Ketahui Penyebab Mual pada Ibu Hamil Berikut Ini!

Discussion in 'General Lifestyle' started by Newshunterman, Oct 24, 2014.

  1. mual-hamil.jpg
    Seperti halnya pusing dan lemas, mual hamil merupakan gejala yang wajar dialami oleh ibu mengandung terutama pada trimester pertama. Tentu saja, gejala ini sangat mengganggu kenyamanan Ibu dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Apalagi bagi Anda yang bekerja atau mempunyai kesibukan lain di luar rumah. Mual yang terjadi saat hamil menyebababkan Ibu banyak kehilangan asupan nutrisi, sehingga tubuh menjadi lemas dan kerja kurang semangat.

    Sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab mual pada ibu hamil tersebut?

    • Meningkatnya kadar hormon esterogen
    Pada trimester pertama kehamilan, terjadi peningkatan jumlah hormon esterogen yang menyebabkan kadar asam lambung ikut meningkat drastis. Terlalu banyak kadar asam lambung di dalam perut akan menyebabkan rasa mual. Mengapa mual sering terjadi di pagi hari? Hal ini disebabkan kondisi perut yang masih kosong sehingga jumlah asam lambung mengalami peningkatan dengan cepat dan memicu rasa mual.

    • Pengaruh HCG
    HCG merupakan salah satu hormon yang dihasilkan oleh ibu hamil. Hormon ini diproduksi oleh tubuh segera setelah embrio pada janin terbentuk dari fertilisasi indung telur oleh sperma. Selain itu, seiring dengan pertumbuhan yang terjadi pada plasenta, tubuh ibu hamil juga secara otomatis akan memproduksi HCG. Hormon yang dihasilkan oleh Villi Chorialis ini diduga menjadi penyebab rasa mual saat hamil (morning sickness). Produksi HCG akan terus meningkat hingga hari ke 70 kehamilan, maka dari itu rasa mual saat mengandung biasanya dialami pada 3 bulan pertama.

    • Metabolisme glikogen pada hati
    Glikogen banyak tersimpan di dalam hati. Dalam keadaan normal, manusia hanya membutuhkan 1 kali hidrolisasi glikogen sedangkan ibu hamil memerlukan dua kali lipatnya. Proses percepatan metabolisme glikogen ini disinyalir menjadi salah satu faktor penyebab gejala mual dan muntah pada ibu hamil. Namun, ketika tubuh sudah bisa beradaptasi dengan meningkatnya jumlah produksi glikogen pada hati serta sel-sel plasenta, gejala ini tidak akan dirasakan lagi.

    • Faktor psikologi
    Kondisi psikologi merupakan faktor eksternal yang turut andil menjadi penyebab mengapa ibu hamil sering mengalami mual di pagi hari. Saat Ibu menerima sugesti bahwa semua wanita hamil pasti mengalami mual dan muntah di pagi hari, maka hal tersebut juga bisa terjadi pada Ibu.

    Mual dan muntah saat hamil memang sangat tidak menyenangkan dan juga mengurangi nafsu makan. Meskipun demikian, ibu hamil tetap harus memenuhi asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jumlah nutrisi yang diterima oleh tubuh sangatlah berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan anak serta kesehatan ibu. Maka dari itu, segera atasi mual hamil sedini mungkin agar gizi ibu dan janin tercukupi.
     
  2. Muhammad Badrul Haq

    Muhammad Badrul Haq New Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Oww begitu ya, kalau bukan ibu hamil kenapa bisa mual juga ?
     
Loading...

Share This Page