Bisnis Pulsa Aja Belum Cukup, Mari Berbisnis PPOB

Discussion in 'Online Business' started by Yudiono Budiman, Jun 25, 2019.

  1. Yudiono Budiman

    Yudiono Budiman New Member

    Joined:
    Jun 13, 2019
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Pulsa masih berguna di masyarakat meski sebagian besar lebih mengandalkan paket data untuk berkomunikasi. Setidaknya, pulsa masih dimanfaatkan sekadar untuk berjaga-jaga kalau tidak ada koneksi internet. Selain itu juga dipakai agar nomor HP kita tetap aktif. Soalnya kalau tidak diisi pulsa secara berkala, nomor bisa diblokir.

    Pulsa juga masih bisa dimanfaatkan untuk aktivasi paket data. Bisa juga dipakai untuk Google Pay jika kita mau beli buku, game, film, dan sebagainya dari Play Store.

    Memang harus diakui intensitas masyarakat untuk beli pulsa semakin berkurang dengan adanya paket data. Berbeda dengan kondisi di dekade 2000-an ketika pulsa masih menjadi primadona. Semua operator seluler berlomba memberikan harga murah untuk layanan SMS dan telepon.

    Hadirnya Smartphone Mengubah Kebiasaan Beli Pulsa

    Populernya HP smartphone mengubah kebiasaan masyarakat yang semula sering mengandalkan pulsa menjadi mengandalkan paket data atau koneksi internet dalam berkomunikasi. Ada berbagai layanan yang menyerupai SMS dan telepon berupa aplikasi chatting yang mana biayanya lebih murah.

    Bahkan aplikasi chatting masa kini tidak hanya menyediakan layanan pesan singkat dan telepon saja, tetapi juga group chat, pengiriman gambar, audio, dan video. Kini juga mengambil peran email karena bisa dipakai untuk berkirim dokumen.

    Konter pulsa saat ini tampaknya juga lebih disibukkan menjual kartu perdana berisi paket data ketimbang pulsa elektronik. Bagi Anda yang sebelumnya hanya fokus di penjualan pulsanya saja karena belum cukup modal untuk membuka konter pulsa, maka jualan pulsa saja belum cukup. Maka, perlu ada variasi produk untuk dijual selain pulsa. Hal ini bisa terfasilitasi oleh platform atau aplikasi PPOB.

    PPOB atau Payment Point Online Banking bisa dibilang sebagai alat pembayaran berbagai tagihan layanan umum seperti jaminan kesehatan, PDAM, listrik, dan sebagainya. Namun, tidak hanya membayar tagihan saja. Dengan PPOB, Anda bisa mendapatkan produk-produk yang bersifat elektronik.

    Pulsa sendiri merupakan produk berbentuk elektronik yang tersedia di PPOB. Sebagai produk elektronik, maka transaksinya cepat. Kita bayar dan tak lama kemudian pulsa terkirim ke HP kita. Berbeda dengan produk yang bersifat fisik, kita bisa mendapatkannya harus melalui jasa ekspedisi.

    Produk Elektronik PPOB

    Selain pulsa, apakah ada produk elektronik lainnya? Tentu saja ada, yaitu token listrik, tiket pesawat, tiket KAI, dan voucher game. Begitu Anda membayar, produk tersebut dikirim dengan cepat. Kalau token listrik, akan langsung masuk ke meteran. Kalau beli tiket kereta dan pesawat, Anda bisa mendapatkan kode booking untuk ditunjukkan saat check-in di bandara.

    Adanya beragam produk dan layanan yang disediakan PPOB ini bisa dijadikan peluang bisnis oleh Anda. Bagi Anda yang telah lama berbisnis pulsa, tentu Anda masih bisa berjualan pulsa dengan PPOB. Tak hanya bisnis pulsa online, Anda pun bisa menjual token listrik, tiket KAI dan pesawat.

    Anda juga bisa membuka jasa pembayaran tagihan PLN, BPJS, PGN, telepon, internet Indihome, dan sebagainya. Tagihan tersebut biasanya harus dibayar per bulan. Kalau ada banyak pelanggan setia yang membayar tagihan layanan umum itu di tempatmu, maka bisa menjadi sumber pemasukan bulanan.

    Dengan adanya variasi produk seperti penjelasan di atas, Anda sebagai pelaku bisnis PPOB bisa mendapatkan sumber pemasukan dari ragam produk dan layanan yang ada pada PPOB. Bisnis pun juga bisa dijalankan dengan mudah dan cepat dengan beberapa sentuhan pada layar HP saja. Ada yang bilang bahwa ketika menjalankan bisnis PPOB, Anda juga dijuluki sebagai “Loket Berjalan”.

    Lalu apakah aplikasi PPOB yang bisa memfasilitasi bisnis PPOB seperti itu? Yang mendukung kemudahan dan keamanan transaksi?
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,146
    Likes Received:
    83
    Trophy Points:
    48
    Kalau ane menggunakan aplikasi paytren sudah hampir setahun mungkin untuk membeli pulsa, paket data dan sebagainya, namun masih untuk penggunaan sendiri
     
  3. Yudiono Budiman

    Yudiono Budiman New Member

    Joined:
    Jun 13, 2019
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mantap, terima kasih infonya
     
Loading...

Share This Page