5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan

Discussion in 'General Lifestyle' started by Samuel Samuel93, Oct 31, 2017.

  1. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    sumber: Shutterstock.com

    Ketika berbicara mengenai asuransi apalagi asuransi kesehatan, yang menjadikan nasabah merasa ragu untuk mendaftar sebagai bagian dari asuransi salah satunya karena "klaim yang sulit". Padahal faktanya, klaim asuransi sudah dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan para nasabah asuransi itu sendiri. layaknya perusahaan asuransi besar seperti Prudential atau Allianz, semua ketentuan dan persyaratan untuk klaim asuransi pun seharusnya sudah ada dalam polis asuransi yang dimiliki oleh nasabah.


    Klaim bahwa "klaim asuransi sulit" sayangnya justru muncul karena kurangnya pengetahuan nasabah mengenai syarat hingga cara pengajuan klaim itu sendiri. Sehingga sering kali, permintaan untuk klaim asuransi kesehatan pun ditolak atau ditangguhkan oleh perusahaan asuransi. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, Anda sebaiknya memperhatikan hal-hal apa saja yang wajib diketahui untuk pengajuan klaim asuransi.


    Di bawah ini, terdapat 5 hal penting yang wajib Anda ketahui ketika mengajukan klaim untuk asuransi kesehatan.


    1. Grace period atau masa tunggu


    Masing-masing polis asuransi yang dikeluarkan oleh perusahaan akan memiliki peraturan masing-masing. Tujuannya tentu untuk kemudahan dan memberikan kenyamanan bagi nasabah dan perusahaan asuransi sendiri. Salah satu peraturan yang wajib diperhatikan tersebut, adalah grace period. Grace period atau masa tunggu merupakan jeda dimana nasabah tak bisa melakukan klaim asuransi.


    Biasanya grace period atau masa tunggu ini diberikan kepada nasabah baru, tentunya untuk menjaga nasabah baru langsung melakukan klaim untuk asuransi kesehatan dimana akan bertentangan dengan polis asuransi itu sendiri. Masa tunggu asuransi kesehatan ini pun besarnya tergantung dari masing-masing perusahaan, mulai dari 30 hari hingga 60 hari.


    Sebelum mengajukan klaim, pastikan lagi mengenai lama waktu tunggu dari polis asuransi kesehatan yang Anda miliki.


    2. Masa tunggu bagi jenis penyakit tertentu


    Setelah masa tunggu atau grace period untuk nasabah asuransi yang baru bergabung, hal lain yang penting diperhatikan ialah masa tunggu bagi penyakit tertentu. Perusahaan asuransi biasanya akan memberikan peraturan dalam polis asuransi mengenai penyakit apa saja yang bisa masuk klaim dalam satu tahun pertama.


    Pada peraturan, memang ada beberapa penyakit yang akan masuk dalam masa tunggu pada satu tahun pertama saat baru menjadi nasabah baru. Jenis penyakitnya sendiri tergantung dari perusahaan dan jenis asuransi. Biasanya bila sebuah penyakit masuk dalam masa tunggu satu tahun, nasabah tak akan bisa melakukan klaim asuran si untuk penyakit tersebut. Setidaknya hingga masa tunggu berakhir.


    3. Pre-existing condition


    Apa itu pre-existing condition? Pre-existing condition merupakan penyakit yang sudah ada sebelum Anda mengajukan polis asuransi. Biasanya perusahaan asuransi akan menolak klaim untuk penyakit yang sudah dimiliki oleh nasabah sebelum mereka terdaftar menjadi bagian dari asuransi.


    Misalnya saja seperti ini, Anda sudah memiliki penyakit jantung sebelum mulai membeli polis asuransi dari asuransi Prudential atau Allianz. Maka polis asuransi tersebut tak akan bisa digunakan untuk klaim pengobatan dari penyakit jantung tersebut.


    Perarturan untuk pre-existing condition inilah yang sering sekali sulit diterima nasabah hingga akhirnya banyak klaim asuransi yang ditolak. Terlebih bila nasabah berniat untuk mengakali kondisi tersebut dan mengklaim baru mengalami penyakit diderita. Padahal perusahaan asuransi selalu memiliki cara untuk tracking dari penyakit yang diderita oleh nasabah.


    4. Penyakit tak masuk dalam cakupan perlindungan asuransi


    Satu lagi klausul peraturan dalam polis asuransi yang harus Anda perhatikan. Meski Anda membeli polis asuransi kesehatan, sayangnya tak semua penyakit dan masalah kesehatan akan di-cover oleh satu polis asuransi. Ada beberapa jenis polis asuransi kesehatan dengan cakupan perlindungan yang berbeda. Misalnya saja, polis asuransi kesehatan kritis untuk mengatasi masalah kesehatan dan penyakit yang sifatnya kritis, dan sebagainya.


    Inilah mengapa, ketika Anda mengajukan klaim untuk penyakit yang diderita, perhatikan dulu asuransi yang Anda miliki akan meng-cover penyakit tersebut sepenuhnya atau sebagian. Memperhatikan klausul dari polis asuransi memang menjadi satu kunci paling tepat sebelum membeli asuransi kesehatan untuk mencegah klaim Anda ditolak akhirnya.


    5. Riwayat kesehatan yang diberikan


    Ketika Anda membeli polis asuransi, perusahaan akan meminta kesepakatan underwriting, yang salah satunya berisi riwayat kesehatan. Sertakan semua informasi sejujurnya pada perusahaan mengenai apa saja riwayat kesehatan dan penyakit yang Anda derita. Informasi ini sebaiknya diberikan selengkap mungkin untuk mencegah dugaan penipuan polis asuransi ketika mengajukan klaim,


    Saat Anda mengajukan klaim, perusahaan pun akan kembali mengecek ulang dengan riwayat kesehatan yang Anda berikan. Apakah sesuai dengan klaim yang diajukan atau tidak.


    Asuransi memang bisa sangat membantu masalah keuangan untuk kesehatan. Asalkan Anda tahu betul mengenai klaim asuransi kesehatan tersebut nantinya. Jadi sebelum memutuskan membeli polis asuransi, perhatikan lagi untuk 5 hal di atas.
     
    Last edited: Oct 31, 2017
  2. syamsulrizal

    syamsulrizal New Member

    Joined:
    Nov 5, 2017
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    D forum ini boleh pasang backlink ya?

    Sent from my Redmi Note 2 using Tapatalk
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,876
    Likes Received:
    2,589
    Trophy Points:
    313
    Boleh asalkan sesuai rules...
     
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Hmmm ribet juga yaaa, lebih enak bpjs yaa udah otomatis semua
     
Loading...

Share This Page