4 Pilihan Menu MPASI 6 Bulan Pertama Terbaik

Discussion in 'Health & Medical' started by Siska Purbasari, Jun 19, 2018.

  1. Makanan pendamping ASI atau biasa disingkat dengan MPASI muali diberikan saat si kecil berusia 6 bulan. MPASI diberika secara bertahap. Mulai dari MPASI bayi 6 bulan yang bertekstur lembut hingga makanan bayi sudah sama dengan orang dewasa. Pemberian MPASI dikatakan berhasil apabila si Kecil dapat menelan dengan baik, memenuhi kebutuhan nutrisinya, dan tidak melebihi kapasitas sistem pencernaan dan ginjalnya.

    Perlu diingat bahwa MPASI hanyalah bersifat sebagai pendamping saja. ASI tetaplah sumber nutrisi utama. Walaupun begitu, sebagai orang tua, tentu menginginkan MPASI 6 bulan pertama terbaik untuk buah hatinya, bukan?

    Nah, jika Bunda masih bingung dengan MPASI apa yang terbaik untuk si Kecil? Yuk, simak beberapa pilihan menu yang terbaik untuk buah hati Anda!

    1. Buah
    Ada dua macam tekstur buah, yaitu empuk dan keras. Untuk buah empuk, Bunda bisa memberikan si Kecil buah alpukat, pepaya, atau pisang. Ketiga buah ini baik untuk dikonsumsi bayi karena alpukat merupakan sumber lemak yang baik dan pisang serta pepaya baik untuk pencernaan si Kecil. Bunda dapat mengerok buah-buahan tersebut dengan sendok atau dipotong-potong terlebih dahulu. Sedangkan untuk buah yang teksturnya keras, Bunda bisa memberinya apel atau pir namun kukus dan haluskan terlebih dahulu ya, Bun.

    2. Serealia
    Untuk jenis makanan serealia, Bunda dapat memberi si Kecil bubur beras dan oats. Cara penyajiannya yaitu dengan cara memasaknya terlebih dahulu menggunakan air bersih. Bubur beras menjadi makanan yang umum diberikan kepada bayi karena mudah didapatkan dan baik untuk bayi. Namun, sebaiknya pilih yang sudah difortifikasi dengan zat besi, mengingat kebutuhan zat besi akn meningkat setelah ia berusia 6 bulan.

    3. Lauk
    Ada dua jenis lauk yang manusia konsumsi yaitu lauk yang berasal dari hewan (hewani ) dan dari tumbuhan (nabati). Contoh lauk hewani yang dapat Bunda berikan kepada si Kecil yaitu daging sapi dan daging ayam. Karena, tekstur daging tidak sesuai dengan kemampuan bayi, maka olah daging tersebut menjadi kaldu lalu gunakan sebagai kuah atau untuk mengencerkan buburnya. Selain diolah menjadi kaldu, Bunda bisa mem-blender daging tersebut dan mengkreasikannya dengan bubur agar gizinya seimbang. Daging sapi dan ayam baik untuk dijadika MPASI karena mengandung protein tinggi dan mengandung zat besi serta vitamin B12. Sedangkan untuk lauk nabati, Bunda dapat memberikan tahu dan kacang merah. Selain teksturmya yang lembut, tahu dan kacang merah ini memiliki rasa yang disukai oleh si Kecil lho. Untuk menyajikannya, Bunda perlu mengukus dan mem-blender terlebih dahulu.

    4. Sayuran
    Ada banyak sekali jenis sayuran yang dapat Bunda berikan kepada si Kecil, diantaranya kentang, ubi, dan bayam. Umbi-umbian seperti kentang dan ubi juga dapat menjadi alternati dari bubur beras lho, Bun. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisinya yang tinggi. Sementara itu, bayam mengandung zat besi yang sangat baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

    Demikianlah beberapa pilihan menu MPASI 6 bulan pertama terbaik untuk buah hati Anda. Selain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil, MPASI juga berperan dalam membentuk pola makan dan pilihan makanan yang disukai oleh anak dalam jangka panjang lho. Oleh karena itu, berikan MPASI yang bervariasi agar si Kecil banyak mengenal rasa.

    Namun, untuk mengidentifikasi ada tidaknya alergi, berikan jenis makanan yang sama selama 2-3 hari berturut-turut. Berikan juga MPASI sesuai dengan jadwal makan bayi agar terhindar dari obesitas.
     
    Last edited by a moderator: Jun 19, 2018
  2. Rian Wijaya Kusuma

    Rian Wijaya Kusuma New Member

    Joined:
    Jun 12, 2018
    Messages:
    28
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kalau anak saya, pisang sanfresh doyan banget, paling diselingi sama mPASI jadi aja sih
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    893
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    MPASi emang enaknya bikin sendiri yaa, jadi lebih aman dan nyaman, kalau beli pabrikan, emang sih gampang, insstan tapi takutnya kurang tercerna dengan baik
     
Loading...

Share This Page