13 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Discussion in 'Health & Medical' started by TekoNeko, Oct 22, 2016.

  1. TekoNeko

    TekoNeko New Member

    Joined:
    Sep 3, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Keinginan sebenarnya hewan dipelihara adalah untuk menyertai manusia dalam semua kegiatan senggangnya.

    Tentu hewan peliharaan sangat berbeda dari hewan ternak ataupun hewan percobaan yang dirawat untuk diambil manfaatnya untuk suatu kebutuhan tertentu.

    Hewan piaraan bisa dari spesies apa saja, bisa yang jinak atau buas sekalipun. Biasanya hewan yang dijadikan piaraan adalah hewan jinak yang imut serta menggemaskan.

    Ada banyak spesies hewan piaraan yang umumnya dijadikan sebagai kawan hidup oleh sebagian orang. Mulai dari jenis mamalia seperti anjing atau kucing, unggas seperti ayam atau burung, reptil seperti ular, dan lain sebagainya.

    Tidak hanya memikat, lucu atau menggemaskan, ternyata dengan mempunyai hewan piaraan kita bisa mendapatkan faedah yang banyak dari faktor kesehatan fisik dan psikologi.

    Berikut adalah 13 manfaat memiliki hewan peliharaan untuk kesehatan tubuh serta pikiran pemeliharanya. Selamat membaca.

    1. Lebih Banyak Aktif Bergerak
    Sadar atau tidak sadar, saat kita menjaga seekor hewan piaraan secara tidak langsung kita dipaksa untuk menggerakkkan tubuh kita. Untuk pemelihara kucing atau anjing, kita tentu perlu mengajaknya jalan-jalan bersama atau bermain bersama.

    Bahkan, bagi pecinta ikan pun dipaksa untuk berolahraga dengan mencuci secara rutin akuarium serta mengganti interiornya. Dari aktivitas tersebutlah maka seorang pemelihara hewan peliharaan tentu dipandang lebih bugar dibanding yang tidak.

    2. Meredam Resiko Stress
    Memberikan cinta pada hewan piaraan tentu akan menghasilkan kedamaian pada pemiliknya. Hal tersebut juga nantinya berakibat pada kualitas tidur mereka yang menjadi lebih nyenyak dan tenang saat malam hari.

    Kehadiran mereka di sekitar si pemilik juga bisa meningkatkan rasa bahagia karena kadar oksitosin yang juga bertambah.
    Salah seorang guru besar di Universitas Virginia Commonwealth, Randolph T. Barker, menerangkan bahwa kehadiran hewan piaraan bisa dijadikan sebagai pengontrol kesehatan yang ekonomis bahkan mampu meningkatkan produktivitas kerja.

    3. Menjadikan Jantung Mudah Beradaptasi
    Sebuah penelitian yang diterbitkan di Jurnal Kardiologi Amerika membuktikan bahwa orang yang menderita sebuah penyakit kronis dan merawat hewan maka jantungnya akan memiliki kemampuan beradaptasi yang lebih baik

    Rasa tenang dan bahagia ketika berada di dekat hewan peliharaan bisa meredam tekanan darah, bisa menurunkan resiko kematian karena serangan jantung.

    4. Mengurangi Resiko Alergi
    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Clinical & Experimental Allergi membuktikan bahwa alergi pada anak-anak dapat berkurang jika mereka hidup dan tinggal bersama sejak dari bayi.

    Sebabnya kemungkinan akibat sistem imunitas pada anak tersebut semakin menguat sejalan dengan lamanya ia tinggal dan berhubungan dengan hewan piaraan tersebut sehingga menjadikannya terbiasa.

    Penelitian lain menyebutkan bahwa anak yang hidup bersama hewan piaraan juga lebih tahan dan kebal terhadap eksema, alergi, dan demam musiman.

    5. Meredam Depresi
    Selain menjadi kawan, hewan piaraan tersayangmu pasti kamu jadikan "seseorang" yang kamu kasihi dan urus dengan hati-hati.

    Beberapa ahli percaya bahwa dengan mencintai mereka, ada suatu zat tertentu dalam otak bereaksi dan mampu menurunkan stress hingga membuatmu bahagia.

    Studi lain yang mengikutsertakan penderita AIDS dan orang lansia juga membuktikan bahwa mereka yang memiliki hewan piaraan lebih jarang mengidap depresi.

    Selain itu, terkadang kelakuan lucu hewan piaraan tersebut membuat kita tersenyum dan bahkan tertawa yang akan memacu pengeluaran hormon endhorphin (hormon yang membuat santai).

    6. Menambah Rasa Percaya Diri
    Sebuah penelitian dalam Journal of Personality dan Social Psychology menyatakan bahwa mereka yang mempunyai hewan piaraan akan merasa lebih percaya diri serta tidak akan menndapati rasa kesepian jika dibandingkan mereka yang tidak ada hewan peliharaan .

    Tulisan dalam Daily Mail juga menyatakan bahwa lazimnya, pemilik hewan piaraan jauh lebih berani, ekstrovert, serta terbuka dibandingteman-teman mereka yang tidak mempunyainya.

    Hal tersebut disebabkan hewan piaraan tersebut dapat memberikan dukungan sosial dan morall kepada pemeliharanya serta memberi faedah besar dari segi psikologis.

