5 Aturan Jadi Penumpang Motor yang Baik Selama di Jalan

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 19, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    390
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Sebagai penumpang kita kerap kali tidak acuh dengan apa yang terjadi di jalanan. Saat di bonceng, justru lebih sering melakukan hal yang dilarang, seharusnya tidak boleh terus-menerus dilakukan. Sebagai penumpang kita harus memahami aturan agar bisa melakukan perjalanan dengan baik.

    Kalau Sobat Rider sering sekali menjadi penumpang motor, misal dengan abang ojek online atau ojek pangkalan, lakukan beberapa aturan di bawah ini. Selain bisa menghormati pengendara, perjalanan juga bisa berjalan dengan baik.


    1. Perhatikan Posisi Duduk
    Posisi duduk selama berada di atas motor harus benar. Sebisa mungkin duduk sejajar dengan pengendara motor. Jangan duduk agak miring ke kiri, ke kanan, atau duduk menyamping. Kecuali Anda menggunakan rok yang susah untuk dipakai duduk sejajar jangan sesekali duduk menyamping.

    Duduk menyamping akan membuat beban lebih berat ke salah satu sisi saja. Kalau pengendara tidak kuat menahan beban, bisa saja ambruk. Selanjutnya, kaku usahakan menutup dan tidak melebar ke samping karena akan membuat Anda dalam risiko saat berkendara.

    Terkadang sepeda motor atau kendaraan lain di belakang suka menyalip dan posisinya agak mepet ke motor yang Sobat Rider naiki. Kalau kaki melebar dan kendaraan dari belakang melaju kencang dan agak menempel, kaki akan bersenggolan dan picu rasa sakit dan bisa juga terjatuh.


    2. Berpegangan Kalau Bisa Dilakukan
    [​IMG]Berpeganganlah dengan pengendara saat berboncengan

    Sebisa mungkin untuk berpegangan pada pengendara di depan. Kalau pengendara orang yang Sobat Rider kenal seperti saudara atau pasangan, baiknya rangkul dari belakang atau tangan berada di pinggang. Hal ini, bisa membuat motor jadi lebih stabil saat berada di jalanan ramai.

    Selain membuat kendaraan jadi lebih stabil, penumpang juga jadi aman dan tidak jatuh. Coba bayangkan kalau mendadak pengendara melakukan gas dan menaikkan kecepatan, kemungkinan terjengkang ke belakang akan besar. Selanjutnya kalau melalui tanjakan yang cukup miring, berpelukan akan menghindari jatuh.

    Kalau Anda tidak bisa memeluk dari belakang, usahakan untuk memegang pakaian atau saku dari jaket. Memegang jok juga bisa dilakukan meski tidak direkomendasikan. Oh ya, Sobat Rider jangan sesekali memegang pundak karena bisa menurunkan kestabilan pengendara. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    371
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    duduk menyamping ternyata berbahaya , untunglah sekarang udah jarang yang duduk menyamping
     
    Budimola likes this.
  3. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    390
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Iya betul gan, karena bisa berbahaya buat pengendara maupun yang dibonceng
     
Loading...

Share This Page