8 Tips Praktis untuk Pindahan Anti Stres dan Tanpa Beban

Discussion in 'General Discussion' started by Triana A., Jul 28, 2020.

  1. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    47
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Pindah ke rumah baru merupakan momen yang menyenangkan. Pasti kamu sudah tidak sabar untuk menata furnitur dan mendekorasi kamar baru. Namun hari-hari menjelang pindahan bisa menjadi hari-hari paling merepotkan dan membuat stres.

    Ada begitu banyak yang harus dipersiapkan. Kamu harus memilah barang, memasukkannya ke dalam boks, kemudian mengangkut ke tempat tinggal barumu. Belum lagi kamu perlu membongkar barang-barang besar seperti kasur, furnitur, dan sejumlah alat elektronik besar.

    Agar pindahanmu tidak merepotkan, simak tips-tips yang bisa kamu lakukan sebelum pidahan berikut!

    Tentukan Jadwal Pindahan
    Sebelum mulai beres-beres, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menjadwalkan pindahanmu. Ambil cuti selama beberapa hari untuk melakukan pindahan. Setelah pindahan, kamu tentu harus merapikan barang-barangmu dulu di rumah baru. Dengan menetapkan hari untuk pindahan, kamu jadi bisa mulai siap-siap dan mengemas barang beberapa hari atau bahkan minggu sebelumnya sehingga tidak ada yang tertinggal.

    Pilah Barang-Barang yang Sudah Tidak Dibutuhkan
    Sebelum mengepak barang, pilah-pilah dulu barang yang kira-kira tidak kamu butuhkan lagi. Pisahkan barang mana yang ingin kamu jual, mana yang ingin kamu sumbangkan, dan mana yang harus dibuang. Dengan memilah barang, kamu bisa menghemat biaya pindahan.

    Barang yang kamu perlu pindahkan juga jadi lebih sedikit sehingga tempat tinggal barumu tidak penuh dengan barang-barang yang sudah tidak lagi kamu gunakan. Malah kamu mendapat uang tambahan dengan menjual barang-barang bekas.

    Buat Daftar
    Saat pindahan rumah ada begitu banyak barang yang harus dikemas. Agar tidak ada yang tertinggal, sebaiknya buat daftar barang-barang apa saja yang perlu dibawa. Saat hari pindahan kamu tinggal mengikuti daftar yang sudah kamu buat. Kamu bisa membagi list berdasarkan tipe-tipe barang misalnya barang elektronik, perabotan rumah, dan sebagainya. Mengelompokan barang-barangmu juga akan memudahkanmu saat sudah pindah ke rumah baru dan harus mulai menata barang.

    Cicil Pengepakan Barang
    Jangan mulai mengemas barang pada hari H saat pindahan. Ini akan membuatmu kewalahan dan kemungkinan ada barang yang tertinggal akan lebih besar. Maka itu, mulailah cicil mengemas barang setidaknya beberapa hari sebelum pindahan.

    Kamu bisa mulai dari ruangan yang barang-barangnya paling jarang kamu gunakan misalnya kamar tamu atau garasi. Buka pintu lemari dan kabinet pada hari H agar kamu bisa memastikan semua barang telah kamu kemas.

    Pisahkan Barang Kebutuhan Sehari-hari
    Kemas barang-barang yang biasa kamu pakai sehari-hari seperti piring, obat-obatan, baju ganti, charger, dan lain-lainnya di tas atau koper berbeda. Tujuannya agar saat sedang pindahan kamu tidak perlu kesusahan mencari barang-barang tersebut.

    Selain itu, saat sudah di tempat tinggal baru pasti kamu membutuhkan beberapa hari untuk menata semuanya hingga rapi. Dengan memisahkan barang keperluan sehari-hari di tas sendiri, kamu tidak perlu membongkar boks satu per satu hanya untuk mencari piring atau gelas.

    Beri Label pada Boks
    Untuk memudahkanmu dalam mencari barang, sebaiknya beri label pada boks. Kamu bisa mengkategorikannya berdasarkan ruangan atau kegunaannya, misalnya barang-barang untuk ruang tamu atau keperluan dapur.

    Agar memisahkan barangnya lebih cepat kamu bisa menggunakan label berwarna. Misalnya warna biru untuk barang-barang dapur, warna merah untuk barang-barang elektronik, dan seterusnya. Dengan melakukan ini, kamu bisa menata barang-barang di tempat tinggal baru dengan lebih cepat dan efisien.

    Foto Pengaturan Kabel
    Menata ulang alat elektronik seperti televisi dan komputer bisa membingungkan dengan banyaknya kabel yang harus disusun. Jika kamu lupa susunannya, kamu akan memerlukan banyak waktu untuk mencoba-coba susunan kabel yang benar agar alat elektronik bisa menyala seperti semula.

    Agar tidak buang-buang waktu, sebelum membongkar alat elektronik sebaiknya foto terlebih dahulu kabel-kabel di belakang televisi dan alat elektronik lainnya. Jadi saat di rumah baru kamu tinggal menyusun sesuai dengan foto. Hal ini juga bisa kamu terapkan untuk menyusun barang-barang lainnya yang ingin kamu samakan seperti di tempat tinggal lamamu. Misalnya peletakkan hiasan atau penataan rak.

    Gunakan Jasa Pengangkut
    Mengurus pindahan sendiri bisa sangat merepotkan. Agar lebih mudah, gunakan jasa pindahan yang bisa membantumu mengangkut semua barang-barangmu dengan aman ke tempat tinggal baru. Dengan menggunakan jasa pengangkut, pindahan jadi terasa lebih ringan dan kamu juga tidak kelelahan karena harus melakukan semuanya sendirian. Gunakan jasa pengiriman barang yang terpercaya dan menyediakan layanan tambahan untuk pengangkut agar membuat pindahanmu lebih mudah dan aman.

    Sumber: 8 Tips Praktis untuk Pindahan Anti Stres dan Tanpa Beban
     
Loading...

Share This Page