    7. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh
    Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Warwick, seorang anak kecil yang ada di sebuah keluarga yang mempunyai hewan peliharaan seperti kucing, anjing, burung, ikan dan lain sebagainya jarang sakit daripada yang tidak memelihara.

    Riset sebelumnya juga membuktikan bahwa anak yang tinggal bersama hewan peliharaan kecil mempunyai resiko terserang alergi atau asma lebih kecil.

    Jajak pendapat yang dilakukan pada sejumlah 21000 dewasa di Finlandia juga menghasilkan kesimpulan bahwa pemilik hewan peliharaan memang lebih jarang datang ke dokter karena jatuh sakit.

    8. Sebagai Terapis untuk Anak
    Memelihara hewan peliharaan serta berinteraksi dengannya sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan seorang anak, terutama yang mengidap autis.

    Anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder mampu didorong untuk memusatkan perhatian mereka dengan memelihara hewan sekaligus juga dibimbing untuk lebih acuh terhadap orang lain di sekitarnya.

    9. Sebagai Mood-Booster
    Melakukan aktivitas apapun bersama hewan kesayanganmu ternyata memang terbukti bisa merubah suasana hati menjadi jauh lebih baik. Hanya dengan memberi belaian atau sentuhan lembut pada mereka, kamu akan merasa tenang.

    Aktivitas membelai hewan piaraan tersebut jika dilakukan selama 15-30 menit bisa merangsang sekresi hormon serotonin dan hormon oksitosin dalam tubuh serta menurunkan kadar stress kortisol. Akibat kinerja dua jenis hormon itulah yang nantinya membuat kamu merasa tenang, bahagia, dan senang.

    10. Membiasakan Diri Bertanggung Jawab
    Hewan piaraan sudah pasti harus dipelihara dengan baik dan benar bukan hanya untuk dinikmati saja. Merawat mereka sama saja kita mengurus diri sendiri.

    Mereka perlu makan, minum, dijaga kebersihan badannya dan diajak berkomunikasi secara rutin. Dengan begitu kita diharuskan untuk bertanggung jawab atas janji teguh kita mengurus mereka.

    Kita harus memberikan perawatan terbaik agar mereka tidak menderita, jatuh sakit, atau bahkan mati karena kecerobohan kita.

    11. Menurunkan Candu terhadap Rokok
    Dalam sebuah survei online, sejumlah lebih dari 28 persen partisipan menyatakan bahwa hewan piaraan mereka bisa menyemangati untuk berhenti merokok. Para responden tersebut ternyata menyadari bahwa asap rokok yang dihisap oleh mereka berbahaya dan mengancam kesehatan hewan kesayangan mereka.

    12. Membuat Lebih Kerasan di Rumah
    Tidak bisa dipungkiri bahwa hadirnya hewan piaraan membuat suasana rumah menjadi lebih berwarna. Tingkah laku mereka yang kadang lucu dan menggemaskan mampu menjadikan rumah menjadi gembira.

    Sebagian pecinta hewan bahkan ada yang mengakui hewan piaraan mereka sebagai anaknya sendiri.

    Saking cintanya, mereka kadang rindu dan selalu terbayang-bayang saat berada jauh dari hewan peliharaan mereka. Hal itulah yang membuat mereka lebih betah berada di rumah.

    13. Mempererat Hubungan dengan Keluarga
    Ada baiknya hewan piaraan yang dipilih adalah hewan yang disenangi oleh semua anggota keluarga.

    Dengan begitu, anggota keluarga lainnya tentu tidak akan keberatan untuk memberinya makan, membersihkan, atau membawanya berjalan bersama-sama.

    Secara tidak langsung, hal itu tentu memberi efek positif dan mampu mempererat ikatan antar sesama anggota keluarga lainnya.

    Apakah kamu sadar manfaat-manfaat tersebut di atas sudah kamu alami? Jika iya, maka kamu seharusnya bersyukur menjadi salah satu dari banyak orang yang bisa menerima nikmatnya memiliki hewan piaraan.

    Apabila kamu merasa tulisan di atas bermanfaat, yuk ikuti jejak pecinta hewan piaraan lain yang sudah membagikan artikel ini kepada orang lain. Terimakasih.
     
  2. Faqih Ethana Prabandaru

    Faqih Ethana Prabandaru New Member

    Joined:
    Oct 8, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saya juga senang jika memelihara kucing
     
  3. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Wah, betul sekali saya setuju dengan uraian di atas, kebetulan saya piara kelinci,,,
     
  4. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,868
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Memiliki hewan peliharaan itu emang asyik teman
    Lagi pula dapat mencegah binatang buas dan serangga masuk rumah.
    Salam santai.
    http://lasealwin.info/cara-memeliha...ungan-dan-kerugian-memiliki-hewan-peliharaan/
     
  5. Kukuh Nugrohoo Utomo

    Kukuh Nugrohoo Utomo New Member

    Joined:
    Oct 20, 2016
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Google+:
    dekat dengan jodoh min, kalo cewek dan cowok sama sama suka hewan maka kemungkinan lebih dekat jadi lebih banyak :)
     
Loading...

Share This Page