Vending Machine di Indonesia Semakin Populer & Menjamur Dimana-mana

Discussion in 'General Discussion' started by Dudu, Jan 21, 2019.

  1. Dudu

    Dudu Guest

    Apa itu vending machine ? bagi anda yang baru mendengar kata ini, saya jelaskan pengertian dari vending machine, vending machine merupakan sebuah mesin baru yang canggih dengan fungsi mesin vending machine adalah menjual produk secara otomatis kepada pembeli tanpa menggunakan pegawai.

    • [​IMG]
    Vending machine di Indonesia banyak beroperasi dengan produk seperti minuman kaleng, minuman botol plastik, kopi dan makanan ringan. Vending machine bekerja dengan cara, pembeli hanya tinggal memasukkan uang kedalam mesin, bisa itu uang kertas maunpun uang logam. Kemudian vending machine akan mengeluarkan produk yang telah dipilih. Begitu cepat dan efektif dalam mempercepat transaksi tanpa menggunakan pegawai. Namun pegawai akan dibutuhkan ketika produk dalam vending machine telah habis stoknya.

    Vending machine di Indonesia sebenarnya sudah cukup lama, namun pada sekarang – sekarang ini nama mesin tersebut sedang naik dan berkembang. Kita sudah sering temukan keberadannya di mall, halte bis, event pameran, tempat gym, serta perguruan tinggi sudah memilki vending machine.

    • [​IMG]
    Perkembangan mesin vending awalnya sudah lebih dulu popular di negara lain, seperti Jepang. Dan di Jepang sudah tersebar lebih dari 5 juta unit di berbagai lokasi kota di Jepang. Kini vending machine akan terus dikembangkan dan lebih canggih, dengan dapat menerima sistem pembayaran uang elektronik, contohnya e-money, flash, dan kartu elektronik lainnya. Dengan melihat mesin vending yang sedang berkembang seperti itu, diprediksi mesin ini akan akan semakin popular dan semakin diterima di masyarakat. Sampai saat ini mesin vending ada di Indonesia sekitar 4000 unit untuk melayani penduduk sejumlah 250 juta jiwa. Dibandingkan dengan negara seperti Singapure, mereka memilki mesin vending mencapi 15 ribu untuk melayani 15 juta jiwa. Tapi nantinya di Indonesia vending machine pastinya akan terus bertambah lagi.

    Seperti yang saya tulis diatas, mesin vending dapat melayani produk seperti minuman dan makanan. Dan kini dari berita terbaru adalah vending machine di Amerika dapat melayani dan mengeluarkan obat yang dipesan.

    Bagaimana Cara Memulai Bisnis Vending Machine di Indonesia ?
    Informasi diatas ditulis bahwa perkembangan dan popular mesin vending di Indonesia sedang meningkat, produk yang dilayani juga ada makanan dan minuman. Dimana setiap orang, termasuk saya dan anda bisa saja haus atau lapar, dan kebetulan posisi kita sedang di jalan umum. Atau di tempat dimana tidak ada restoran terdekat.

    Untuk itu dengan hadirnya vending machine dapat memberikan solusi bagi setiap orang tersebut, kita biasa liat pasti seperti di beberapa stasiun kereta api sudah ada mesin ini, kemudian kita tinggal memasukkan uang koin, uang kertas, bisa juga uang elektronik untuk mendapatkan minuman atau makanan yang kita mau.

    Sistem Bisnis vending machine di Indonesia
    Berbisnis mesin vending yaitu anda dapat membeli unit mesin secara langsung, kemudian tempatkan mesin di tempat strategi dengan lokasi ramai, kemudian dapatlah keuntungan yang besar. Namun harga mesin ini tidaklah murah, namun jika memilki modal cukup, bisnis ini dapat menguntungkan.

    Namun ada alternatif lain bila anda belum cukup memilki modal untuk membeli mesin vending sendiri, yaitu dengan menyewa. Anda dapat menyewa vending machine dan ditempatkan di lokasi strategis karna rental mesin vending juga sudah ada dan mulai bermunculan di Indonesia.

    Selanjutnya adalah bagaimana bisnis vending machine dapat berjalan lancar ? produk umumnya pada mesin vending ialah berupa minuman dan makanan ringan. Namun tidak cuma dibiarkan saja dong, anda perlu mempersiapkan sumberdaya manusia atau operator untuk bekerja sebagai pemelihara mesin, misal mengganti stok makanan ringan atau menambahnya.

    Baca Juga : 9 Souvenir Pernikahan Unik Yang Dihasilkan Dari Teknik Emboss

    Terakhir, dengan populernya mesin vending ini, akan meningkatkan pengusaha di bidang ini, karna mereka melihat dari tren gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini, dimana masyarakat ingin semua lebih cepat, praktis dan tidak menguras banyak energi.

    Jadi sebaiknya anda lebih cepat bergerak dan masuk kedalam bisnis mesin vending.
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    514
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    vending machine di stasiun itu yang paling canggih yang pernah ane liat di Indonesia , bisa keluarin uang kembalian, vending machine kereta bandara juga
     
Loading...

Share This Page