Hadits Kemuliaan Ibu dalam Islam

Discussion in 'General Lifestyle' started by Muh. Wira Wijaya, Dec 4, 2016.

  1. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    674
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Sebagai bahan pengingat bahwa di dalam Islam posisi atau kedudukan wanita sama dengan laki-laki. Walaupun dengan peran dan tugas yang berbeda. Namun jika ingin lihat ternyata peran dan tugas mereka itu sesuai dengan fitrahnya mereka masing-masing.

    Sebagai contoh, perempuan ditugaskan mengurus rumah tangga dan mengurus anak-anaknya. Ini tidak lepas dari fungsi wanita sebagai makhluk yang dikarunia oleh Allah kemampuan kasih sayang dan tentunya rasa kasih sayang kepada anak itu semakin besar karena wanita yang melahirkan.

    Berbeda dengan laki-laki misalnya, jalur ibadah dan pengabdian mereka berbeda. Sesuai dengan kondisi yang ada pada diri mereka. Laki-laki diberikan kelebihan fisik dibanding wanita. Maka salah satu tugas berat yang harus dilakukan oleh laki-laki adalah sebagai pemimpin dalam keluarga yang diantara tugas pokoknya adalah mencari nafkah.

    Adalah sesuatu yang picik jika ada orang-orang yang kemudian mempertentangkan tugas, peran dan fungsi diantara perempuan dan laki-laki. Bahkan yang lebih berbahaya adalah pemahaman yang salah bahwa 'seolah' perempuan dan laki-laki dalam arena perlombaan. Entah dalam karir ataupun yang lain. Sehingga fungsi-fungsi mereka yang seyogyanya sesuai dengan kodrat mereka terabaikan.

    Kemuliaan Ibu dalam Islam
    Karena wanita yang melahirkan, maka ada bagian pahala yang sangat luar biasa atas hal ini. Banyak hadits tentang wanita yang menjelaskan hal ini.

    Salah satu yang bisa kami petik dan mungkin mahsyur atau umum kita dengar adalah hadits berikut ini.
    Ada seseorang datang menemui Nabi SAW dan bertanya, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku selayaknya berbuat baik?’ Beliau menjawab, ‘Kepada ibumu!’ Orang tadi bertanya kembali, ‘Lalu kepada siapa lagi? Rasulullah menjawab, ‘Ibumu.’ Kemudian ia mengulangi pertanyaannya, dan Rasulullah tetap menjawab, ‘Kepada ibumu!’ Ia bertanya kembali, ‘Setelah itu kepada siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Kepada bapakmu!'” (Bukhari: 5971, Muslim: 2548).

    Bentuk penghormatan kepada anak memang tidak boleh tebang pilih, semisal ia sangat menghormati ibunya namun abai atau sama sekali tidak mau menghormati dan mendengar nasihat dari ayahnya. Tidaklah demikian.

    Hadits yang ada ingin menjelaskan kepada kita betapa mulianya peran ibu dan outputnya adalah seorang pria semakin sayang dan respect dengan peran wanita dalam kehidupan.

    Seorang anak bisa belajar kasih sayang dari ibunya. Dan bisa belajar tentang keteladanan dari sosok ayahnya. Mengajar dan mendidik anak adalah hal yang luar biasa karena sedang mempersiapkan generasi yang cemerlang di masa yang akan datang. Oleh karena itu, cara mendidik anak laki-laki dan perempuan dalam Islam harus menjadi bagian yang prioritas pula.

    Demikianlah kemuliaan wanita dan ibu dalam Islam. “Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim)
     
Loading...
Similar Threads - Hadits Kemuliaan dalam
  1. maswildan
    Replies:
    0
    Views:
    663

Share This Page