Cara Belajar Membaca agar Belajar Lebih Menarik

Discussion in 'General Discussion' started by Windi Ariska, Sep 3, 2016.

  1. Windi Ariska

    Windi Ariska Member

    Joined:
    Dec 5, 2014
    Messages:
    403
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]
    Belajar membaca menjadi salah satu hal yang sangatlah penting bagi seorang anak. Dalam hal ini, tentunya akan jauh lebih baik bila anak sudah bisa membaca tanpa harus masuk ke sekolah terlebih dahulu. Hal ini karena membaca adalah keterampilan dasar yang memang harus dikuasai. Untuk itu, tentunya anda membutuhkan cara belajar membaca yang efektif untuk membantu anak anda. Cara yang sangat efektif memang diperlukan dalam belajar membaca. Membaca bukanlah perkara yang mudah. Terkadang, membaca menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan untuk dilakukan. Seorang anak pastinya ingin lebih banyak bermain. Sangatlah susah untuk membuat anak anda untuk duduk diam dan belajar membaca.

    Kenyataannya, belajar membaca tidak harus dilakukan dengan duduk dan diam. Anda bisa mencari alternatif sehingga anak anda tidak harus merasa tidak nyaman. Anak anda tentunya harus selalu merasa nyaman, lebih lagi ini adalah untuk belajar. Bila belajar dalam keadaan tidak nyaman dan justru tertekan, bisa jadi belajar tidak akan efektif dan hasilnya akan mengecewakan. Dalam hal ini. Anda bisa menggunakan permainan. Anda bisa membeli karpet huruf.

    Ini adalah media sederhana yang akan sangat berguna untuk menemani anak anda belajar membaca. Dengan karpet huruf, anak anda bisa belajar semua huruf dengan mudah. Anda bisa membuatnya menjadi permainan atau tebak-tebakan sehingga anak anda terpacu untuk mengetahui semua huruf yang ada. Begitu sudah waktunya belajar membaca, maka anda hanya perlu membuat permainan menggunakan suku kata atau kata-kata sederhana. Anda bisa memulainya dengan kata dasar yang paling sering digunakan.

    Selain menggunakan permainan, anda bisa juga menggunakan gambar. Anda bisa membuat atau mencetak gambar dengan tulisan di bawah gambar tersebut. Cara ini akan membantu anak anda dalam mengetahui cara membaca. Tentunya, anda bisa memulainya dari kata-kata yang sudah sangat akrab atau benda-benda yang disukai oleh anak anda. Dengan cara belajar membaca ini, tentunya belajar tak lagi serasa belajar, namun justru terasa seperti permainan. Cara seperti ini akan membantu anak anda agar bisa belajar dengan lebih nyaman dan bahagia.
     
  2. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    764
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    kalau saya biasanya mengajari anak kecil membaca melalui media video yang ada di yutub
     
Loading...

Share This Page