Inilah Dampak Buruk Yang Timbul Akibat Mesin Kompresor Udara Di Pabrik Terlalu Bising

Discussion in 'General Business' started by RyanNDI, Nov 28, 2017.

Tags:
  1. RyanNDI

    RyanNDI Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    58
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]


    Kompresor Udara
    memiliki atau mengelola sebuah pabrik tentunya sudah terbiasa dengan berbagai suara bising yang dihasilkan oleh mesin-mesin produksi, salah satunya seperti mesin kompresor udara. Namun tahukah Anda? bahwa kebisingan dari masing-masing mesin tersebut memiliki batas tertentu agar tidak merusak kondisi kesehatan para pekerja yang ada di pabrik. Bila kebisingan sudah melebihi ambang batas yang ditentukan, maka beberapa gangguan pun bisa terjadi terhadap para pekerja pabrik yang ada disana, diantaranya seperti:

    1. Terjadinya Gangguan Fisiologis

    Gejala ini mulai timbul ketika para pekerja pabrik mulai mengalami kondisi fisik yang menurun. Gangguan ini pun bisa berupa terjadinya kenaikan tekanan darah, timbulnya sakit kepala atau pusing akibat suara yang terlalu bising, perasaan mual, sesak nafas, dan susah tidur juga bisa menjadi salah satu gejala gangguaan fisiologis akibat mesin kompresor udara pabrik yang terlalu bising.

    2. Terjadinya Gangguan Psikologis

    Dimulai dengan munculnya rasa tidak nyaman, kurang mampu berkonsentrasi, susah tidur, hingga emosi yang tidak teratur. Jika kebisingan berlebihan secara terus menerus diterima untuk jangka waktu yang panjang, maka penderitanya bisa terserang penyakit piskosomatik seperti gastritis, jantung, stress, cepat lelah, dan lain sebagainya.

    Jika gangguan tersebut terjadi pada para pekerja pabrik, maka pada akhirnya produktifitas mereka pun berkurang serta sering mengalami kelalain yang pada akhirnya bisa berdampak pada kecelakaan di tempat kerja.

    3. Terjadinya Gangguan Komunikasi

    Gangguan ini timbul akibat masking effect yang terjadi. yakni dimana bunyi-bunyian yang terlalu keras menutupi pendengaran yang kurang jelas. Dengan situasi seperti ini, mengharuskan penderitanya berkomunikasi dengan cara berteriak. Bagi pekerja pabrik, gangguan seperti ini bisa menjadi bahaya mengingat ia tidak bisa mendengar isyarat atau tanda bahaya yang diberikan oleh rekan kerjanya bila sesuatu yang salah terjadi.

    5. Merusak Pendengaran

    Diantara ke empat poin diatas, maka rusaknya pendengaran adalah hal paling utama yang dapat terjadi jika kebisingan berlebih secara terus menerus diterima oleh seseorang. Jika tetap terjadi, maka hal tersebut bisa menyebabkan tuli progresif yang kemudian seiring waktu akan meningkat menjadi tuli permanen dan tidak akan kembali menjadi normal.

    Untuk itu, agar para pekerja pabrik tidak sampai mengalami hal-hal seperti diatas, maka sudah seharusnya untuk merawat mesin kompresor udara pabrik secara baik dan benar. dimulai dari pemeliharaan secara berkala, proses membetulkan yang rusak, hingga berbagai kegiatan preventif lainnya untuk tetap menjaga mesin kompresor udara pabrik tetap berjalan dalam keadaan normal.
     
    Last edited by a moderator: Nov 28, 2017
  2. duhil

    duhil New Member

    Joined:
    Jul 16, 2014
    Messages:
    62
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    bener emang sangat brisik sekali ya suara mesin pabrik itu, ane punya sodara yang rumahnya deket banget sama pabrik di daerah ciracas pabrik itu emang tiap hari kan produksi kan ya jadi mesin jalan terus hampir seharian, sodara ane lama-lama pun terganggu dan dia mutusin buat pasang peredam suara dan peredam panas juga karena rumahnya jua terkena sedikit hawa panas dari pabriknya. Akhirnya setelah di pasang suara ga begitu bising lagi, Jauh banget perbedaannya, sebelum di pasangin peredam suara sama sesudahnya
     
Loading...

Share This Page