12 Usaha Sampingan yang Paling Banyak Diminati

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by syahidelhawk, Oct 6, 2015.

  1. syahidelhawk

    syahidelhawk New Member

    Joined:
    Oct 5, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    3
    Yang sekarang sedang dalam menjalani hidup sebagai mahasiswa, karawan perusahaan dan ibu rumah tangga pasti ingin sekali mendapatkan penghasilan tambahan. Tetapi banyak dari mereka para mahasiswa, karyawan dan iu rumah tangga yang mengeluh tidak dapat membuat usaha sampingan dengan alasan modal yang kurang. Banyak juga yang mengatakan kalau mau buka usaha sampingan harus memiliki modal yang besar, dengan meminjam uang bank sebagai modal usaha.

    Berita baik nih bagi yang ngerasa pekerjaanya yang disebutkan diatas atau pekerjaan lainnya, berikut 12 ide usaha sampingan yang tidak perlu modal besar dalam memulainya:

    Menjual Makanan untuk Sarapan
    [​IMG]
    Dengan menyediakan makanan untuk sarapan merupakan sebuah ide bisnis sampingan yang menjanjikan bagi kita. Zaman sekarang orang memilih cara yang tercepat saat melakukan banyak hal di pagi hari salah satunya ketika sarapan. Untuk menu yang dapat kita tawarkan kepada para pembeli dapat bervariasi, antara lain nasi uduk, nasi kuning, gorengan, bubur ayam, sayuran dan lain-lain.

    Menjual Pulsa Elektrik
    [​IMG]
    Jika kita ingin memulai usaha ini maka ada lebih baiknya untuk tidak menjual dengan berbentuk kartu atau tidak perlu tempat. Cukup dengan ponsel yang diaktifkan pulsa elektrik sehingga relatif tidak merepotkan. Dengan meningkatnya pengguna ponsel, bisnis sebagai penjual pulsa sangatlah menjanjikan. Kabar yang didapat, bahwa penjual pulsa di Jakarta dapat memiliki omset sampai Rp20 triliun setahun.

    Membuat Jasa Laundry
    [​IMG]
    Banyak orang yang ingin serba praktis khususnya dalam masalah pakaian, bahkan banyak orang yang terganggu dengan masalah cucian pakaian yang terus menumpuk dan tak kunjung berkurang akibat sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Maka membuka usaha jasa laundry adalah sebuah peluang ayang menguntungkan.

    Untuk modal bisa sampai Rp10 juta, untuk membeli mesin cuci satu tabung otomatis dan sebuah pengering, itu diambil sekitar setengah dari modal. Setengahnya lagi untuk peralatan pelengkap seperti timbangan, plastik, setrika, gantungan baju, tempat jemuran, dan masih banyak lagi. Tentu saja untuk mengurus itu diperlukan seorang karyawan dengan gaji dari Rp500 ribu-Rp1 juta perbulan (tergantung kita sendiri yang memberi gaji).

    Menjual Aneka Kue
    [​IMG]
    Kita dapat menjual kue basah atau kue kering. Kue basah contohnya brownies kukus, bika ambon, kue bolu, onde-onde, kue apem, dadar gulung dan masih banyak yang lain. Resep-resepnya dapat anda cari di internet atau belajar ke tempat penjual kue yang lain.Sementara untuk kue kering antara lain sandwich, kue nastar, kukis selai kacang coklat, dan masih banyak lagi.

    Jasa Pengetikan
    [​IMG]
    Umumnya tidak perlu modal banyak dalam menjalankan jasa ini. Meskipun begitu, dalam menjalankan jasa ini carilah tempat strategis untuk menjalaninya, seperti lingkungan kampus, sekolah, instansi usaha. Target konsumennya adalah para karyawan, mahasiswa dan guru yang malas untuk mengetik atau menuliskan tugas dan skripsinya.

    Jasa Desain Grafis

    [​IMG]
    Jika anda memiliki kemampuan dalam bidang ini, seperti corel draw dan photoshop anda dapat membuka peluang usaha dalam bidang ini dengan membuka jasa pembuatan kartu nama, logo, baju, maskot, poster dan yang penting berkenaan dengan desain.

