Ais: Mesin Pengais Konten Negatif

Discussion in 'General Internet' started by ais elkiram, Feb 14, 2019 at 1:36 PM.

  1. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,255
    Likes Received:
    211
    Trophy Points:
    63
    Beberapa waktu lalu saya membuat weblog baru sebagai keisengan saya karena tergiur dengan harga promo domainnya. Ais.web.id itu domain didapatkan dengan harga 10.000 rupiah saja.

    Tapi ini berbeda ya dengan Ais si mesin pengais konten negatif milik Kominfo, perbedaan nya malah sangat jauh. Walau namanya juga " Ais " tapi fungsinya berbeda dengan Ais yang ada pada saya hehe.. Nama saya dengan nama mesin ini hanya kebetulan saja sama, jadi bukan karena saya lah pembuatnya :D:D:D

    2018 kemarin kominfo meluncurkan sebuah mesin pengais konten negatif seperti: konten encek-encek atau sejenisnya, konten berbahaya beserta kerabatnya, dll. Harganya -+ 200miliar rupiah. Biasa ajah kali dengar 200miliar, yang namanya juga mesin pengais konten bentuknya kan kita nggak tahu segede apa atau secanggih apa?.

    Cara kerja Mesin AIS di CD9.

    Dengan memasukkan kata kunci tertentu, AIS hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit untuk menemukan situs dan akun media sosial penyebar konten negatif. Potensi viral-nya konten negatif tersebut juga bisa teridentifikasi. Biro Humas Kominfo mengimbau masyarakat tak perlu khawatir soal privasi atau kemungkinan Internet di Indonesia bakal penuh sensor. Ia menjamin tim Cyber Drone 9 tak akan digunakan pemerintah untuk mengawasi semua pengguna internet dan media sosial

    Mesin AIS di Cyber Drone 9 hanya mempercepat proses crawling konten negatif yang tadinya dilakukan secara manual. Mesin itu tak dibekali “senjata pembunuh” situs, akun media sosial, portal berita, dan lainnya. Hasil temuan mesin AIS akan diverifikasi ulang oleh tim verifikator yang terpilih dan terlatih. Bukti nyata konten negatif akan di-screencapture, lalu diteruskan ke tim eksekutor untuk tindakan terakhir. Jika sebuah situs atau akun memang dianggap meresahkan dan melanggar aturan yang berlaku di Indonesia, tim eksekutor Cyber Drone 9 akan memblokirnya dengan berkoordinasi ke penyedia jasa Internet dan penyelenggara media sosial.

    Menurut Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan yang turut hadir dalam acara tersebut, mesin Ais dapat memiliki kemampuan untuk mengklasifikasi jutaan tautan yang terdeteksi mengandung konten negatif.

    "Dalam tiga hari ini, mesin ini mampu mendeteksi sekitar 120 ribu situs porno dari Indonesia, itu hasil dari 1,2 juta alamat internet yang di-crawling. Bayangkan sementara yang berjalan dalam beberapa tahun ini kami baru menapis 700 ribu lebih situs porno," kata pria yang biasa dipanggil Semmy itu.

    Meski begitu, ke depannya bukan hanya Kemkominfo yang bisa menggunakan mesin ini. Semmy mengatakan mesin Ais nantinya juga dapat digunakan oleh instansi-instansi lain yang membutuhkan penanganan konten negatif.

    “Bukan hanya Kominfo, bisa dikoordinasikan dengan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) kalau mencari konten berbau teroris, dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) konten investasi bodong, obat-obat yang tidak berizin dengan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), penjualan narkoba melalui internet dengan BNN (Badan Narkotika Nasional), bukan hanya untuk kebutuhan Kominfo," jelasnya.

    Sebelumnya Kemkominfo telah menggelar lelang untuk pengadaan mesin ini yang anggarannya sebesar Rp 211 miliar. Lelang itu kemudian dimenangkan oleh PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) dengan harga penawaran Rp 198 miliar dan harga terkoreksi Rp 194 miliar.

    Oleh karena itu, PT INTI-lah yang bertanggung jawab membangun mesin pengais konten negatif ini untuk Kemkominfo.

    Sumber: Kominfo
     
  2. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,589
    Likes Received:
    739
    Trophy Points:
    113
    Google+:
  3. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,255
    Likes Received:
    211
    Trophy Points:
    63
    Kalau saya bisa, mungkin sudah berhenti nulis di blog dan forum. Untung nggak bisa ... :D
     
  4. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,404
    Likes Received:
    205
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    mungkin segede gaban :D
     
  5. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,255
    Likes Received:
    211
    Trophy Points:
    63
    Mungkin saja, yang namanya juga kemungkinan. Mungkin juga tangan nya banyak, kan fungsinya nangkapin konten-konten tertentu begitu...:D
     
  6. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,229
    Likes Received:
    182
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kabar buruk bagi pembuat dan AGC gamger biru
     
  7. Kang Aceng

    Kang Aceng Member

    Joined:
    Aug 5, 2016
    Messages:
    286
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Gaban itu segede apa ya ?
     
  8. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,255
    Likes Received:
    211
    Trophy Points:
    63
    Ini Gaban ... masih ingat kan?
    [​IMG]
     
    ziuma likes this.
  9. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,255
    Likes Received:
    211
    Trophy Points:
    63
    *takut* untung saya bikin nya gamger pink..
     
    Last edited: Feb 14, 2019 at 9:36 PM
  10. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,738
    Likes Received:
    2,550
    Trophy Points:
    313
    Saya sudah dewasa, tapi kenapa nggak bisa buka situs dewasa? :cool:
     
  11. pasitive

    pasitive New Member

    Joined:
    Nov 27, 2018
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Bagaimana pun, sistem AIS akan tetap meminta data pada Google dulu. Baru dipilah. Kenapa gk sekalian kerjasama aja. Kok malah bikin sistem baru? 200 miliar, emang masyarakat makan sistem.
     
  12. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,255
    Likes Received:
    211
    Trophy Points:
    63
    Mungkin belum benar-benar dewasa atau kelebihan dewasanya :D:D
     
  13. blackking

    blackking Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    893
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    28
    Harganya itu kalau buat beli krupuk dapat berapa yah
    tidak bisa dibayangkan
     
  14. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,255
    Likes Received:
    211
    Trophy Points:
    63
    10 pabrik kerupuk ...
     
  15. Kang Aceng

    Kang Aceng Member

    Joined:
    Aug 5, 2016
    Messages:
    286
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Saya baru tau kalau gaban itu seperti ini. Mungkin karena saya masih terlalu muda :cool:
     
  16. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    322
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Semoga tim ini memang nyata adanya dan terlatih dibidangnya, gx tim abal2 saja yg kerja suka2 hati
     
  17. Wong Blajar

    Wong Blajar Member

    Joined:
    Dec 14, 2015
    Messages:
    317
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Saya Suka Hal Ini Semoga Bisa benar Benar Jos Gandos
     
  18. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,255
    Likes Received:
    211
    Trophy Points:
    63
    Harus! kan 200 miliar. Bisa nggak bisa ya bisa..
     
Loading...

Share This Page