Inilah Cara-Cara Mudah Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Discussion in 'Health & Medical' started by Faniditya Ramadhan, Nov 27, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan New Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    94
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Gangguan sistem pencernaan sering ditandai dengan gejala-gejala seperti mual, kembung, atau mengalami kondisi perut yang terisi penuh setelah makan. Gaya hidup yang kurang baik menjadi salah satu faktor utama mengapa Anda seringkali mengalami gangguan sistem pencernaan. Mulai dari pola makan yang tidak teratur, jajan sembarangan, hingga merokok dan mengonsumsi minuman bersoda.

    Namun, Anda tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa cara mudah untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan. Untuk lebih tahu lengkapnya, simak informasi berikut ini.

    Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Probiotik

    Kandungan bakteri baik atau probiotik di dalam makanan fermentasi ternyata juga dapat berfungsi mengatasi gangguan sistem pencernaan. Probiotik dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan memecah laktosa di dalam usus. Selain itu, bila dikonsumsi secara teratur, makanan fermentasi tersebut juga bisa meningkatkan imunitas sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit.

    Penuhi Kebutuhan Cairan dengan Minum Air Putih

    Agar gangguan sistem pencernaan bisa teratasi, sebisa mungkin untuk cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda setiap harinya. Cairan tubuh yang tercukupi akan membuat sistem pencernaan berjalan dengan lancar.

    Konsumsi setidaknya 8 gelas air setiap harinya atau 2 liter air. Dengan asupan air yang cukup, Anda akan jarang mengalami dehidrasi sehingga tubuh menjadi lebih segar dan kesehatan pencernaan pun terjaga dengan baik.

    Mengubah Kebiasaan Tidur yang Salah

    Ketika mengalami gangguan sistem pencernaan, jangan langsung berbaring karena hal itu malah dapat memperparah kondisi Anda. Tidur akan lebih nyenyak jika Anda menahan diri untuk tidak berbaring sampai gejala hilang. Apabila memungkinkan, ada baiknya Anda menunggu tiga jam setelah makan terlebih dahulu baru kemudian Anda tidur.

    Selain itu, sebisa mungkin jangan bersandar di sofa atau kursi setelah makan. Anda bisa menempatkan balok di bawah kaki kepala ranjang untuk menaikkan posisi kepala dan bahu. Jika memang ranjang tidak bisa diangkat, Anda juga dapat menggunakan beberapa bantal untuk membuat posisi Anda terasa lebih nyaman.

    Melakukan Relaksasi

    Salah satu penyebab terjadinya gangguan sistem pencernaan adalah stress. Percaya atau tidak, nyatanya stress dapat memicu gangguan pencernaan lho. Oleh karena itu, jika Anda menghindari stress akan dapat menghentikan gangguan pada sistem pencernaan dan mengurangi efeknya.

    Salah satu cara untuk menghindari stress adalah dengan melakukan terapi relaksasi yang bisa Anda lakukan di rumah ataupun di salon atau spa. Jangan lupa juga untuk menambahkan wewangian aromaterapi untuk menambah efek relaksasi pada tubuh Anda.

    Itulah beberapa cara mudah untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan. Sebelum Anda mengalaminya ada baiknya mencegahnya dengan selalu menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai gangguan sistem pencernaan Anda.
     
  2. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page