4 Wisata Pilihan di Purwakarta

Discussion in 'Tourism' started by Mohammad Nashiruddin, Aug 30, 2018.

  1. Mohammad Nashiruddin

    Mohammad Nashiruddin Member

    Joined:
    Dec 17, 2015
    Messages:
    70
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Purwakarta merupakan sebuah daerah yang berada di Provinsi Jawa Barat dan juga biasanya dijadikan sebagai tempat refreshing para wisatawan karena banyaknya tempat wisata di daerah tersebut. Sebagai daerah yang terkenal dengan banyaknya tempat yang bisa dikunjungi sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Selain karena tempat wisatanya itu sendiri, dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya, akses menuju Purwakarta ini jauh lebih mudah dan jarang terkena macet.

    Tol Purbaleunyi adalah sebuah akses jalan bebas hambatan yang menyatukan tiga kota, dan salah satunya adalah Purwakarta. Dalam artikel ini, saya akan berfokus pada macamnya tempat wisata di Purwakarta yang bisa anda kunjungi disaat berlibur bersama keluarga ataupun teman-teman.

    Situ Wanayasa

    Situ Wanayasa itu sendiri adalah sebuah tempat wisata yang berbentuk danau, dan berdekatan dengan tempat wisata lainnya, yaitu Curug Cipurut. Dengan menempuh kurang lebih 20Km dari pusat kota, anda sudah bisa menikmati keindahan dari Situ Wanayasa ini. Hal yang paling menarik dan terkenal di situ ini adalah dengan adanya sebuah pulau kecil di tengah-tengah danau Situ Wanayasa. Di tempat ini terdapat sebuah makam dari tokoh melegenda di Purwakarta, yaitu RA Suriawinata. Tokoh ini merupakan mantan bupati Karawang yang memiliki peran penting dalam berkembangnya daerah Karawang. Tentu saja dengan banyaknya jasa yang telah dilakukan olehnya, pemakamannya pun tidak pernah kunjung sepi dari kegiatan ziarah para wisatawan. Kondisinya pun sangat bersih dan indah untuk dilihat. Tentu saja tempat ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menghilangkan penat karena kesibukan pekerjaan ataupun karena kondisi kemacetan dan udara pengap di kota.


    Situ Buleud

    Selanjutnya adalah Situ Buleud yang merupakan tempat wisata Purwakarta yang masih belum ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Walaupun berlokasi di pusat kota, masih banyak orang yang belum menyadari betapa bersejarahnya danau ini. Danau yang juga digunakan sebagai landmark ini merupakan tempat peristirahatan para penjajah kolonial Belanda pada zaman dahulu. Seiring berjalannya waktu, tempat ini pun kini digunakan sebagai salah satu alun-alun kota yang biasanya dijadikan sebagai pusat kota dalam sebuah acara lokal. Situ Buleud ini pun dikabarkan akan segera direnovasi dengan dibuatnya sebuah museum bawah tanah yaitu tepat berada di bawah air terjun Siliwangi, Purwakarta.

    Waduk Jatiluhur

    Tempat wisata ketiga adalah Waduk Jatiluhur. Waduk Jatiluhur ini adalah tempat wisata terpopuler yang dimiliki oleh Purwakarta. Tempat yang bisa diakses dengan cepat baik dari pintu keluar tol purbaleunyi ataupun pusat kota Purwakarta, menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke kota ini. Di sekitaran danaunya pun terdapat banyak sekali hotel dan penginapan-penginapan kecil yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Adapun beberapa hal yang biasa dilakukan oleh wisatawan adalah berenang, memancing, ataupun berjalan-jalan disekitaran danau dengan menggunakan perahu kecil. Terlebih lagi ada sesuatu yang sanagat menarik disini, yaitu banyaknya restoran terapung di permukaan danau, dan para wisatawan bisa mengunjungi restoran tersebut dengan menggunakan perahu kecil.

    Waduk Cirata

    Bagi anda, wisatawan yang gemar memancing, pergi ke Waduk Cirata adalah jawaban yang sangat tepat. Dengan adanya wahana tempat memancing di danau yang sangat luas ini, tak bisa dipungkiri bahwa Waduk Cirata ini menjadi wahana memancing terlaris tahun ini. Ditambah lagi dengan adanya kabar bahwa PLTA Cirata adalah merupakan PLTA terbesar di Asia Tenggara. Tentu saja hal ini pun bisa memancing animo para wisatawan untuk datang dan berkunjung ke salah satu tempat wisata di Purwakarta ini, Waduk Cirata.

    Jangan lupa mampir juga bagi yang sedang berencana umroh dan ingin tahu persayaratan dan dokumentasinya apa saja yang harus disiapkan bisa mampir ke blog dokumen umroh
     
Loading...

Share This Page