3 Rekomendasi Cerita Dongeng yang Bermanfaat untuk Anak

Discussion in 'Education' started by muezaa, Sep 27, 2020.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    66
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Mendongeng merupakan aktivitas yang menyenangkan. Sebab, aktivitas ini memiliki manfaat positif bagi tumbuh kembang anak.

    Menurut Priyono Kusumo dalam bukunya yang berjudul 'Terampil Mendongeng (2001)' menjelaskan bahwa mendongeng mempunyai tujuan, diantaranya:
    • Merangsang dan menumbuhkan imajinasi dan daya fantasi anak secara wajar.
    • Mengembangkan daya penalaran sikap kritis serta kreatif.
    • Mempunyai sikap kepedulian terhadap nilai-nilai luhur budaya bangsa.
    • Dapat membedakan perbuatan yang baik dan perlu ditiru dengan yang buruk dan tidak perlu dicontoh.
    • Punya rasa hormat dan mendorong terciptanya kepercayaan diri dan sikap terpuji pada anak.
    [​IMG]

    Cerita dari dongeng dapat dipetik manfaatnya, terutama dongeng-dongeng yang mengandung pesan
    moral. Adapun terdapat rekomendasi dongeng yang bisa dijadikan refrensi untuk buah hati anda, diantaranya:

    1. Malin Kundang

    Malin Kundang merupakan cerita rakyat Sumatera Barat. Malin Kundang adalah anak seorang janda bernama Mande Rubayah. Saat besar, Malin pergi merantau dan kembali dengan istrinya. Rupanya Malin berbohong, ia menyebut ibunya bukan seorang janda, melainkan dari keluarga bangsawan.

    Malu dengan istri, Malin tak mau mengakui ibunya itu. Dikutuklah Malin Kundang menjadi batu. Pesan moral yang bisa disampaikan ke anak adalah hormati orang tua dan jangan durhaka ke orang tua terutama ibunda.

    2. Si Kancil

    Kancil menjadi tokoh paling populer di antara tokoh dongeng anak Indonesia. Dongeng Kancil ada banyak sekali, mulai dar ceritai Kancil dan Buaya, Kancil dan Harimau, hingga Kancil dan Petani.

    Pesan moral yang terkandung dalam dongeng Kancil adalah jangan pernah menganggap remeh seseorang yang kecil. Jika ia memiliki kecerdasan bukan berarti ia tidak mampu melakukan sesuatu. Ya, seperti si Kancil ini.

    3. Timun Mas

    Timun Mas adalah gadis cantik yang lahir dari buah timun berwarna emas. Buah timun itu ditanam oleh seorang janda tua bernama Mbok Srini, yang sebelumnya mendapat petunjuk dari raksasa dalam mimpi.

    Raksasa itu menyuruh Mbok Srini untuk menanam biji timun. Apabila lahir seorang anak dari timun dan anak itu tumbuh besar, raksasa akan kembali memintanya untuk menjadi santapan. Namun, pada akhirnya dengan usaha keras, Timun Mas berhasil selamat.

    Pesan moral yang terkandung adalah bahwa dengan usaha dan kerja keras, segala rintangan dan cobaan dalam hidup ini akan berujung baik.
     
Loading...

Share This Page