Benarkah Rokok Elektrik Jauh Lebih Berbahaya Dari Rokok Tembakau?

Discussion in 'Health & Medical' started by Muhammad Tri Sutrisno, Oct 10, 2016.

  1. Muhammad Tri Sutrisno

    Muhammad Tri Sutrisno New Member

    Joined:
    Apr 28, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Rokok elektrik atau rokok elektronik merupakan salah satu jenis rokok baru yang sedang menjadi fenomena baru di seluruh masyarakat dunia. Di Indonesia sendiri rokok elektrik menjadi tren terbaru sebagai pengganti rokok tembakau. Pertanyaan besarnya adalah, apakah merokok dengan rokok elektrik aman? Atau jauh lebih berbahaya?
    [​IMG]


    World Health Organization (WHO)

    WHO merilis sebuah laporan yang berisi tentang anjuran untuk tidak menggunakan rokok elektrik di dalam ruangan. Hal ini karena Rokok elektrik bisa mengeluarkan racun seperti rokok tembakau. Meski tidak mengeluarkan asap, uap rokok elektrik yang mengandung zat kimiayang berbahaya juga dapat menimbulkan polusi udara.

    Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM)

    Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia memperingatkan masyarakat bahwa rokok elektrik yang beredar di pasaran adalah produk yang ilegal dan belum terbukti keamanannya. Menurut BPOM, rokok elektrik ini mengandung nikotin cair dan bahan pelarut seperti propilen glikol, dieter glikol, dan gliserin. Dan jika semua bahan itu dipanaskan akan menghasilkan senyawa nitrosamine. Taukah kalian bahwa senyawa tersebut dapat menyebabkan kanker.


    Kandungan Rokok Elektrik:

    Nikotin

    Nikotin merupakan zat yang terdapat pada daun tembakau. Tahukah kalian zat nikotin berfungsi sebagai obat perangsang namu juga memberikan efek candu. Itulah sebabnya banyak perokok aktif yang sulit berhenti merokok alias kecanduan.


    Propilen glikol

    Propilen glikol merupakan cairan senyawa organik yang tidak berbau dan tidak berwarna, namun memiliki rasa agak manis. Lembaga Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat atau FDA telah menyatakan bahwa senyawa propilen glikol aman jika digunakan dalam kadar yang rendah.


    Gliserin

    Gliserin merupakan sebuah cairan kental yang tidak berbau dan juga tidak berwarna. Zat gliserin sering kali digunakan dalam dunia farmasi dan sering pula dipakai oleh industri makanan. Gliserin berfungsi sebagai pengantar rasa dan nikotin dalam penggunaan rokok elektronik.


    Hingga kini status keamanan dari rokok elektrik pun masih terus diteliti, apakah memiliki dampak jangka panjang atau tidak, meskipun di klaim dari produsen rokok elektrik aman belum sepenuhnya terbukti.

    Langkah terbaik adalah kita bisa sepenuhnya tidak tergantung terhadap niikotin dan zat apapun dan mulai belajar hidup sehat ! Semoga bermanfaat!
     
  2. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,654
    Likes Received:
    758
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    saya sudah lama stop merokok tradisional & baru stop juga roko elektrik :D
    @Muhammad Tri Sutrisno silakan baca rules kembali terkait thread & link-nya. Dikhawatirkan muncul banyak akun share link yang sama sumbernya seperti thread ini
     
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    wah ternyata malah lebih berbahaya dari rokok biasa ya
     
Loading...

Share This Page