Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Discussion in 'General Business' started by lordard, Oct 31, 2019.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    42
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan senang atau kecewa yang dirasakan oleh seorang pelanggan setelah membandingkan antara ekspektasi yang terhadap suatu produk atau jasa dengan kesan terhadap hasil yang dia dapatkan. Maka dari itu, standar kepuasan berdasarkan dengan perasaan yang dirasakan pelanggan setelah mendapatkan produk atau jasa yang dibelinya.

    Dengan kata lain, jika pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa yang dia beli, maka dapat dikatakan bahwa kualitas produk atau kualitas pelayanan dari sebuah perusahaan dianggap baik. Namun, jika sebaliknya, maka bisa jadi kualitas produk dan kualitas pelayanan dari perusahaan tersebut masih rendah. Selain itu, ada juga perasaan pelanggan yang netral, yakni tidak puas, namun juga tidak kecewa. Dalam hal ini, tentunya Anda harus bisa menarik perasaan pelanggan agar condong ke arah puas.
    Feedback yang dapat Anda dapatkan dari penilaian kepuasan pelanggan ini adalah Anda dapat mengetahui nilai plus minus dari produk dan jasa yang Anda jual. Sehingga Anda bisa melakukan peningkatan dari produk dan jasa Anda, dan tentunya akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk dapat meningkatkan kepuasan konsumen, Anda harus mengetahui dan memahami faktor yang memiliki pengaruh atas kepuasan yang didapatkan oleh konsumen.

    Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi kepuasaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang perusahaan Anda jual. Pertama tentu saja kualitas produk atau jasa yang Anda jual. Pelanggan akan menilai apakah produk atau jasa tersebut sepadan dengan biaya yang harus mereka keluarkan untuk membelinya. Biasanya, pelanggan akan mencari produk atau jasa yang murah, namun memiliki kualitas yang baik. Namun, tidak menutup kemungkinan pelanggan Anda berminat untuk membeli produk atau jasa Anda dengan harga yang tinggi. Selama kualitasnya setara dengan ekspektasi setelah pengorbanan dengan yang pelanggan lakukan.

    [​IMG]

    Pada dasarnya, Anda juga bisa memasukkan nilai emosional pada produk dan jasa yang Anda tawarkan. Hal ini biasanya berhubungan dengan nilai sosial yang dapat membuat pelanggan merasa puas saat sedang menggunakan produk atau jasa tersebut. Saat ini Anda bisa menemukan banyak contoh perusahaan atau individu yang menjual berbagai produk dan jasa yang memiliki nilai emosional. Misalnya, jika Anda merupakan pengusaha yang menyediakan jasa pijat. Anda bisa menambahkan penggunaan aroma terapi sebagai pewangi ruangan Anda agar memberikan efek rilex kepada pelanggan yang masuk ke toko Anda. Hal-hal seperti ini bisa jadi terlihat sederhana, tetapi dapat membawa dampak positif yang besar jika Anda terapkan ke perusahaan Anda.

    Selain hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya, cara Anda merespon pertanyaan atau chat pelanggan (yang menggunakan fitur chat sebagai media) juga menentukan tingkat kepuasan pelanggan. Tentunya pelanggan tidak akan merasa puas jika Anda lambat dalam merespon pertanyaan pelanggan, meski produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik. Hal ini merupakan salah satu hal yang krusial dalam transaksi jual beli, terutama dalam dunia online shop. Anda juga bisa menyediakan media untuk dengar keluhan dari pelanggan, atau dengan menyediakan media untuk pelanggan memberikan nilai (rating) pada produk atau jasa yang Anda jual.

    Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menambah kepuasan pelanggan adalah dengan memberikan diskon dengan periode tertentu, terutama bagi pelanggan setia Anda. Langkah ini juga merupakan langkah yang sangat strategis untuk Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan Anda. Anda hanya perlu sedikit bermain dengan angka/ harga jual produk atau jasa Anda agar langkah ini tidak menimbulkan kerugian bagi Anda.

    Jika apa yang saya sampaikan kurang memuaskan, anda dapat menyewa jasa Creative Agency Jakarta untuk mendapatkan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda

    Well' semoga bermanfaat ya
     
  2. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    492
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  3. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    160
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    mantap betul semoga bisa menjadi inspirasi:D
     
  4. ayongopi

    ayongopi New Member

    Joined:
    Nov 19, 2019
    Messages:
    20
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    6
    apa ada contoh lainnya untuk mnambahkan nilai emosional ke dalam produk
     
Loading...

Share This Page