    Tidak perlu takut mencari tempat yang tepat untuk menjalankan bisnis ini, kita dapat memanfaatkan pasar desainer online yang ada di indonesia seperti sribu.com dan projects.co.id. Jika dapat berbahasa inggris, kita dapat menjajakan desain kita ketaraf internasional untuk menjangkau konsumen lebih luas. Untuk situs penjualan desain luar negeri seperti 99designs.com, elance.com dan upwork.com.

    Modal yang diperlukan hanyalah koneksi internet dan perangkat lunak desain yang anda perlukan dan tentu saja komputer dan laptop.

    Membuat Warkop Sederhana

    [​IMG]
    Bisnis ini sangatlah cocok untuk yang tinggal disekitar kampus atau kawasan industri. Biasanya buruh pabrik membutuhkan waktu istirahat untuk nongkrong sembari makan, mahasiswa ketika malam hari butuh tempat mengobrol yang asyik dan sambil ngemil makanan, tempat yang cocok adalah warkop atau warung kopi.

    Jasa Pencucian Motor
    [​IMG]
    Untuk mencuci motor itu lebih ringan daripada mencuci mobil, disisi peralatan juga lebih sederhana. Di lingkungan yang memiliki pengendara motor yang banyak, tidak ada salahnya untuk mencoba yang salah satu ini. Anda perlu menyediakan pompa air,kompresor, kain lap, shampo motor, dan peralatan semir ban.

    Jasa Bimbingan Belajar (Privat)
    [​IMG]
    Untuk ibu rumah tangga yang memiliki suatu kemampuan atau ilmu yang pernah diajari tetapi tidak dapat termanfaatkan dengan baik, ada baik jika membuka jasa bimbingan belajar kepada anak-anak sekitar dan tetangga sekitar rumah. Jangan lupa untuk melihat seberapa mampu kita mengajar kepada mereka. Usahakan semampunya dan jangan berlebihan.

    Usaha Kerajinan Tangan
    [​IMG]
    Dengan mengasah kemampuan agar lebih terampil agar terus meningkatkan kinerja aktif dalam bidang ini. Yang paling dituntut dalam bidang ini adalah kreatifitas dalam mengolah bahan-bahan yang ada bahkan seadanya.

    Berawal dari hobi, bisa jadi apa yang menjadi hobi tersebut dapat menghasilkan uang. Hobi dalam menjahit, menyulam, membuat pernak-pernik asesoris dan bahan daur ulang dapat dijadikan ladang penghasilan.

    Membuat Blog

    [​IMG]
    Secara tidak sadar bahwa ngeblog sedang ngetren selama beberapa tahun terakhir ini. Karena pondasi untuk menghasilkan banyak uang dari blog merupakan postingan berkualitas. Kita dapat mencoba dengan menuliskan apa yang kita kerjakan sekarang, topikyang bisa diambil banyak sekali mulai dari masalah kesehatan, agama, kesenian, masalah kehidupan, tempat jualan dan lainnya. Strateginya adalah membuat banyak artikel dalam blog tersebut, yang penting sudah tahu apa yang ingin ditulis dan tidak perlu ribet.

    Membuat Toko Online

    [​IMG]
    Seperti halnya ngeblog, membuat toko online juga sedang masa-asa trendnya tahun ini. Karena gaya belanja masyarakat sekarang ingin dengan cara yang mudah, akhirnya muncul gaya belanja online. Barang-barang yang dapat dijual sangat bervariasi, mulai dari obat-obatan, barang kebutuhan sehari-hari, kerajinan, kaos dan lain-lain. Tetapi yang paling ngetren sekarang penjualan adalah ebook, software, musik, theme, plugin, dan video tutorial.

    Dari ini semua yang paling utama adalah memanfaatkan apa yang ingin kita kembangkan. seperti:

    Memanfaatkan hobi sebagai usaha sampingan.
    Memanfaatkan keterampilan atau keahlian sebagai usaha sampingan.
    Memanfaatkan internet sebagai tempat pemasaran bisnis.

    Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menjadi pencerahan kehidupan yang gemilang di masa yang akan datang.
     
