6 Gunung Di Bali Yang Wajib Kamu Daki Saat Liburan

Discussion in 'Tourism' started by Akhor161, Aug 11, 2017.

  1. Akhor161

    Akhor161 Member

    Joined:
    Dec 20, 2016
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Mendaki 6 Gunung Di Bali Saat Liburan
    Di akhir pekan ini saya lagi-lagi akan membahas Bali. Apa? Bali?? Pulau dewata memang ngga pernah membosankan untuk mimin bahas. Memangnya apa aja sih yang bikin saya ngga pernah bosan membahasnya? Apalagi kalau bukan karena keindahan panorama, tempat wisata, kuliner, serta adat istiadatnya.

    Ya, semuanya bisa kamu dapatkan di Bali. Boleh dibilang, Bali merupakan salah satu surganya para wisatawan. Banyak hal pula yang bisa kamu lakukan di Bali. Salah satunya adalah dengan mendaki 6 gunung di bali. Ya, selain wisata pantai yang memukau, seni budaya, watersports, bali safari park, arung jeram, bali juga ternyata memiliki gunung-gunung yang selalu menunggu untuk kamu daki.

    Mendaki 6 Gunung Di Bali
    Jika kamu seorang pendaki gunung, tidak ada salahnya menjadikan Bali sebagai salah satu tujuan. Karena di sana juga ada beberapa gunung yang bisa dijadikan objek pendakian. Gunung-gunung yang ada di Bali memang tidak terlalu populer seperti Gunung Rinjani maupun Gunung Semeru. Namun, sebagaimana pada umumnya, gunung-gunung yang ada di Bali juga mampu membuat Kamu lebih dekat kepada Sang Pencipta.

    Gunung Agung merupakan titik tertinggi yang ada di daratan Bali. Jika kamu pernah ke Pantai Senggigi di Lombok, gunung ini akan terlihat menjulang diantara daratan yang ada di Bali. Tentu saja, Gunung Agung bukanlah satu-satunya gunung yang bisa kamu daki di Bali. Jika berniat menjelajahi gunung-gunung di Bali, berikut ini adalah 6 gunung yang bisa kamu daki.

    Gunung Agung
    [​IMG]
    Gunung Agung menjadi gunung yang wajib kamu daki terlebih dahulu sebelum mendaki gunung-gunung lain di Bali. Merupakan satu-satunya titik tertinggi di Bali. Gunung Agung memiliki ketinggian 3.031 mdpl. Gunung ini merupakan salah satu gunung terpenting bagi umat Hindu di Bali. Mereka percaya bahwa gunung ini adalah istana para dewa. Puncak Gunung Agung sendiri berbentuk memanjang dan berunjung pada sebuah kawah yang sangat lebar dan dalam. Dari atas gunung ini Kamu bisa melihat keindahan Pulau Bali dari ketinggian. Akan tampak Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok bila kamu berada di puncak Gunung Agung. Gunung Agung dapat didaki dari beberapa jalur. Namun jalur yang paling sering digunakan para pendaki adalah melalui Pura Bekasih.

    Gunung Batur
    [​IMG]
    Gunung Batur berada satu kawasan dengan Danau Batur. Keduanya ditetapkan sebagai global geopark pertama dari Indonesia. Jadi, saat mendaki gunung ini berarti kamu telah mendaki salah satu tempat yang diakui oleh UNESCO. Tinggi gunung ini memang tidak seberapa. Hanya 1.717 mdpl. Namun, Kamu tetap bisa menyaksikan keindahan dari ketinggian melalui gunung ini. Banyak wisatawan yang datang ke gunung ini hanya untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dari ketinggian. Gunung Batur sendiri dapat dicapai melalui beberapa jalur pendakian. Dua jalur pendakian yang paling terkenal adalah Pura Jati dan Toya Bungkah. Lokasi gunung ini tidak jauh dari Kintamani sehingga setelah selesai melakukan pendakian kamu bisa sekalian mampir ke sana.

    Gunung Abang
    [​IMG]
    Lokasi gunung ini juga tidak jauh dari Kintamani dan Danau Batur. Kaki gunung ini bahkan masih berada pada salah satu sisi Danau Batur. Dari puncak Gunung Abang, pemandangan Danau dan Gunung Batur akan terlihat sangat cantik. Saat mendaki gunung ini Kamu akan menemukan banyak sekali pura dengan arsitektur Bali kuno. Kawasan sekitar Gunung Abang sendiri merupakan tempat tinggal suku Bali Aga yang merupakan suku asli Bali. Gunung Abang memiliki tinggi 2.151 mdpl. Salah satu jalur pendakian gunung ini adalah melalui Jalur Songan yang memiliki jalur pendakian horisontal terpanjang di Bali. Jalur lain yang dapat dipilih adalah melalui Desa Suter.

    Gunung Batukaru
    [​IMG]
    Dengan tinggi 2.276 mdpl, Gunung Batukaru merupakan gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung. Gunung ini sendiri merupakan gunung yang memiliki peranan penting bagi masyarakat Bali khususnya Bali Tengah karna di kaki-kai gunung inilah sebagian besar hulu sungai di Bali Tengah berasal. Kawasan di sekitar Gunung Batukaru sendiri juga merupakan kawasan konservasi cagar alam yang bertujuan untuk menjaga ekosistem alam. Di puncak Gunung Batukaru Kamu akan menemukan pura kecil bernama Pura Puncak Kedaton. Butuh waktu sekitar 3 sampai 4 jam untuk sampai ke puncak Gunung Batukaru. Ada tiga jalur terkenal yang dapat digunakan untuk menuju ke puncak yakni Desa Jatiluwih, Pura Batukaru dan Desa Pujungan.

