Ini Dia 5 Tren Bisnis Tahun 2021

Discussion in 'General Business' started by bagas35, Mar 3, 2021.

  1. bagas35

    bagas35 Member

    Joined:
    Feb 8, 2018
    Messages:
    63
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Kita semua tahu kalau Covid-19 telah menimbulkan economic shock, yang mempengaruhi ekonomi secara perorangan, rumah tangga, perusahaan mikro, kecil, menengah maupun besar, bahkan mempengaruhi ekonomi negara dengan skala cakupan dari lokal, nasional, dan bahkan global. Pandemi Covid-19 telah menyita banyak perhatian dari berbagai pihak.

    Para akademisi, pakar ekonomi, politik, dan tokoh agama pun ikut angkat bicara. Dampak corona terhadap perekonomian masyarakat cukup signifikan. Bagi masyarakat yang bekerja sebagai Pegawai Sipil Negara (PNS), juga para pekerja kantoran bisa melakukan pekerjaan dari rumah (work from home), dan mendapatkan gaji tetap setiap bulannya.

    Bagi masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja harian dan pedagang keliling, PSBB cukup berdampak terhadap penghasilan mereka. Ada di antara mereka yang di PHK karena perusahaan tempat bekerja bangkrut sehingga mereka kehilangan pekerjaan dan pendapatan.

    Disamping banyaknya pedagang yang terdampak buruk dari Pandemi ini, bisnis juga menjadi salah satu bidang yang banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia di masa Pandemi ini, seperti pemilik usaha di bidang kesehatan dan kebersihan lingkungan.

    Dikarenakan Pandemi ini sangat berhubungan dengan kesehatan dan kebersihan diri, maka penggiat usaha/ pebisnis yang menjalankan produksi hand sanitizer, sabun tangan, dan tissue basah, serta perusahaan farmasi menjadi hype.

    Sehingga dapat kita pahami bahwa pandemi corona membawa keuntungan bagi sejumlah penggiat usaha. Mereka bisa mendapatkan keuntungan yang besar karena mereka bisa melihat peluang usaha di tengah pandemi Covid-19 ini.

    Bagi masyarakat yang memiliki modal, management, dan relasi yang sangat banyak dapat membuka usaha di bidang kesehatan dan kebersihan lingkungan yang sekarang ini menjanjikan keuntungan yang sangat besar.

    Namun, tidak hanya itu saja loh! Masih ada beberapa tren bisnis yang terus berkembang bahkan sampai tahun 2021 ini. Yuk simak di bawah ini!


    Tren Bisnis 2021
    Pertama
    , bisnis makanan dan minuman rumahan, bekerjasama dengan grab food/go food/yang semisalnya. Dengan adanya kebijakan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maka banyak masyarakat yang lebih memilih untuk melaksanakan aktivitas di rumah.

    Makanan dan minuman adalah kebutuhan primer, mau tidak mau setiap hari pasti mereka membutuhkannya. Bisnis ini bila ditekuni bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan dan bisa menjadi solusi untuk menghasilkan uang, terutama bagi yang di PHK maupun pengangguran.

    Kedua, Bisnis makanan olahan yang dibekukan. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat masyarakat harus membatasi geraknya di luar rumah. Bisnis makanan beku merupakan solusi yang menarik untuk ditawarkan, karena makanan ini tahan lama, praktis, dan mudah untuk disajikan.

    Masyarakat bisa menghemat waktu untuk belanja, karena bisa langsung belanja makanan beku ini untuk stock beberapa pekan. Misalnya, bakso beku, nugget, ayam, sosis, kentang, dim sum, dan lain-lainnya. Makanan tersebut dapat disajikan secara cepat tanpa mengolahnya lagi, tinggal digoreng ataupun dikukus.

    Ketiga, Jasa logistik. Di tengah wabah corona ini, dimana masyarakat dianjurkan untuk bekerja, beribadah, dan belajar dari rumah, maka sangat diperlukan jasa distribusi/penghantaran logistik. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Hanya dengan modal sebuah motor ataupun mobil pickup sudah bisa membuka jasa penghantaran logistik.

    Keempat, bisa menjual baju bekas layak pakai, atau yang sering disebut sebagai preloved. Selain mendapatkan keuntungan, bagi yang yang melakukan preloved akan membantu dalam mensortir baju-baju yang sudah tidak dipakai!

    Kelima bisnis yang menjanjikan selanjutnya adalah obat-obatan herbal. Sebab, selain makanan prioritas konsumen lainnya adalah kesehatan untuk menjaga imunitas tubuh tetap fit di tengah ancaman penyebaran virus corona.

    Di masa pandemi ini, obat herbal diburu konsumen karena dinilai lebih aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang ketimbang obat yang mengandung bahan kimia. Obat herbal yang berasal dari tumbuhan ataupun yang alami, seperti sekarang ini yang sedang banyak dijual adalah madu.


    Yuk Berbisnis di Tahun 2021 Ini!
    Begitu banyak peluang usaha di tengah wabah corona ini. Masyarakat terutama yang belum memiliki pekerjaan, ataupun yang ingin mencari tambahan penghasilan bisa memulai usaha sesuai dengan kondisi keuangan dan peluang yang ada di sekitarnya.

    Diharapkan dengan mencari peluang usaha yang tepat, dapat membuka lahan lapangan pekerjaan yang baru di tengah pandemic corona ini, menyerap banyak tenaga kerja, menambah penghasilan, dan terpenuhinya kebutuhan hidup.

    Baca juga: Prosedur Pendirian PT Terbaru di Indonesia
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    282
    Likes Received:
    74
    Trophy Points:
    28
    Kalau usaha makanan minuman, mau pandemi atau tidak selalu akan jadi trend bisnis karena dalam kondisi apapun orang butuh makan. Hanya saja hadirnya gofood maupun grabfood makin memudahkan orang yang jualan makanan minuman tidak perlu memiliki tempat yang strategis. Bahkan dari rumah dalam gang bisa, asal citarasanya cocok di lidah konsumen
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,129
    Likes Received:
    2,693
    Trophy Points:
    413
    Pracangan atau sembako juga tetap laku. Kalau gak laku dimakan sendiri. :D
     
  4. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,666
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Semua dagangan laku kalau ada yang beli
    yang gak laku mau memulai jualan tapi gak jadi.
     
Loading...

Share This Page