Cara Mengatasi Sariawan Mulai dari Kebiasaan Sehat Hingga Obat Alami

Discussion in 'Health & Medical' started by Josua Rifandy Siahaan, Oct 17, 2019.

  1. Josua Rifandy Siahaan

    Josua Rifandy Siahaan New Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Salah satu hal yang membuat seseorang kehilangan selera makan adalah sariawan. Hampir setiap hari seseorang mengalami sariawan dan biasanya sariawan akan bertahan sangat lama. Rasa perih dan nyeri pada bibir ketika makan membuat selera makan hilang dan malas untuk berbicara. Biasanya sariawan akan diikuti dengan bibir kering dan pecah-pecah. Maka dari itu perlu cara merawat dan mengatasi sariawan agar tidak semakin parah dan bertambah.

    Cara Mengatasi Sariawan dengan Kebiasaan Sehat

    Meskupun sariawan tidak berbahaya namun menimbulkan rasa yang tidak nyaman terutama saat makan. Ketika makan, mulut yang terkena sariawan akan terasa perih dan begitu nyeri. Rasa itulah yang membuat anda tidak selera makan, padahal tubuh memerlukan asupan gizi. Oleh karena itu ada beberapa cara untuk mengatasi sariawan yang perlu anda coba. Berikut penjelasannya.

    1. Menjaga dan merawat kebersihan mulut

    Salah satu cara untuk mengatasi sariawan agar tidak bertambah banyak atau muncul kembali adalah menjaga kebersihan mulut. Sariawan identik dengan rasa perih yang terjadi ketika memakan sesuatu. Oleh karena itu menjaga kebersihan mulut merupakan hal yang penting. Merawat kebersihan mulut bisa dilakukan dengan hal yang sederhana mulai dari pola kebiasaan sehari-hari seperti menggosok gigi secara rutin, kurang lebih dua kali sehari. Sikat yang digunakan harus mempunyai bulu yang lembut agar saat menggosok gigi tidak melukai gusi. Gusi yang terluka bisa menyebabkan sariawan. Kemudian gunakan obat kumur setelah sikat gigi, tidak lupa menggunkan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang berada di sela-sela gigi. Terakhir adalah setiap 6 bulan sekali datang ke dokter gigi untuk memeriksa keadaan gigi secara rutin.

    2. Mencukupi nutrisi harian untuk tubuh

    Jika anda mengalami sariawan maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuh seperti mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B (B12, B6, dan asam folat). Beberapa makanan yang mengandung vitamin B adalah buah bit, asparagus, paprika, hati sapi, bayam, brokoli, dan pepaya. Selain makanan anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin B.

    3. Menghindari makanan yang memicu sariawan

    Jika penyebab dari sariawan yang anda alami adalah makanan pedas maka anda harus menghindari makanan tersebut. Apabila kedua jenis makanan tersebut merupakan makanan favorit anda , maka usahakan untuk menguranginya terlebih dahulu.

    4. Berhati-hatilah ketika sedang makan

    Ketika anda sedang makan maka anda harus berhati-hati hindari kebiasaan mengunyah terburu-buru. Apalagi makan sambil berbicara dan tertawa terbahak-bahak. Hal ini dikarenakan untuk menghindari tergigitnya lidah atau bibir yang bisa menyebabkan sariawan.

    5. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

    Selain beberapa cara diatas, anda juga harus mencukupi cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Ketika anda sedang sariawan dan asupan untuk cairan tubuh berkurang maka sariawan tidak kunjung sembuh tetapi semakin bertambah. Kemungkinan akan diikuti dengan bibir yang kering dan pecah-pecah.

    Cara Mengatasi Sariawan Menggunakan Obat Alami

    Selain dengan pola kebiasaan yang sehat, anda juga bisa mengatasi sariawan dengan berbagai obat alami. Berikut ini beberapa obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sariawan.

    1. Air garam

    Obat alami yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Garam mudah ditemukan dan praktis untuk digunakan. Sebelumnya setengah sendok teh garam akan dilarutkan kedalam sebuah gelas yang berisi air hangat kemudian diaduk rata dan digunakan untuk kumur-kumur. Kumur-kumur dilakukan kurang lebih 1 sampai 2 menit. Lalu muntahkan dan bilas dengan air putih. Mengapa garam dapat mengatasi sariawan? Karena garam memiliki kandungan yang bersifat antibakteri dan antiradang yang bersifat untuk mencegah sariawan. Garam juga bermanfaat untuk mencegah infeksi yang terjadi pada mulut.

    2. Kelapa

    Obat alami yang selanjutnya adalah kelapa. Kelapa dipercaya dapat menyembuhkan peradangan luka pada sariawan. Sehingga luka pada sariawan tidak semakin parah. Cara penngunaan kelapa untuk pengobatan sariawan sebenarnya cukup mudah hanya dengan mencampurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa, kemudian oleskan pada luka saiwan menggunakan cuttonbuds. Ulangi cara ini kira-kira 3 sampai 4 kali dalam sehari hingga sariawan mulai mengempis.

    3. Madu

    Salah satu pilihan obat alami untuk mengatasi sariawan adalah madu. Cara penggunaan madu juga sangat mudah hanya dengan mengoleskannya ke bagian mulut yang terserang sariawan. Perlu anda ketahui bahwa sariawan memiliki kandungan yang bersifat antiradang dan antibakteri yang bisa mengurangi rasa perih dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. Ada juga sebuah penelitian di Arab Saudi yang mengatakan bahwa terdapat 94 partisipan yang sudah mengoleskan madu pada bibir yang terkena sariawan selama 4 hari secara rutin.

    4. Kantong teh bekas

    Obat alami yang selanjutnya adalah kantong teh bekas. Kantong teh bekas digunakan untuk mengompres mulut yang terkena sariawan. Perlu diketahui bahwa manfaat dari kantong teh bekas adalah menetralisir lingkungan mulut yang bersifat asam.

    Menurut American Academy of Periodontology sisa teh yang telah diseduh mempunyai manfaat yang bisa membantu mengurangi resiko penyakit gusi. Cara penggunaanya pun cukup mudah hanya dengan menempelkan kantong teh celup bekas pada bagian sariawan selama lima menit.

    5. Lidah Buaya

    Obat alami yang keenam adalah lidah buaya. Biasanya sariawan akan membuat seluruh bagian mulut nyeri dan mati rasa. Oleh karena itu anda perlu mencoba lidah buaya untuk menyembuhkan sariawan yang begitu perih. Caranya hanya dengan mengoleskan getah yang dihasilkan lidah buaya ke bagian bibir yang terkena sariawan. Kemudian biarkan selama beberapa jam dan ulangi cara ini 3 sampai 4 kali hingga sariawan mulai mengempis.

    Selain beberapa obat alami diatas, anda juga bisa menggunakan obat kumur untuk meredakan sariawan. Karena salah satu penyebab sariawan adalah kebersihan mulut tidak terjaga. Anda juga bisa menggunakan obat sariwan yang dibeli diapotek sesuai dengan ajuran dan resep dokter. Jangan lupa untuk menghindari makanan yang bersifat pedas dan asam.

    Nah, itulah beberapa cara mengatasi sariawan yang dapat anda coba di rumah. Mulai dari pola kebiasaan sehari-hari dan juga cara mengobati sariawan menggunkan obat-obatan yang bersifat alami dan mudah ditemukan serta praktis untuk digunakan.
     
Loading...

Share This Page