    Gunung Catur aka Puncak Mangu
    [​IMG]
    Gunung yang satu ini berada di daerah Bedugul. Selain dikenal dengan Puncak Mangu, gunung ini juga dikenal dengan Gunung Catur. Pemandangan dari atas gunung ini sangat indah karna dikelilingi oleh Danau Beratan dan Danau Buyan. Dari puncak gunung ini Kamu juga bisa melihat hampir semua gunung-gunung yang ada di Bali karna memang lokasi dari gunung ini berada di tengah-tengah sirkum pegunungan di Pulau Dewata. Gunung ini memiliki tinggi 2.096 mdpl. Di puncak, terdapat sebuah pura yakni Pura Pucak Mangu. Saat mendaki gunung ini mungkin kamu akan bertemu dengan umat Hindu yang hendak beribadah di pura tersebut. Ada dua jalur pendakian ke gunung ini yakni melalui Bedugul serta Petang.

    Gunung Lesung
    [​IMG]
    Berada di sebelah selatan Danau Tamblingan. Gunung Lesung juga menjadi salah satu objek pendakian yang menarik. Walau tingginya hanya 1.865 mdpl, Kamu masih bisa menikmati sensasi pendakian di gunung ini. Di beberapa titik gunung ini Kamu akan menemukan patung-patung tua lengkap dengan sesajennya. Gunung ini memiliki sebuah kawah yang besar. Ada mitos yang menyebutkan bahwa di dasar kawah tersebut hidup kawanan menjangan. Track menuju puncak gunung merupakan area vegetasi yang cukup lembab. Seperti beberapa gunung sebelumnya, di puncak Gunung Lesung Kamu juga akan menemukan sebuah pura. Jalur pendakian gunung ini terdapat desa Tamblingan.

    Sumber
    Mendaki 6 Gunung Di Bali Saat Liburan
     
  2. Dadan rusdan

    Dadan rusdan Well-Known Member

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    1,964
    Likes Received:
    215
    Trophy Points:
    63
    Gunung agung keren banget viewnya ...beuhhhh
     
  3. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,219
    Likes Received:
    165
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    dari 6 gunung diatas
    baru pernah mendaki gunung batur saja :D
     
  4. Akhor161

    Akhor161 Member

    Joined:
    Dec 20, 2016
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Istananya Para Dewa
     
  5. Akhor161

    Akhor161 Member

    Joined:
    Dec 20, 2016
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Lanjut yang lainnya..
     
  6. Dhika Suryaatmaja

    Dhika Suryaatmaja Member

    Joined:
    Aug 4, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Viewnya mantap mantap yah..
     
  7. Akhor161

    Akhor161 Member

    Joined:
    Dec 20, 2016
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    iya den @Dhika Suryaatmaja mantep abis,, ngga kalah sama gunung-gunung lainnya di pulau jawa dan yang lainnya.
    [​IMG]
    Gunung Agung​
     
  8. appmob

    appmob New Member

    Joined:
    Aug 11, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gunung agung keren banget viewnya :D
     
  9. Isfan Fajar

    Isfan Fajar Member

    Joined:
    Aug 10, 2017
    Messages:
    74
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    pernah kebali, tapi ga ngedaki gunung *depresi2*
     
  10. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,049
    Likes Received:
    147
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Ini yang paling keren... :D
     
  11. jafar indo

    jafar indo New Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Di instagram banyak gunung yang tidak patut di takuti gan..
     
  12. rosyad

    rosyad Well-Known Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,028
    Likes Received:
    66
    Trophy Points:
    48
    Weeuh, matep semua. Bikin adem di mata.
     
  13. justin

    justin Member

    Joined:
    May 22, 2017
    Messages:
    59
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Gunung batur merupakan gunung dengan track paling seru
     
  14. Akhor161

    Akhor161 Member

    Joined:
    Dec 20, 2016
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    sayang banget den @Isfan Fajar lanjut lagi lain waktu ke Bali khusus mendaki
     
  15. Akhor161

    Akhor161 Member

    Joined:
    Dec 20, 2016
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    mendaki gunung lewati lembah
    *wow2*
     
  16. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    325
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Kayanya selain pantai, persawahan, adat, gunung" dibali pun punya ciri khas yg menarik untk dikunjungi, mudah"an bisa ke salah satu nya kapan"...
     
  17. Akhor161

    Akhor161 Member

    Joined:
    Dec 20, 2016
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    amiinnnn...
    keseruan di bali emang banyak buuuaaannggeeettt
     
  18. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    291
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    sangat rekomendasi ke Gunung Batur tempatnya keren
     
  19. Purnama wati

    Purnama wati New Member

    Joined:
    May 3, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    sekarang gunung agung lagi status awas, sangat berbahaya untuk didaki. semoga saja gak jadi meletus *nangis1*
     
Loading...

Share This Page