Cara Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka

Discussion in 'Health & Medical' started by YanuarPraja, Oct 11, 2018.

  1. YanuarPraja

    YanuarPraja New Member

    Joined:
    Oct 3, 2018
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Setiap orang pasti pernah mengalami luka. Entah itu luka pada kulit, luka pada organ dalam tubuh, ataupun luka di hati ( bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya putus cinta. Namun hal ini tentunya tidak akan dibahas :D)... Yang akan kita bahas disini adalah luka pada kulit.

    Luka pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya goresan terhadap benda, sayatan benda tajam, luka akibat kulit terbakar, luka karena sebelumnya mengalami penyakit kulit dan sebagainya.

    Luka pada kulit memang terbilang mudah untuk disembuhkan, kita hanya perlu membeli obat-obatan yang memang diformulasikan untuk menyembuhkan luka. Obat-obatan yang dijual juga beragam, ada yang berbahan kimia maupun berbahan herbal.

    Namun pada kebanyak kasus, luka yang sudah sembuh dapat meninggalkan bekas. Dan terkadang, bekas luka yang ditinggalkan ini membandel dan terbilang sulit untuk dihilangkan.

    Memang ada beberapa bekas akibat luka ringan (misalnya luka gores) yang dapat hilang dengan sendirinya, namun bagaimana dengan bekas yang diakibatkan luka berat (misalnya luka bakar, luka tusuk dll)? Tentunya bekas luka tersebut akan sulit untuk dihilangkan.

    Maka dari itu, kita harus menggunakan obat-obatan lagi untuk menghilangkan bekas luka ini. Ada banyak obat-obatan yang dijual untuk mengatasi bekas luka, namun Anda bisa mencoba beberapa cara alami untuk menghilangkan bekas luka seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

    Jeruk Nipis

    Jeruk nipis merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi dan kaya akan antioksidan. Kandungan ini akan sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada bekas luka, sehingga bekas luka akan hilang dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, jeruk nipis bermanfaat untuk mencerahkan kulit.

    Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu mengoleskannya pada bagian kulit yang terdapat bekas luka. Diamkan selama 30 menit dan bilaslah menggunakan air bersih. Lakukan hal tersebut setidaknya sekali dalam sehari.

    Madu

    Bukan hanya enak untuk dikonsumsi, tenyata madu juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka. Madu mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Madu juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit lhoo.

    Cara pengolahnnya sangat mudah. Kita hanya perlu menggunakan 1 sdm (sendok makan) madu lalu mengoleskannya pada bekas luka. Diamkan 30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan hal ini setidaknya satu kali dalam sehari.

    Lidah Buaya

    Kita pasti tahu bahwa lidah buaya bermanfaat untuk kesehatan rambut, namun tidak hanya itu manfaatnya. Lidah buaya juga dapat kita gunakan untuk mengatasi bekas luka. Lidah buaya mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

    Cara pengolahannya cukup mudah. Ambilah bagian dalam dari lidah buaya yang berupa gel, lalu oleskan pada bekas luka. Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan hal ini setidaknya sekali dalam sehari.

    Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat! :)
     
Loading...

Share This Page