Cara Mudah Menghilangkan Rasa Bosan Saat Belajar di Rumah

Discussion in 'General Discussion' started by Barunasasra, Oct 23, 2020.

  1. Barunasasra

    Barunasasra New Member

    Joined:
    Sep 28, 2020
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Belajar di rumah diperpanjang sampai akhir tahun, beberapa dari kamu pasti sudah bosen banget belajar dari rumah kan?

    Siapa sih yang nggak kangen dengan suasana kelas, bertemu dengan teman-teman, bertatap muka dengan guru? Tapi kondisi pandemi di negara ini membuat kita harus belajar di rumah masing-masing.

    Tips Belajar di Rumah Yang Menyenangkan

    Walaupun menjenuhkan, kamu masih bisa mengikuti beberapa trik agar suasana belajar di rumah semakin menyenangkan. Bagaimana caranya, yuk kita bahas satu persatu.

    Buat Kelompok Belajar Kecil

    Salah satu penyebab rasa bosan belajar di rumah adalah karena kamu tidak bisa ketemu dengan teman-teman kan? Nah, untuk mengatasi rasa bosan ini, ada baiknya kamu membuat kelompok belajar kecil bersama teman-teman terdekatmu.

    Ingat, hanya yang terdekat ya. Pastikan juga teman yang kamu ajak dalam kondisi sehat, dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

    Selain bisa saling bantu, kelompok belajar ini juga bisa membangkitkan mood dan motivasi belajar kamu lho. Interaksi bersama teman-teman berpengaruh pada kesehatan mental.

    Ganti Suasana Belajar

    Belajar dari rumah memiliki keuntungan tersendiri. Salah satunya adalah kamu bisa mengganti suasana belajar kamu di rumah, yang bisa membantu mengatasi rasa bosan kamu.

    Misalnya kalau selama ini kamu belajar di kamar kamu atau di ruang keluarga, kamu bisa pindah belajar di teras atau halaman belakang rumah.

    Suasana halaman depan atau belakang yang terbuka bisa membuat kamu menghirup udara yang lebih segar dan meningkatkan mood belajar kamu.

    Lakukan Aktivitas Olahraga Ringan

    Salah satu dampak belajar dari rumah adalah kamu jadi jarang bergerak. Kegiatan ringan seperti jalan kaki saja menjadi jarang kamu lakukan selama belajar dari rumah.

    Padahal gerakan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berjalan santai bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh kamu dan membantu meningkatkan mood kamu.

    Makanya, saat kamu sudah merasa jenuh belajar, kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk melakukan aktivitas olahraga ringan, seperti jalan santai di rumah, workout ringan, atau yoga.

    Dengan melakukan aktivitas olahraga, otak kamu akan melepaskan dopamin, serotonin, endorfin, dan adrenalin yang bisa membuat kamu bahagia.

    Luangkan Waktu untuk Hobi Kamu

    Melakukan hobi yang kamu sukai merupakan salah satu cara agar tidak bosan belajar dari rumah. Oleh karena itu, kamu harus bisa meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang kamu sukai.

    Berkreasi membuat karya seni, membaca novel, menonton film yang belum sempat kamu tonton, mencoba resep masakan baru, atau berkebun pasti bisa membuat kamu lebih rileks dan bahagia.

    Sesekali bolehlah bermain game sampai puas demi menjaga mood tetap baik. Tapi ingat, jangan sampai kebablasan ya.

    Nah itu dia beberapa tips menghilangkan rasa bosan saat belajar di rumah. Semoga cukup membantu ya.

    Sumber: Pahamify.com
     
  2. SUBMITClimb

    SUBMITClimb Member

    Joined:
    Jun 6, 2016
    Messages:
    30
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    kalau istri saya, sejak corona dan kerjanya lebih banyak dari rumah ketimbang berangkat ke kantor, dia malah belajar masak. Katanya siapa tahu bisa di uangkan dengan membuat video masak plus sambil mengisi waktu kosong

     
Loading...

Share This Page