10 Aneka Makanan Khas Lebaran Idul Fitri

Discussion in 'General Lifestyle' started by Ucok Napitoe, Jun 20, 2017.

  1. Ucok Napitoe

    Ucok Napitoe Member

    Joined:
    May 16, 2014
    Messages:
    33
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Lebaran pastinya sangat dinantikan sekali oleh umat muslim yang ada diseluruh muka bumi ini. Mungkin salah satunya adalah anda, yang sudah tak sabar sekali ingin merayakan yang namanya hari raya idul fitri alias lebaran. Karena namanya hari raya idul fitri atau lebaran ini adalah hari kemenangan bagi seluruh umat muslim yang menjalani ibadah puasa selama 1 bulan full lamanya di bulan suci ramadhan. Sehingga di saat hari raya idul fitri tersebut mereka pun bisa berharap kembali fitri seperti bayi yang baru saja dilahirkan. Sebab moment lebaran juga merupakan moment yang sangat dinantikan sekali untuk saling bermaaf-maafan, meskipun yang namanya saling memaafkan tersebut bisa kita lakukan kapan saja, tapi tentu saja bermaaf-maafan saat lebaran menjadi salah satu moment yang special. Apalagi saat lebaran ada banyak sekali berbagai macam aneka makanan khas lebaran yang bisa kita icip-icip, baik itu makanan atau hidangan yang dibuat dirumah, atau hidangan yang disajikan saat kita bertamu untuk bersilaturahmi kerumah kerabat.

    [​IMG]

    Lalu apa sajakah berbagai macam aneka makanan khas lebaran yang paling sering kita jumpai atau yang dirindukan banyak orang.

    10 aneka makanan khas lebaran Idul Fitri

    Berikut beberapa ulasannya akan kami bahas mengenai berbagai macam makanan atau hidangan khas lebaran tersebut, diantaranya yaitu :

    1. Kue kering

    Meskipun bukan makanan yang bisa mengenyangkan, tapi ini juga sajian makanan ringan yang selalu ada dimeja saat menjelang dan lebaran Idul fitri tiba. Namanya merayakan lebaran atau idul fitri tentu saja tak akan lengkap rasanya jika tak menyajikan berbagai macam aneka kue kering di meja tamu. Karena yang namanya menyajikan berbagai macam aneka kue kering untuk tamu yang datang berkunjung kerumah ini, sudah menjadi salah satu tradisi lebaran sejak dulu. Mulai dari kue nastar, kembang goyang, cucuk gigi, kue putri salju, kastengel, kacang bawang dan banyak lagi yang lainnya.

    2. Ketupat

    Salah satu makanan yang sangat dinantikan dan juga dirindukan ketika lebaran tiba, apalagi kalau bukan ketupat. Karena yang namanya ketupat ini hanya akan sering kita jumpai saat lebaran tiba saja. Apalagi yang namanya ketupat juga sudah menjadi salah satu icon lebaran atau hari raya idul fitri. Ketupat ini merupakan pengganti nasi yang dimakan bersama dengan lauk lainnya.

    3. Opor ayam

    Kalau ada ketupat tentu saja pasti ada yang namanya opor ayam. Karena memang yang namanya opor ayam ini menjadi salah satu makanan khas lebaran teman setia dari ketupat. Pastinya kamu juga sudah sangat rindu dengan opor buatan ibu dirumah bukan?

    4. Rendang

    Untuk makanan khas lebaran selanjutnya adalah rending..Makanan asal mingkabau ini juga akan seringkali kita jumpai saat lebaran tiba. Rendang selain bisa dimakan dengan nasi, bisa juga menjadi tempat ketupat.

    5. Lemang

    Lemang menjadi salah satu makanan khas untuk lebaran. Makanan ini yang terbuat dari beras ketan dan santan kelapa serta di bungkus dari daun pisang. Tentang bila dimakan, maka lemang akan gurih dan lezat. Selain itu juga aromanya yang terasa tercium dari santan kelapa serta dipadukan daun membuat makanan yang satu tambah poin enaknya.

    6. Sayur lodeh

    Sayur lodeh yang dicampur dengan nasi hangat eheemm…, buat selera makan makin bertambah. Tentu, makanan yang terbuat dari santan kelapa membuat makanan tersebut semakin nikmat. Apalagi variasi dengan temped an tahu disertai daun jeruk membuat hidangan semakin terasa nikmatnya.

    7. Sambal kentang ati

    Sambal kentang ati juga bila kita warung tegal atau warteg sebutan ini juga oreg-oreg kentang. Oreg kentang ati ini cocok bila dipadukan dengan sayur lodeh serta nasi putih. Bila ditambah dengan daun jeruk dan daun salam makanan tambah terasa nikmat.

    8. Semur ayam / daging

    Menu makanan khas Betawi ini, bila kita konsumsi maka rasa yang manis dan sedikit pedas (bila campur dengan sambal). Dengan warna kuning, coklat kehitaman yang terbuat dari kecap hal ini yang membuat menu makanan terasa ada manisnya.

    9. Emping dan semur betawi

    10. Sayur labu dan tahu tempe

    Nah, menu sangat cocok bila dicampurkan dengan ketupat. Bila ada ikan teri maka akan semakin mantap lagi hidangan makanannya. Biasanya masakan ini dicampur dengan bumbu-bumbu bawang goreng, santan kelapa, tahu tempe serta udang. Nah, bila Anda salah satu penikmat masakan ini, maka berhati-hati dan jaga berat badan Anda bisa bertambah.

    Bagaimana, sudah tak sabar ingin icip-icip berbagai macam aneka makanan khas lebaran. Sabar, lebaran masih beberapa minggu lagi.

    Terakhir kami berikan Selamat hari raya Idul Fitri 2017 1438 H untuk sahabat bersosial.
     

    Attached Files:

  2. masbrow

    masbrow Member

    Joined:
    Jul 27, 2014
    Messages:
    52
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    ada yg kurang gan.. yaitu lontong.. biasanya buat lontong sayur.. enak banget..
     
  3. rosyad

    rosyad Well-Known Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    73
    Trophy Points:
    48
    Onde-onde gak masuk kah. Sama minuma 'MARJAN' :D:D
     
  4. imanjagoa

    imanjagoa Active Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    413
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    ketupat pasti nomor satu lah :D
     
  5. bellacutek

    bellacutek New Member

    Joined:
    Jul 3, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    favorit dikeluarga ane gado gado itu yang gk pernah ketinggalan saat lebaran
     
Loading...

Share This Page