5 Cara Mendapatkan Nilai Tinggi di Tugas Karya Ilmiah

Discussion in 'Education' started by Fadli Hafizulhaq, Apr 26, 2020.

Tags:
  1. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    38
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Kamu mungkin saja mendapatkan tugas menulis karya ilmiah di sekolah, dan tugas itu benar-benar sulit. Bagaimana tidak, menulis karya tulis ilmiah tak semudah menulis puisi yang bisa dilakukan siapa saja, terutama di masa pubertasnya. Karya ilmiah mesti ditulis dengan perencanaan yang matang dan langkah yang terukur.

    Lantas, apakah memang tidak ada cara mudah menulis karya ilmiah? Sebenarnya ada tips menulis karya ilmiah, tapi itu bisa kok kamu cari dengan mudah di jagat internet, karena kali ini saya ingin berbagai tentang cara mendapatkan nilai terbaik dalam tugas karya ilmiah.

    Mau tahu? Yuk, disimak.

    1. Carilah topik karya ilmiah yang unik

    Jika kamu ingin mendapatkan nilai terbaik dalam tugas karya ilmiah, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih topik yang unik. Unik di sini maksudnya adalah topik yang tidak banyak dikaji oleh orang lain, termasuk teman sekelasmu. Topik yang unik akan membuat karya ilmiahmu mencolok dari yang lain, dan tentu saja itu akan meningkatkan nilai yang bisa didapatkan dari guru atau pengajar.

    Oh ya, kamu bisa mencari topik ini dengan banyak-banyak membaca mengenai persoalan-persoalan terkini. Pastikan juga kamu memilih tema besarnya ya, misalkan mau menulis tentang ilmu sosial atau ilmu alam, setelah itu rincikan lagi sampai benar-benar spesifik biar karya ilmiahmu tidak mengambang.

    2. Tulislah karya ilmiah tersebut dengan sebaik mungkin

    Bagaimanapun, penulisan karya ilmiah yang baik tentu saja harus kamu lakukan jika menginginkan nilai terbaik pula. Pastikan kamu menulisnya mengikuti metode ilmiah yang berlaku dan mengutip referensi yang berkualitas agar karya tulis ilmiahmu berkualitas juga. Jika kamu mengambil data dengan melakukan eksperimen atau survei, pastikan jumlah sampel cukup untuk dievaluasi secara statistik ya.

    3. Ketahui kekurangan karya ilmiahmu sendiri

    Jangan cepat berpuas hati ketika kamu telah menyelesaikan sebuah karya ilmiah. Percayalah, karyamu itu masih mentah. Alias masih banyak kekurangannya di sana-sini. Hal yang bisa kamu lakukan adalah menguji karya ilmiahmu itu, salah satu caranya dengan menggunakan pertanyaan tentang karya ilmiah yang mungkin muncul jika naskahmu itu dibaca oleh penilai.

    4. Minta pendapat pakar atau orang yang lebih paham

    Sebagai pelajar, mungkin saja kamu belum terlalu mahir menulis karya ilmiah. Oleh karena itu, meminta pendapat orang lain layak untuk kamu lakukan. Sebagai misal, kamu meminta seorang kenalanmu yang merupakan mahasiswa apalagi dosen untuk membaca dan memberikan masukkan. Nah, masukkan dari mereka akan sangat berguna bagi perbaikan naskah karya ilmiahmu, bukan?

    5. Persentasikan dengan baik jika diminta

    Ada kalanya sebuah tugas karya ilmiah harus dipresentasikan di depan kelas. Tapi tentang saja, jika memang kamu menulisnya sendiri (atau bersama kelompokmu), kamu akan bisa presentasi dengan mudah. Hanya saja, kamu perlu menampilkan performa terbaik saat presentasi agar nilai tugasmu menjadi yang terbaik.

    Bagaimana caranya? Ya, bisa dengan menyiapkan bahan atau slide yang menarik. Membuat model atau skema yang memudahkan penjelasan. Berlatih public speaking serta banyak-banyak latihan sebelum tampil ke depan kelas. Sebab bisa jadi kamu sudah menguasai materi dengan sangat baik tapi semuanya menghilang ketika kamu sudah berada di depan kelas.

    Apa penyebabnya? Ya, karena grogi dan sebagainya.

    Nah, itulah sesi berbagi saya kali ini tentang cara mendapatkan nilai tugas karya ilmiah terbaik. Memang saya baru mencantumkan 5 tips saja, tapi yang saya tuliskan itu sudah merupakan tips atau cara terbaik untuk dilakukan lho. Semoga bisa membantumu dalam mengerjakan tugas ya.
     
  2. M. Rizky P. K.

    M. Rizky P. K. New Member

    Joined:
    Sep 16, 2019
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Jadi inget dulu pakai web yang direkomendasikan dosen kalau ga salah namanya onesearch.id
    Berguna banget itu web lengkap untuk cari referensi karya ilmiah.
     
  3. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    38
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Apa sekarang webnya masih aktif Mas? Tapi kalau mau cari referensi sekarang banyak sumber sih, seperti jurnal internasional. Mudah banget dicari.
     
  4. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    27
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Takutnya guru atau pengajar malah nggak mudeng dengan karya ilmiah yang kita buat
     
  5. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    38
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Jadi sia-sia juga usahanya ya gan, baiknya memang ambil topik yang tidak terlalu sulit, apalagi kalau yang mengerjakan adalah anak sekolah.
     
Loading...

Share This Page