Apa itu Warehouse dan Seberapa Penting Untuk Usaha?

Discussion in 'General Business' started by Darin Rania, Apr 23, 2021.

  1. Darin Rania

    Darin Rania Member

    Joined:
    Mar 25, 2021
    Messages:
    20
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Pengertian Warehouse
    Bisa dikatakan warehouse merupakan bagian tidak terpisahkan dari rantai pasokan modern yang menyangkut proses sourcing, produksi, sampai distribusi barang atau produk. Mulai dari bahan baku, proses produk setengah jadi sampai produk jadi.

    Sedangkan Warehouse Management adalah sistem yang dibuat untuk memudahkan kinerja manajemen gudang dari sistem ini dapat digunakan sebagai pendorong proses supply chain.

    Fungsi Warehouse
    1. Penyimpanan Barang
    2. Sebagai Pengamanan Produk
    3. Sebagai Penyusun Packing
    4. Untuk Meningkatkan Inventory dan Re-Order


    Manfaat Warehouse Management System
    1. Mengurangi pengeluaran perusahaan : seluruh peralatan yang digunakan secara manual tidak terlalu dibutuhkan dan dapat menekan biaya operasional bisnis kamu karena system yang dibuat sudah terstruktur dan rapi.

    2. Meningkatkan Efektivitas dan efisiensi : Dengan menggunakan warehouse management system dapat membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan.

    3, Dapat meningkatkan kepuasan pelanggan :
    system ini membuat kinerja karyawan semakin cepat dan pengemasan barang bisa dilakukan cepat sheingga pengiriman barang lebih singkat untuk sampai ditangan pelanggan.

    Jenis-jenis Warehouse
    • Berdasarkan wilayah geografis, warehouse terbagi menjadi 3 yaitu gudang nasional yang nantinya akan melayani daerah di seluruh wilayah negara, gudang regional yang melayani seluruh dunia atau beberapa negara, lalu gudang local yang hanya melayani wilayah tertentu saja
    • Berdasarkan jenis produk, ini dibagi sesuai dengan produknya misalnya gudang untuk menyimpan suku cadang, gudang makanan, hingga gudang khusus untuk penyimpanan barang berbahaya.
    • Berdasar kepemilikan, gudang ini ada yang dikelola sendiri punya perusahaan dan gudang yang dikelola perusahaan jasa logistic.
    • Berdasarkan tahapan, gudang dibagi ke dalam rantai pasokan misalnya untuk menyimpan bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi.
    • Berdasarkan peralatan yang digunakan, gudang terbagi dari peralatan otomatis dan juga gudang yang menggunakan tenaga manual.
     
Loading...
Similar Threads - Warehouse Seberapa Penting
  1. lordard
    Replies:
    0
    Views:
    465

Share This Page