    Last edited by a moderator: Dec 23, 2015
    stefan one likes this.
  2. Yayan Casper

    Yayan Casper Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    680
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    kayaknya membuat blog sesuai dengan keahlian nih ,, hhee
     
    stefan one likes this.
  3. Rafa Asoka

    Rafa Asoka Member

    Joined:
    Sep 5, 2015
    Messages:
    626
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    28
    toko online (bisnis online ) akhir - akhir ini memang sangat booming *senang*
     
    stefan one likes this.
  4. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,775
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    ane juga jual pulsa elektrik juga :D ( promosi )
     
    stefan one likes this.
  5. elhaqiadventure

    elhaqiadventure Member

    Joined:
    Aug 31, 2015
    Messages:
    131
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    nah ane mau bikin ah online shop penjual sarapan, kue kue, ama makanan2 di warkop.. hehehe*bergaya*
     
    stefan one likes this.
  6. stefan one

    stefan one Member

    Joined:
    Oct 13, 2015
    Messages:
    156
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Blog adalahs alah satu cara yang efektif untuk mengenalkan yang kita lakukan kepada orang lain biar mereka tahu, dan diharapkan bahwa perlahan tetapi pasti tercapai target penjualnnya bahkan over target he he he
     
  7. Surur12

    Surur12 Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    252
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Kalau aku sh jualan ornline tapi di FB aj..., ikut2 grupppp...
     
  8. Engressti

    Engressti Member

    Joined:
    Sep 8, 2015
    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Usaha catering tidak masuk hitungan kang? Lumayan banyak peminat kok usaha catering ini :D Menguntungkan pula hahaha apalagi kalau akang punya banyak koneksi :D
     
  9. jajakakulon

    jajakakulon Member

    Joined:
    Jul 5, 2014
    Messages:
    72
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    sebetulnya semua macam usaha di atas bisa di sinergikan, terpenting bisa mengatur waktu aja.

    Jual Sofa Bandung
     
  10. deva09

    deva09 Member

    Joined:
    Nov 5, 2014
    Messages:
    47
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Usaha sampingan mesin fotocopy juga menjanjikan ko, memang sih banyak yang ragu dan takut ga berhasil. Tapi kalau dalam pemilihan tempatnya strategis pasti berhasil deh dan profit kedepannya juga masih bagus
     
  11. otaufik

    otaufik New Member

    Joined:
    Oct 27, 2015
    Messages:
    19
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
  12. fandi ahmad

    fandi ahmad New Member

    Joined:
    Jan 11, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    yang paling enak mah cuma jadi resekker , gak ribet dan gak butuh biaya
     
  13. ani125

    ani125 Member

    Joined:
    Jun 26, 2015
    Messages:
    191
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
  14. Daytona060

    Daytona060 New Member

    Joined:
    Oct 22, 2015
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ane dulu pernah bisnis jualan nasi kuning buat sarapan dikantor kalo pagi-pagi gan, lumayan balik modal, karena kantor ane letaknya paling atas di gedung jadi terkadang kalo yang males beli , akhirnya pesen ke ane. hehe
     
  15. katniss17

    katniss17 Member

    Joined:
    Feb 1, 2014
    Messages:
    243
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    jasa ngetik boleh juga tuh,,, siapa mauu,,,, ????he
    *ketawa3*
     
  16. Valiant198

    Valiant198 Member

    Joined:
    Jul 8, 2015
    Messages:
    217
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    jasa buat blog masi laku nggak ya :D
     
  17. Samsul Arifin

    Samsul Arifin Member

    Joined:
    Feb 9, 2015
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Cuma sekedar tanya nih gan, siapa tau ada yang mau beropini. Kira-kira usaha online (lewat website, misalnya) bakalan bertahan berapa lama? Mengingat beda generasi, beda lagi teknologi yang dihasilkan. Kita tidak tau beberapa tahun kedepan bakal muncul teknologi yang lebih mutakhir, lebih canggih lagi yang dapat mempermudah manusia dan menggantikan teknologi lama.

    Thanks,
     
  18. hendratoli

    hendratoli New Member

    Joined:
    Aug 11, 2015
    Messages:
    16
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
  19. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,924
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
    masih, tapi cari klien secara offline. Kalau yang online sudah ngerti buat blog :D
     
  20. Valiant198

    Valiant198 Member

    Joined:
    Jul 8, 2015
    Messages:
    217
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    hahahaaha... bener juga ya kang Andre... perlu blusukan nyari yang belum gape internetan :D:D:D
     
Loading...

Share This Page