5 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Java ?

Discussion in 'Programming' started by seotog, Sep 25, 2019.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    388
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    1. Bahasa Java mudah dipelajari

    Bila Anda melihat syntax yang ada pada program Java, kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, dan sedikit sekali karakter-karakter asing. Hal ini menjadikan program Java mudah dibaca dan juga mudah untuk dipelajari. Sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik, Java memang didesain agar mudah untuk dipahami oleh pengguna, dan menghasilkan produk dengan cepat melalui bahasa ini.

    2. Java merupakan Multiplatform

    Keuntungan utama dari bahasa Java adalah dapat dijalankan di beberapa platform/sistem operasi komputer saat ini, itu memang sesuai dengan prinsipnya yaitu tulis sekali, jalankan dimana saja. Dan berkat hal ini Java digunakan oleh para Programmer.

    3. Memiliki open source library yang sangat lengkap

    Java memiliki kelengkapan library/perpustakaan(kumpulan program-program yang disertakan dalam pemrograman Java) yang akan memudahkan Programmer dalam membangun aplikasinya.

    4. Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek

    OOP (Object Oriented Programming– Pemrograman Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat pada bahasa pemrograman Java adalah objek. Ini merupakan cara ampuh dalam pengorganisasian dan pengembangan perangkat lunak. Pada OOP, program komputer sebagai kelompok objek yang saling berinteraksi.

    Objek-objek ini ada secara independen, mempunyai aturan-aturan berkomunikasi dengan objek lain dan untuk memerintahkan objek lain guna meminta informasi tertentu atau meminta objek lain mengerjakan sesuatu. Kelas bertindak sebagai modul sekaligus tipe.

    Sebagai tipe maka pada saat jalan, program menciptakan objek-objek yang merupakan instan-instan kelas. Kelas dapat mewarisi kelas lain. Java tidak mengijinkan pewarisan jamak namun menyelesaikan kebutuhan pewarisan jamak dengan fasilitas antarmuka yang lebih elegan.

    5. Mempunyai dukungan dari komunitas

    Untuk saat ini Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Ini membuktikan bagaimana Java dapat membantu para developer untuk mempermudah pengembangan aplikasi. Java memiliki banyak sekali forum-forum yang aktif, stackoverflow, organisasi yang menyediakan open source dan beberapa grup dari pengguna Java untuk membantu segalanya.
     
Loading...

Share This Page