeprijanto Member

    Joined:
    Feb 15, 2016
    Messages:
    265
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Infonya detail baget gan.. btw kalau butuh jasa cuci sofa bekasi bisa menghubungi kami.
    Matur suwun.
     
Loading...

Share This Page